BILLBOARD
970x250

Bukan Berarti Lemah, Ternyata Ini Manfaat Tersembunyi Menangis yang Bagus Buat Kesehatan Mental

Anindya Milagsita | Beautynesia
Senin, 23 May 2022 21:30 WIB
Bukan Berarti Lemah, Ternyata Ini Manfaat Tersembunyi Menangis yang Bagus Buat Kesehatan Mental

Menangis seringkali dilakukan oleh sebagian besar orang untuk mengekspresikan perasaannya. Meski nggak jarang, alasan menangis karena terlalu bahagia, tapi biasanya yang terjadi justru karena kesedihan. Baik itu sedih karena kehilangan, kegagalan, kekecewaan, penghianatan, putus cinta, sampai berbagai alasan lainnya.

Kalau kamu salah satu orang yang mudah menangis, jangan khawatir dibilang lemah, Beauties. Ini karena ternyata ada berbagai manfaat menangis yang bisa didapat saat seseorang melakukannya. Salah satunya bagus buat kesehatan mental.

Ingin tahu apa saja manfaat menangis untuk kesehatan mental? Baca sampai habis informasinya lewat artikel ini, ya!

Melepaskan Stres & Rasa Sakit Emosional

Menangis bantu melepaskan stres dan rasa sakit emosional yang dialami seseorang.
Sederet manfaat menangis untuk kesehatan mental/pexels/Liza Summer

Menangis ternyata menjadi respon alami tubuh terhadap berbagai emosi, Beauties. Mulai kesedihan yang teramat dalam sampai kebahagiaan yang terlalu berlebihan. Melansir dari Harvard Health, menangis berperan sebagai mekanisme tubuh untuk melepaskan stres dan rasa sakit emosional atas peristiwa yang sedang dihadapi.

Dengan menangis, seseorang akan terbantu dalam melepaskan gejolak perasaan yang ada di dalam hatinya. Baik itu karena stres, kecemasan, depresi, hingga berbagai gangguan kesehatan mental lainnya.

Tanda untuk Meminta Bantuan

Menangis bisa menjadi tanda untuk meminta bantuan pada orang lain tanpa mengatakannya.
Sederet manfaat menangis untuk kesehatan mental/freepik/pressfoto

Pernah nggak saat ada orang di sekitar yang menangis refleks kamu merasa berempati? Ternyata ini salah satu manfaat dari menangis, lho. Sebuah penelitian yang dilansir dari Women's Helath Magazine mengungkap, orang biasanya akan bersedia membantu mereka yang menangis karena dianggap sedang dalam kondisi tidak berdaya.

Bukan hanya itu, sebagian besar orang juga akan melakukan yang terbaik untuk bisa membantu dan memberikan dukungan saat ada orang di sekitarnya yang tengah menangis. Menariknya, kondisi ini seringkali menunjukkan sebagai tanda kalau orang yang menangis tengah membutuhkan bantuan meskipun dia tak memintanya lewat ucapan.

Mengembalikan Keseimbangan Mental

Menangis bantu mengembalikan keseimbangan mental.
Sederet manfaat menangis untuk kesehatan mental/freepik/tirachardz

Sebelum mulai menangis seseorang akan mengalami perasaan emosional yang kompleks. Momen ini juga tak jarang membuat emosi jadi nggak stabil, Beauties. Jarang disadari, setelah benar-benar bisa mengeluarkan air mata alias menangis, seseorang akan merasa emosinya kembali normal.

Masih melansir dari laman sebelumnya, seorang profesor psikologi bernama Craig Smith, PhD mengungkap menangis dapat membantu seseorang untuk bisa kembali ke keadaan emosi biasanya. Terkadang sebelum menangis seseorang akan begitu marah, frustasi, atau bersemangat. Tapi setelahnya ia bisa merasa normal kembali.

Media Buat Menenangkan Diri

Menangis bisa dipilih sebagai media untuk menenangkan diri.
Sederet manfaat menangis untuk kesehatan mental/freepik/benzoix

Emosi yang tak terkendali atau perasaan yang meluap-luap memang paling bisa diredam salah satunya dengan cara menangis. Lewat cara ini juga biasanya seseorang memilihnya untuk bisa menenangkan diri. Seperti dikutip dari Healthline, sebuah penelitian mengungkap menangis dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis.

Sistem saraf yang satu ini membantu tubuh untuk beristirahat dan mencerna atas apa yang tengah terjadi. Meskipun nggak bisa berlangsung saat itu juga dan butuh beberapa menit untuk bereaksi, tapi dengan menangis mampu memberikan efek menenangkan.

Bantu Meningkatkan Mood

Menangis bisa membantu dalam meningkatkan mood bagi seseorang.
Sederet manfaat menangis untuk kesehatan mental/freepik/diana.grytsku

Bukan hanya membantu kamu meredakan rasa sakit emosional dan membantu perasaan jadi lebih baik, manfaat dari menangis lainnya yang jarang disadari adalah mampu meningkatkan mood. Saat terisak dalam tangisnya, seseorang dapat menghirup udara lebih cepat dari biasanya tanpa disadari.

Masih dikutip dari laman sebelumnya, kondisi pernapasan ini membantu dalam mengatur dan bahkan menurunkan suhu otak. Dengan begitu tubuh dan otak pun akan lebih rileks. Suasana hati pun diharapkan bisa membaik setelah menangis.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE