sign up SIGN UP

Bukan Cuma Rutin Pakai Skincare, Makan Sehat Setiap Hari Juga Merupakan Self Love dan Bikin Glowing Lho! Ini Alasannya

Fina Prichilia | Beautynesia
Senin, 18 Apr 2022 12:00 WIB
Bukan Cuma Rutin Pakai Skincare, Makan Sehat Setiap Hari Juga Merupakan Self Love dan Bikin Glowing Lho! Ini Alasannya
caption
Jakarta -

Mendengar kata glowing, kebanyakan dari kita mengenalnya tak akan jauh-jauh dari rutinitas pemakaian skincare sejak pagi hingga malam hari.

Hal itu memang tidak salah, Beauties, namun tahukah kamu apa yang kita konsumsi bisa memengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit wajah dan tubuh?

Kementerian Kesehatan RI dan United Nations World Food Programme (WFP) punya kampanye digital #KerenDimakan, yang tujuannya untuk meningkatkan kesadaran mengkonsumsi sayur dan buah, demi menciptakan generasi remaja yang sehat dan tangguh.

Kenapa Harus Rajin Makan Sayur dan Buah?

Sayuran dan buah itu sendiri punya kandungan vitamin, mineral, antioksidan serta serat tinggi dibanding jenis makanan lainnya, Beauties.

[Gambas:Instagram]

Bahkan dalam konsep Isi Piringku, yakni menu makan yang dianjurkan Kemenkes untuk dikonsumsi masyarakat setiap harinya, sayur dan buah menempati 1/2 porsi piring, lho.

Tak perlu melulu sayuran dan buah impor, justru produk lokal mudah ditemui, bervariasi dan bikin sehat! Nah dari kondisi yang sehat, tentu banyak manfaat yang bisa diperoleh. Seperti terhindar dari penyakit tidak menular seperti: stroke, penyakit jantung, kanker, dan sebagainya. Selain itu, dengan tubuh yang sehat kamu jadi bisa beraktivitas dengan lancar tanpa gangguan.

Bonusnya yang tak kalah penting, bisa kelihatan dari luar, yakni tampilan kulit yang sehat juga cerah!

Masak Sendiri Lebih Sehat!

Ilustrasi ibu rumah tangga memasak/Unsplash/Jason BriscoeIlustrasi ibu rumah tangga memasak/Unsplash/Jason Briscoe/

Chef Yuda Bustara membagikan kiat-kiat yang selama ini telah dia terapkan demi menjalani gaya hidup sehat. Di antaranya ia mengganti nasi putih dengan karbohidrat lain seperti ubi, memasak sendiri karena lebih sehat dan bersih, membatasi makanan gorengan, dan mengurangi makanan manis serta garam. Hal ini disampaikannya dalam acara bincang-bincang #KerenDimakan pada Kamis (14/4) secara virtual.

Dirinya juga mengungkap kalau nggak ada yang salah dengan makanan, yang salah adalah pola atau gaya hidup orang tersebut! Well, makanan manis mungkin tak masalah selama dimakan terbatas, tapi kalau terlalu banyak, benar saja ada risiko obesitas hingga diabetes.


Bagaimana Kalau Tidak Begitu Suka Makan Sayur?

sayur sup lezatsayur sup/pexels.xom/cook.eat

Ingat Beauties, sehat itu mahal, jadi jangan tunda lagi ya buat terapkan gaya hidup sehat! Lantas bagaimana kalau tidak begitu suka sayur, tapi tetap suka makan buah? Menurut Agatha sebagai Nutrition Programme Associate WFP Indonesia, kamu bisa mengkombinasikannya, misalnya lebih banyak porsi buah daripada sayur, Beauties.

Yang perlu kamu ingat, ada antioksidan pada sayur yang baik untuk kesehatan dan kecantikan, tapi tidak tersedia di buah.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id