sign up SIGN UP

Bukan Hanya Soal Gaya Hidup, Kebiasaan Duduk di Lantai Juga Bikin Panjang Umur, Lho!

Cica Rahmania | Beautynesia
Kamis, 02 Dec 2021 16:00 WIB
Bukan Hanya Soal Gaya Hidup, Kebiasaan Duduk di Lantai Juga Bikin Panjang Umur, Lho!
caption
Jakarta -

Panjang umur kerap dikaitkan dengan gaya hidup seseorang, baik dari olahraga, pemilihan menu makanan, hingga bagaimana seseorang menjaga kesehatan mentalnya. Namun, kabar terbaru mengatakan, bahwa panjang umur bisa nggak hanya bisa didapat dengan gaya hidup yang sehat, tetapi juga dari cara duduk seseorang. How come?

Dikutip dari Well and Good, menurut sebuah studi tentang populasi yang hidup paling lama di dunia adalah mereka yang suka duduk di lantai. Penulis Blue Zones, Dan Buettner, mengatakan bahwa penduduk Okinawa, Jepang, meminimalkan perabotan di rumah mereka.

Minimnya perabotan, membuat mereka duduk di lantai. Secara otomatis, mereka melakukan gerakan intens untuk duduk dan berdiri dengan upaya yang lebih besar daripada duduk di kursi. "Wanita berumur panjang dalam sejarah dunia tinggal di Okinawa, dan saya tahu dari pengalaman pribadi bahwa mereka duduk di lantai," katanya.

Introvert bisa olahraga sendiri dengan home workout lewat Youtube/Foto: Freepik.com/freepikIlustrasi duduk di lantai. (Foto: Freepik.com/freepik)/ Foto: Sherley Gucci

"Saya menghabiskan dua hari dengan seorang wanita berusia 103 tahun dan melihatnya naik turun dari lantai 30 atau 40 kali, jadi itu seperti 30 atau 40 squat yang dilakukan setiap hari," imbuh Buettner.

Hubungan Duduk di Lantai dan Umur Panjang

Dalam penelitiannya, ia menemukan seorang wanita berusia 102 tahun, yang mampu berulang kali berdiri dari posisi duduk di lantai, tanpa bantuan salah satu anggota tubuh lainnya, dan hal ini adalah salah satu ciri dari panjang umur.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology menunjukkan bahwa mereka yang paling tidak bisa melakukan gerakan tersebut, lima atau enam kali lebih mungkin meninggal daripada mereka yang paling mampu melakukannya. Wow!

Mitos jangan olahraga bagi penderita jantungIlustrasi duduk di lantai. (Foto: Freepik/Tirachardz)

"Sudah diketahui bahwa kebugaran aerobik sangat berhubungan dengan panjang umur, tetapi penelitian kami juga menunjukkan bahwa mempertahankan tingkat fleksibilitas tubuh yang tinggi, kekuatan otot, rasio power-to-body weight dan koordinasi tidak hanya baik untuk melakukan aktivitas sehari-hari, tetapi memiliki pengaruh yang menguntungkan pada harapan hidup," kata Claudio Gil Araújo, peneliti utama studi tersebut, dikutip dari Well and Good.

Manfaat Duduk di Lantai

Gerakan intens dari posisi duduk di lantai ke posisi berdiri merupakan sebuah gerakan yang mendukung otot inti menjadi lebih kuat dan melatih keseimbangan. Manfaat tersebut meningkatkan dan memperpanjang kebugaran dan mobilitas otot-skeletal secara keseluruhan.

Nggak cuma sampai di situ, hebatnya lagi, gerakan duduk dan bangun juga membantu mencegah kamu terjatuh ketika memasuki usia tua, yang merupakan salah satu penyebab utama kematian terkait cedera pada orang tua.

Duduk terlalu lamaIlustrasi duduk tegak. (Foto: freepik.com/yanalya)/ Foto: Risma Oktaviani

"Manfaat besar lainnya adalah ketika kamu dapat duduk dan berdiri kembali dengan relatif mudah, hal ini merupakan tanda yang baik dari keseluruhan struktur, kesehatan kerangka, dan keseimbangan serta keselarasan otot," kata spesialis penyelarasan tubuh, Lauren Roxburgh.

Namun, ketika duduk di lantai pun, Roxburgh menyarankan untuk memperhatikan postur tubuh. Sebisa mungkin hindari postur membungkuk, karena dapat menyebabkan nyeri punggung bawah. Pastikan pula kamu menjadikan pinggul sebagai pusat penopang berat badan.

Cara Duduk di Lantai

Untuk mencapai keselarasan duduk di lantai, kamu bisa menggunakan bantal, sebagai alas duduk. "Alas duduk membantu mengangkat pinggul kamu sedikit untuk keselarasan yang lebih baik," kata Roxburgh.

Tenang, kamu nggak perlu duduk di lantai sepanjang hari, kok, untuk mendapatkan manfaat-manfaat yang telah disebutkan. Menurut Buettner, kunci untuk umur panjang adalah dengan tetap fleksibel, lincah, dan menjaga kesehatan tubuh adalah dengan membuat perubahan postur yang baik sepanjang hari.

cara duduk seseorang/Foto:pexels.com/mishavoguelIlustrasi duduk di lantai. (Foto:pexels.com/mishavoguel)

"Jadi duduk di lantai dan secara berkala, melakukan jongkok yang panjang, adalah cara yang bagus untuk meningkatkan sirkulasi, aliran darah, dan energi, meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerak, menciptakan ruang dan membangun kesadaran yang lebih dalam tentang tubuh kamu sambil membantu terkoneksi dengan Bumi," tandasnya kepada Well and Good.

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id