sign up SIGN UP

Bukan Jalan-jalan, Ini Cara Healing Terbaik Menurut Penelitian!

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Kamis, 02 Jun 2022 07:45 WIB
Bukan Jalan-jalan, Ini Cara Healing Terbaik Menurut Penelitian!
caption

Fenomena 'healing' kini tengah menjadi tren tersendiri, terlebih di kalangan anak muda. Kata healing sebenarnya merupakan istilah psikologis untuk menggambarkan proses pemulihan diri dari luka batin dengan melakukan aktivitas yang menyegarkan pikiran.

Namun belakangan ini, istilah tersebut lebih sering diidentikkan untuk mengungkapkan sesuatu yang berkaitan dengan liburan atau jalan-jalan saja. Padahal menurut penelitian, aktivitas healing terbaik untuk memulihkan kesehatan mental ternyata bukanlah jalan-jalan, lho!

Healing Tidak Harus Jalan-jalan

self healing
Metode healing untuk kesehatan mental/Foto: Freepik/Sewcream

Istilah healing atau self-healing dalam kesehatan mental sebenarnya tidak sesimpel hanya pergi jalan-jalan, Beauties.

Menurut Psychology Today, salah satu tujuan penting dalam self-healing adalah membentuk penerimaan diri dan membangun pikiran positif dari hal-hal yang telah dilalui. Hal ini berarti, self-healing dilakukan dengan cara memfokuskan diri pada hal-hal atau aktivitas yang membuat diri merasa lebih baik serta terhindar dari pikiran-pikiran negatif.

Cara Healing Terbaik Menurut Penelitian

self healing
Healing terbaik untuk kesehatan mental/Foto: Freepik/Wayhomestudio

Tanpa melulu harus berlibur atau jalan-jalan ke tempat wisata, sebenarnya ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk self-healing di rumah. Cara-cara tersebut di antaranya seperti bermeditasi, melakukan latihan pernapasan, journaling hingga berdialog dengan diri sendiri. 

Namun menurut sebuah studi yang diterbitkan pada jurnal Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, cara terbaik untuk healing demi menjaga kesehatan mental ternyata adalah dengan rehat sejenak dari media sosial.

social media detox
Rehat dari media sosial/Foto: Freepik/Nakaridore

Studi yang dipimpin oleh profesor Jeffrey Lambert, Ph.D dari University of Bath, Inggris ini dilakukan pada 154 peserta dengan rata-rata usia 29.6 tahun. Mereka dibagi dalam dua kelompok dengan satu kelompok harus berhenti menggunakan media sosial selama minggu, sementara kelompok yang lain tetap menggunakannya seperti biasa.

Sebelumnya, para peserta diwajibkan mengisi survei untuk mengukur tingkat kecemasan, depresi, dan kondisi kesehatan mental mereka secara keseluruhan. 

Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya penurunan tingkat kecemasan dan depresi yang signifikan pada peserta yang mengambil jeda media sosial selama satu minggu.

"Banyak peserta yang melaporkan efek positif dari jeda media sosial dengan suasana hati yang lebih baik dan kecemasan yang berkurang secara keseluruhan. Bagi banyak orang, media sosial memang menjadi bagian yang tak terpisahkan. Namun jika digunakan terus menerus tanpa mengenal jeda, hal itu bisa berdampak buruk pada kesehatan mental, sehingga ada baiknya untuk mengurangi penggunaan media sosial selama beberapa waktu," kata profesor Jeffrey Lambert dalam pernyataan pressnya.

Kiat Memulai Jeda Media Sosial

self healing
Rehat dari sosial media untuk healing/Foto: Freepik/Amenic181

Nah, bagi kamu yang ingin rehat sejenak dari media sosial, berikut beberapa kiat yang bisa kamu lakukan untuk memulainya dengan mudah!

  • Batasi waktu: Cara paling mudah untuk rehat dari media sosial adalah dengan membatasi waktu mengaksesnya. Bila perlu, pasang alarm agar tidak sampai kecolongan ya, Beauties.
  • Matikan notifikasi: Agar tidak mudah tergoda, jangan lupa mematikan notifikasi aplikasi media sosialmu.
  • Alihkan perhatian: Lakukan sesuatu yang lain untuk mengalihkan diri, seperti membaca buku, menghabiskan waktu dengan keluarga atau melakukan hobi yang kamu sukai.
  • Menghapus aplikasi: Jika kamu masih sulit mengikuti kiat-kiat di atas, cara paling efektif yang bisa kamu lakukan adalah menghapus aplikasi media sosial dari ponselmu. Nggak perlu khawatir, kamu masih bisa mengunduhnya kembali saat waktu rehatmu sudah selesai.

Well, siap beneran healing yang justru bikin dompet nggak terkuras?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id