sign up SIGN UP

Camilan Sehat yang Mudah Dibuat Sendiri

Sulistiowati | Sabtu, 14 Mar 2020 07:00 WIB
Camilan Sehat yang Mudah Dibuat Sendiri
caption
Nggak mau gemuk, tapi tidak dapat berhenti ngemil? Tubuh masih membutuhkan energi cadangan, jadi jangan menghindari makan saat diet. Hanya saja perlu memilah jenis makanan yang sehat dan mengatur porsinya.

Lapar melanda, tapi waktu makan besar masih lama. Nah, di saat seperti ini Ladies butuh camilan untuk mengganjal perut. Pilih makanan sehat yang dapat menjaga metabolisme tubuh dan tidak menumpuk lemak berlebih. Berikut ini, camilan yang dapat dinikmati saat menjalankan program diet.



 


Twice Baked Avocado


Alpukat memiliki kandungan protein dan lemak yang dibutuhkan tubuh. Buah ini juga mengandung sekitar 11 gram serat. Jumlahnya mendekati setengah serat yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Serat sendiri membantu proses pencernaan lebih lancar.


Foto: Istimewa

Ladies bisa mencoba membuat cemilan dari alpukat, berikut bahan yang disiapkan:

        
  • Siapkan satu buah alpukat yang sudah matang
  •     
  • Siapkan 2 butir telur
  •     
  • 1/8 sendok teh lada
  •     
  • Satu batang kucai kecil yang dicincang

 


Langkah membuat twice baked avocado:

        
  • Panaskan oven pada suhu 218 derajat celcius.
  •     
  • Belah alpukat menjadi dua, lalu buang bijinya.
  •     
  • Keruk sedikit daging alpukat, sekiranya cukup memuat satu butir telur.
  •     
  • Letakkan alpukat di atas loyang, pastikan tidak miring saat dimasukkan dalam oven.
  •     
  • Pecah telur di atas alpukat yang sudah dilubangi.
  •     
  • Lama pemanggangan tergantung ukuran alpukat dan telur, biasanya sekitar 20 menit.
  •     
  • Setelah matang, keluarkan alpukat dari oven. Lalu taburi lada dan kucai cincang.
  •     
  • Twice Baked Avocado siap disantap.


 


Pizza Roti Sederhana


Menggemari fastfood, tapi karena diet Ladies tidak bisa menikmati camilan tersebut. Nah, pizza roti bisa menjadi alternatif makanan sehat dan tidak membuat tubuh menjadi gemuk. Buat yang sedang diet, galau ingin ngemil sebaiknya ikuti tips diet berikut ini.


Foto: Istimewa

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat pizza roti:

        
  • Siapkan dua lembar roti tawar gandum
  •     
  • Saus tomat sesuai selera, boleh menggunakan saus pedas
  •     
  • Satu buah tomat kecil, iris dadu
  •     
  • Satu buah jamur kunci, potong dadu
  •     
  • Satu buah bawang bombay, cacah halus
  •     
  • Keju mozarella secukupnya
  •     
  • Garam, lada, dan oregano secukupnya

Langkah membuat pizza roti:

        
  • Tumis bawang bombai dengan mentega
  •     
  • Masukkan potongan bambang bombai
  •     
  • Campurkan bumbu garam, lada, dan oregano
  •     
  • Masak hingga jamur matang
  •     
  • Olesi salah satu sisi roti gandum dengan saus tomat
  •     
  • Taburi potongan tomat dan tumis jamur di atas lapisan saus tomat
  •     
  • Tambahkan sedikit oregano dan mozarella sesuai selera
  •     
  • Panggang roti selama kurang lebih satu menit. Pastikan roti tidak terlalu kering
  •     
  • Angkat roti dari pemanggang, lalu potong roti secara diagonal agar membentuk segitiga


 


Ice Cream Smoothies


Buah-buahan paling aman dikonsumsi saat diet. Kandungan serat, vitamin, dan nutrisinya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Membuat olahan buah menjadi smoothies sudah sangat biasa. Bagaimana kalau menikmati smoothies dalam bentuk ice cream?


Foto: Istimewa

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat smothies:

        
  • Setengah buah nanas
  •     
  • Setengah buah mangga
  •     
  • Setengah gelas air perasan jeruk
  •     
  • Setengah gelas susu, boleh susu murni atau jenis susu rendah lemak lainnya
  •     
  • Satu buah kiwi, potong dadu kecil-kecil
  •     
  • Tiga buah strawberry, potong dadu kecil-kecil
  •     
  • Gula pasir secukupnya
  •     
  • Dua sendok makan madu murni
  •     
  • Satu sendok makan plain yoghurt

Langkah membuat ice cream smoothies:

        
  • Blender bersamaan bahan mangga, nanas, air perasan jeruk, susu, gula, madu dan yoghurt
  •     
  • Setelah benar-benar halus, tuangkan campuran bahan dalam cetakan ice cream
  •     
  • Masukkan beberapa potongan buah kiwi dan strawberry
  •     
  • Tancapkan tusuk ice cream
  •     
  • Masukkan cetakan berisi adonan smoothies ke dalam lemari es
  •     
  • Tunggu sampai membeku, dan ice cream smoothies siap dihidangkan


 


Nah, mudah kan mengikuti tips diet di atas. Ladies tetap bebas ngemil tanpa takut menimbun lemak. Tentunya, camilan yang dikonsumsi termasuk dalam makanan sehat.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id