sign up SIGN UP

Cegah Omicron dengan 4 Jajanan Hangat yang Bisa Bantu Jaga Kesehatan Saat Pandemi

Cica Rahmania | Beautynesia
Senin, 28 Feb 2022 16:00 WIB
Cegah Omicron dengan 4 Jajanan Hangat yang Bisa Bantu Jaga Kesehatan Saat Pandemi
caption
Jakarta -

Di tengah merebaknya kasus Omicron di berbagai daerah di Indonesia, kita dituntut untuk senantiasa menjaga kesehatan. Banyak cara untuk menjaga kesehatan, salah satunya ialah dengan berolahraga. Namun, hal itu saja nggak cukup, Beauties.

Perlu juga untuk menjaga kesehatan dengan memperhatikan asupan makanan sehari-hari, seperti memperbanyak sayur dan buah. Selain itu, kamu juga bisa menjaga kesehatan dengan makan makanan yang hangat.

minuman hangatIlustrasi minuman hangat. / Foto: freepik.com/aopsan

Dikutip dari Lunch Eaze, makanan hangat memiliki nilai plus dari makanan dingin. Penelitian menunjukkan bahwa makanan hangat terurai lebih cepat di pencernaan. Selain itu, secara rasa, beberapa penelitian yang melibatkan reseptor lidah, juga membuktikan bahwa makanan sebenarnya terasa lebih enak saat hangat.

Terakhir, makanan panas juga memiliki kandungan gizi lebih tinggi. Tomat yang dimasak akan mengeluarkan antioksidan lycopen yang lebih tinggi daripada dikonsumsi mentah. Lycopene terbukti dapat membantu menurunkan risiko kanker dan serangan jantung.

Berikut ini, Beautynesia rekomendasikan beberapa makanan hangat yang bisa kamu jumpai di jajanan pinggir jalan kalau kamu tidak ada waktu untuk membuatnya sendiri di rumah. Apa saja?

Bubur Kacang Hijau

Berbahan dasar kacang hijau, kamu bisa menyantap makanan ini pada pagi sebagai sarapan atau malam hari untuk menghangatkan tubuh. Dikutip dari Health Line, kacang hijau memiliki nutrisi paket lengkap.

Cantik ala perempuan ChinaBubur kacang hijau. (Foto: Pixabay.com/Pdpics)

Di dalamnya mengandung lemak, protein,karbohidrat, serat, folat, magnesium, zat besi, vitamin B1, Vitamin B2, B3, B5, B6 dan selenium. Semua kandungan tersebut mendukung untuk meningkatkan kesehatan, terutama di masa pandemi seperti sekarang.

Susu Jahe

Jahe merupakan rempah yang tumbuh subur di Indonesia. Selain untuk masak makanan, kamu bisa mengonsumsi jahe sebagai minuman. Jahe memiliki kehangatan yang berasal dari dirinya sendiri, sehingga tak perlu diragukan lagi jika kamu mencari kehangatan darinya.

campuran susu dan kunyit bisa meredakan flu dan batukIlustrasi susu jahe. (Foto: Pexels/ Cats Coming) / Foto: Raudiya Nurfadilah

Selain itu, jahe juga baik untuk menurunkan gula darah serta faktor risiko penyakit jantung. Oiya, ketika merasa mual, secangkir jahe bisa meredakannya. Untuk mendapat manfaat secara optimal, hindari menggunakan susu kental manis atau tambahan gula refinasi, ya, Beauties. Sebagai alternatif, kamu bisa pakai susu sapi tawar.

Bubur Ayam

Seperti dengan bubur kacang hijau, makanan yang satu ini juga kerap dijadikan menu sarapan bagi beberapa orang. Teksturnya yang lembut bikin bubur ayam jadi mudah dicerna oleh pencernaan.

Pantangan Imlek: Tidak makan bubur saat sarapanIlustrasi bubur. (Foto: Pinterest.com/Korean Bapsang)

Sesuai judulnya, makanan ini memiliki topping utama yaitu daging ayam suwir. Kemudian dilengkapi dengan kacang kedelai, bawang goreng, seledri, dan kerupuk. Beberapa penjual juga menambahkan bahan lain, mulai dari keju hingga telur ayam mentah.

Wedang Ronde

Kendati namanya "wedang", minuman ini ternyata berasal dari Cina, lho, Beauties. Nama asli minuman ini adalah tāngyuán. Terdiri dari air jahe, bola-bola tepung ketan, dan kacang sangrai, kamu bisa menikmati wedang ronde di malam hari. Air jahe memberi manfaat yang sama seperti susu jahe di atas.

Selain mengonsumsi makanan di atas, pastikan juga kamu patuh protokol kesehatan, ya, Beauties.

***

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id