sign up SIGN UP

Dari Efek Penuaan Sampai Begadang, Berikut Ahli Kulit Ungkap Penyebab Munculnya Mata Panda!

Anindya Milagsita | Beautynesia
Kamis, 28 Apr 2022 07:45 WIB
Dari Efek Penuaan Sampai Begadang, Berikut Ahli Kulit Ungkap Penyebab Munculnya Mata Panda!
caption

Beauties, punya lingkar hitam di bagian bawah mata terkadang bisa ganggu penampilan hingga kerap bikin nggak percaya diri. Kondisi yang sering disebut dengan istilah mata panda ini memang jadi problem yang cukup merepotkan bagi banyak orang. Terutama para perempuan yang seringkali harus melakukan trik khusus buat menutupinya.

Munculnya lingkar hitam mata atau mata panda ternyata bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari faktor internal hingga lingkungan sekitar. Lantas sebenarnya mengapa mata panda bisa muncul? Biar nggak penasaran lagi, simak informasi seputar penyebab mata panda lewat artikel berikut ini!

Mengalami Dehidrasi

Kulit yang mengalami dehidrasi bisa membuat area mata jadi lebih gelap.
Penyebab mata panda yang seringkali dialami oleh banyak perempuan/freepik/jcomp

Tahukah kamu? Bukan cuma tubuh, tapi kulit ternyata bisa mengalami dehidrasi, Beauties. Tah hanya sekadar bikin kulit kering, ada berbagai kondisi lain yang justru muncul saat kulit mengalami dehidrasi. Salah satunya lingkaran hitam di area mata. Menurut ahli kulit bernama Courtney Rubin, MD seperti dikutip dari Byrdie, terjadinya dehidrasi yang parah membuat jaringan tubuh mengalami penyusutan.

Tak terkecuali kulit dan jaringan halus yang berada di bagian bawah mata. Oleh karenanya, penting untuk selalu mencukupi kebutuhan asupan air sehari-hari agar kulit bisa terhidrasi dengan baik.

Bertambahnya Usia

Efek penuaan dapat menjadi penyebab area bawah mata yang menggelap.
Penyebab mata panda yang seringkali dialami oleh banyak perempuan/freepik/wavebreakmedia_micro

Tak hanya karena dehidrasi, munculnya lingkar hitam pada bagian bawah mata juga bisa disebabkan oleh penuaan, Beauties. Seiring bertambahnya usia terjadi penyusutan dan penurunan volume secara alami pada bagian mata. Selain itu berkurangnya produksi kolagen dan elastin pada kulit sebagai tanda penuaan juga dapat menjadi pemicu perubahan warna kulit yang lebih gelap di area mata.

Tidur yang Tidak Teratur

Tidur yang tidak teratur bisa menjadi penyebab area bawah mata lebih gelap.
Penyebab mata panda yang seringkali dialami oleh banyak perempuan/freepik/benzoix

Sering begadang dan punya pola tidur yang buruk? Hati-hati, kebiasaan ini bisa menjadi penyebab munculnya lingkaran hitam di area mata. Bahkan kondisi lingkar mata yang menggelap akibat kebiasaan ini ternyata dapat dialami oleh siapa saja tanpa mengenal usia, Beauties.

Masih dikutip dari laman yang sama ahli bedah kosmetik bernama Reza Tirgari, MD mengungkap waktu tidur yang tak teratur dapat membuat area mata lebih gelap dan longgar. 

Efek Kelelahan

Efek kelelahan bisa menjadi penyebab area mata bawah menjadi lebih gelap.
Penyebab mata panda yang seringkali dialami oleh banyak perempuan/freepik/pressfoto

Mengalami kelelahan yang ekstrem juga dapat memicu munculnya lingkar hitam di area mata, Beauties. Efek dari kondisi ini dapat membuat jaringan kulit menjadi gelap dan pembuluh darah di bawah kulit jadi terlihat. Melansir dari Vogue, seorang ahli kulit bernama Dr Dennis Gross mengungkap kelelahan akibat menatap layar juga bisa menjadi penyebab munculnya lingkaran hitam di bawah mata.

Ini bisa terjadi lantaran semakin lama menatap layar, semakin besar juga kemungkinan memicu mata menjadi tegang. Kondisi ini dapat membuat pembuluh darah di sekitarnya jadi membesar hingga mampu menciptakan bayangan gelap.

Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang langsung mengenai kulit dapat menyebabkan area bawah mata gelap.
Penyebab mata panda yang seringkali dialami oleh banyak perempuan/freepik/benzoix

Jarang disadari, ternyata paparan sinar matahari yang langsung mengenai kulit wajah bisa memicu timbulnya lingkaran hitam di area mata, Beauties. Seperti dilansir dari Healthline, paparan sinar matahari yang diterima oleh kulit secara berlebihan bisa menyebabkan tubuh memproduksi melanin lebih banyak dari biasanya.

Melanin sendiri adalah pigmen yang memberi warna pada kulit. Kondisi ini pun kalau dibiarkan secara terus menerus dapat memicu pigmentasi kulit di area mata ataupun wajah menjadi lebih gelap.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id