sign up SIGN UP

Dari Es Krim hingga Pasta, Ini 6 Etika Makan di Jamuan Resmi yang Wajib Kamu Ketahui!

Retno Anggraini | Rabu, 12 Jan 2022 22:00 WIB
Dari Es Krim hingga Pasta, Ini 6 Etika Makan di Jamuan Resmi yang Wajib Kamu Ketahui!
Etika makan di acara formal yang wajib kamu ketahui/Foto: Unsplash.com/Farhad Ibrahimzade
Jakarta -

Ketika menghadiri jamuan resmi, tak bisa dipungkiri orang-orang mungkin akan menilai satu sama lain. Mulai dari tatanan rambut, gaya berbicara, hingga table manner atau etika makan. Table manner memang diperlukan ketika kamu menghadiri jamuan resmi, karena dari sinilah seseorang bisa mengetahui bagaimana attitude kamu.

Akan ada banyak makanan yang dihidangkan dan setiap makanan memiliki etika makan sendiri-sendiri. Supaya nggak salah, berikut enam etika makan berdasarkan jenis hidangan agar kamu siap menghadiri jamuan resmi tanpa insecure. Yuk, simak!

Ice Cream Cone

Etika makan ice cream cone
Etika makan ice cream cone/Foto: Pexels.com/Sittisak C

Biasanya bagaimana, sih, cara kamu menikmati ice cream cone? Dijilat es krimnya? Mulai makan dari cone bagian bawah dulu? Atau digeprek seperti tren yang sempat viral tahun lalu? Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan cara kamu makan ice cream cone seperti biasa. Tapi, hal tersebut tidak boleh kamu lakukan saat di jamuan resmi, ya.

Tidak menutup kemungkinan sebuah jamuan resmi akan menyajikan ice cream sebagai hidangan penutup, bisa menggunakan cup ataupun cone. Jika kamu memilih ice cream cone, jangan lupa untuk minta sendok pada pelayan. Kamu tetap bisa menikmati ice cream cone tersebut dengan menyendok es krim dan memakannya secara perlahan.

Kentang Goreng

Etika makan kentang goreng
Etika makan kentang goreng/Foto: Pexels.com/Valeria Boltneva

Menikmati kentang goreng pakai garpu saat jamuan resmi justru merupakan etika yang salah, lho! Kamu tetap bisa menggunakan tangan untuk menikmati kentang goreng dan cukup mencelupkan ke dalam dipping sauce sebanyak satu kali.

Pasta

Etika makan mie atau pasta
Etika makan pasta/Foto: Pexels.com/Sam Lion

Ada beberapa orang yang menikmati pasta dengan cara diputar menggunakan bantuan sendok. Jadi, bagaimana cara menikmati pasta yang benar saat jamuan resmi? Ambil dari sisi terdekat dengan piring menggunakan garpu, lalu putar pasta tersebut searah jarum jam. Ingat, hanya menggunakan garpu, ya!

Cocktail

Etika minum cocktail
Etika minum cocktail/Foto: Pexels.com/Kristina Paukshtite

Minuman satu ini biasanya disajikan dengan garnish yang menarik dan juga sedotan. Masih ada banyak orang yang membiarkan garnish masih tertancap di pinggir gelas dan minum tanpa sedotan. Cara yang tepat untuk minum cocktail adalah dengan menyingkirkan garnish terlebih dulu dan letakkan di atas piring atau tissue. Lalu minumlah dengan menggunakan sedotan.

Burger

Etika makan burger
Etika makan burger/Foto: Pexels.com/Anna Tis

Kalau kamu sedang berada di restoran cepat saji, melahap burger dalam ukuran besar tentu tidak masalah. Namun di jamuan resmi, akan disediakan garpu dan juga pisau saat burger dihidangkan. Caranya, potong burger menjadi dua bagian menggunakan pisau dan garpu. Lalu makanlah setengah bagian yang terpotong tadi seperti makan burger biasanya, pastikan juga kedua siku tidak di atas meja.

Sushi

Etika makan sushi
Etika makan sushi/Foto: Pexels.com/Pixabay

Buat kamu penikmat makanan Jepang, apakah cara kamu menyantap sushi sudah benar? Masih banyak yang salah kaprah perihal makan sushi. Sushi sendiri dihidangkan dalam potongan one bite yang berarti dimakan dalam satu suap.

Orang Indonesia terbiasa mencampurkan wasabi dengan soyu. Cara yang benar, wasabi tidak boleh dicampur dengan soyu karena akan menghilangkan rasa wasabi itu sendiri. Letakkan sedikit wasabi di atas sushi sebelum dinikmati. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, bukan ikannya yang dicelup ke soyu, ya melainkan nasinya. Ayo, cek lagi sudah benar belum?

Itulah beberapa etika makan yang wajib kamu pahami sebelum menghadiri jamuan resmi. Perlu diingat, attitude seseorang bisa terlihat dari cara makan orang tersebut. Selamat mencoba!

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id