sign up SIGN UP

Diet Boleh Makan Tepung Kok! Ini 4 Kelebihan Roti Sourdough Buat Kesehatanmu

Cica Rahmania | Beautynesia
Rabu, 23 Feb 2022 23:15 WIB
Diet Boleh Makan Tepung Kok! Ini 4 Kelebihan Roti Sourdough Buat Kesehatanmu
caption
Jakarta -

Roti merupakan salah satu makanan tinggi karbohidrat yang ada sejak berabad-abad silam. Terbuat dari bahan baku tepung, ragi, dan air, roti bisa menjadi panganan yang mengenyangkan dan bernutrisi. Nggak heran apabila roti dijadikan banyak orang sebagai sarapan.

Meski begitu, rupanya roti nggak selalu baik untuk dikonsumsi oleh semua orang, apalagi jika berlebihan. Pelaku diet sering kali disarankan untuk tidak banyak mengonsumsi makanan bertepung, seperti roti. Faktanya, nggak semua roti juga, kok, Beauties.

keunggulan roti sourdough/source: theperfectloaf.comIlustrasi roti sourdough. (Foto: theperfectloaf.com)

Ada roti yang masih bisa dikonsumsi para pelaku diet, salah satunya yaitu roti sourdough. Roti ini dikatakan lebih baik dari roti lainnya kdibuat dengan memfermentasi tepung dan air, daripada menambahkan ragi ke dalamnya.

Proses fermentasi alami ini membantu membuka vitamin B dalam roti, yang membantu metabolisme energi orang yang mengonsumsinya. Tak berhenti sampai di situ, masih ada sederet kelebihan lain dari roti sourdough bagi kesehatan, terutama pelaku diet. Apa saja? Dihimpun dari Eating Well, berikut ulasannya.

Mengatur Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan roti gandum sourdough dapat membantu seseorang menurunkan berat badan berlebih. Hal ini disebabkan oleh peringkat indeks glikemik dan beban glikemik gabungan.

rotiSourdough. / Foto: pexels.com/cottonbro

David Katz, Direktur Pusat Penelitian Pencegahan di Fakultas Kedokteran Universitas Yale, setuju jika sourdough menjadi roti terbaik untuk program penurunan berat badan. Dengan mengonsumsi roti yang penuh serat ini, maka produksi insulin tubuh kamu akan menurun dan menghaluskan kadar gula darah.

Bagus untuk Usus

Fermentasi roti ini meningkatkan jumlah sifat prebiotik dan seperti probiotik, yang meningkatkan kesehatan usus. Penelitian dari University of Eastern Finland pada hewan menunjukkan roti sourdough yang dibuat dengan tepung gandum hitam meningkatkan jumlah bakteri baik pada usus daripada roti putih dengan tepung gandum hitam.

Ilustrasi ususIlustrasi usus. (Foto: pixabay.com)/ Foto: Dian Aprilia

Pilih roti sourdough yang dibuat dengan biji-bijian, karena lebih tinggi serat daripada biji-bijian olahan, sehingga memberi manfaat yang ramah bagi usus.

Pencernaan Lebih Baik

Kendati tidak bersifat bebas gluten, tetapi roti sourdough yang dikonsumsi secara teratur dapat meningkatkan pencernaan gluten. Lagi lagi, proses fermentasi berperan dalam hal ini, sebab proses tersebut mengubah enzim dalam gandum dan berpotensi membantu menangkal reaksi merugikan terhadap gluten.

Studi lain menunjukkan bahwa bakteri asam laktat dalam roti ini dapat membantu meredakan respons alergi, peradangan, dan penyakit autoimun.

Kaldu tulang sapi dapat menjaga kesehatan usus.Ilustrasi pencernaan. (Foto: pexels.com/Sora Shimazaki)

Namun, bukan berarti kamu bisa merekomendasikan roti sourdough pada penderita celiac disease atau gluten intolerance, ya, Beauties. Orang-orang dengan kondisi tertentu tersebut perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya. 

Penuaan yang Sehat

Di daratan Mediterania, biji-bijian dan roti utuh, seperti roti sourdough, adalah makanan pokok. Beberapa penelitian menunjukkan makanan ini penting untuk membantu proses penuaan yang sehat.

Mengurangi Penuaan Dini / foto : pexels.com/TeonaSwiftIlustrasi penuaan. (Foto : pexels.com/TeonaSwift)

Sebuah studi di Aging Clinical & Experimental Research menampilkan fakta bahwa kebiasaan konsumsi roti gandum utuh berperan pada penurunan risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker untuk orang dewasa yang lebih tua di Mediterania Selatan.

***

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id