sign up SIGN UP

Dinobatkan Sebagai Diet Terbaik di 2022, Kenalan dengan Diet Mediterania dan Konsep Dasarnya, yuk!

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Kamis, 03 Feb 2022 11:45 WIB
Dinobatkan Sebagai Diet Terbaik di 2022, Kenalan dengan Diet Mediterania dan Konsep Dasarnya, yuk!
caption
Jakarta -

Beauties, kamu punya masalah berat badan berlebih dan punya rencana diet dalam waktu dekat? Mungkin kamu bisa mencoba pola diet Mediterania yang dinobatkan sebagai diet terbaik di 2022 versi US News & World Report. Diet yang satu ini dianggap sebagai diet yang paling sehat dengan hasil yang terbilang efektif.

Penasaran apa itu diet Mediterania dan bagaimana konsep dasarnya? Yuk, simak pembahasan berikut ini!

Apa Itu Diet Mediterania?

Diet Mediterania/Foto: Pexels.com/Engin Akyurt
Diet Mediterania/Foto: Pexels.com/Engin Akyurt

Diet Mediterania merupakan pola diet sehat yang diadaptasi dari pola makan penduduk yang tinggal di Mediterania. Pola diet ini menggabungkan kebiasaan hidup sehat orang-orang dari negara yang berbatasan dengan laut Mediterania, di antaranya Prancis, Yunani, dan Spanyol.

Manfaat dan Efek Samping

Diet Mediterania/Foto: Pexels.com/Trang Doan
Diet Mediterania/Foto: Pexels.com/Trang Doan

Diet Mediterania ini diyakini merupakan pola diet yang paling sehat dan banyak sekali manfaatnya. Di antaranya adalah mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi risiko terkena stroke, mencegah penyakit alzheimer, menurunkan berat badan, menurunkan risiko diabetes tipe 2, dan mengurangi berbagai masalah akibat peradangan.

Meski demikian, jika tidak dilakukan dengan benar, menurut Medline Plus, diet Mediterania ini berpotensi membahayakan kesuburan. Bahkan juga bisa melemahkan sistem kekebalan dan menghambat pertumbuhan tubuh. Jadi pastikan diet Mediterania yang kamu jalani benar, ya.

Makanan yang Boleh Dikonsumsi

Diet Mediterania/Foto: Pexels.com/Cats Coming
Diet Mediterania/Foto: Pexels.com/Cats Coming

Ketika sedang menjalankan program diet Mediterania, ada beberapa makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah makanan yang dapat menjadi pilihan asupan saat menjalani metode Mediterania, baik nabati maupun hewani:

  • Buah-buahan segar (apel, pisang, orange, pear, strawberry, anggur, melon, buah persik)
  • Sayuran segar (bisa disajikan dalam bentuk salad)
  • Gandum utuh
  • Kacang-kacangan seperti buncis dan kacang polong
  • Bahan-bahan yang mengandung lemak baik, misalnya minyak zaitun, extra virgin coconut oil, alpukat, minyak alpukat
  • Keju
  • Yogurt rendah lemak
  • Ikan dan seafood (kecuali yang digoreng)
  • Telur
  • Daging unggas tanpa lemak
  • Bahan-bahan seperti bawang putih, mint, rosemary, merica, kayu manis, basil, nutmeg.

Masyarakat Mediterania aslinya juga menyisipkan wine sebagai salah satu menu. Meski demikian, di berbagai kawasan yang masyarakatnya tidak mengonsumsi alkohol, bagian ini dihilangkan dan diganti dengan minuman sehat seperti jus buah.

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi

Diet Mediterania/Foto: Pexels.com/Ylanite Koppens
Diet Mediterania/Foto: Pexels.com/Ylanite Koppens

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat menjalani diet Mediterania diantaranya adalah olahan daging merah, seperti hot dog, daging babi asap, dan sosis.

Untuk makanan olahan lainnya, pelaku diet Mediterania tidak boleh mengonsumsi makanan beku yang mengandung banyak natrium, soda, minuman manis, dessert manis, permen dan keju olahan. Sedangkan biji-bijian olahan yang tidak boleh dikonsumsi adalah roti putih, pasta putih dan produk dengan tepung putih.

Selanjutnya kamu juga tidak boleh mengonsumsi mentega dan minyak yang diproses, seperti minyak kedelai, minyak jagung, minyak sayur, dan minyak canola.

Wah, diet Mediterania ternyata bisa menjadi pilihan untuk lakukan program hidup sehat, ya. Asal melakukannya dengan benar pasti hasilnya akan memuaskan. Meski demikian, jangan lupa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi agar tahu apakah metode ini tepat buat kamu. Selamat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id