sign up SIGN UP

Dikenal Bisa Bikin Berat Badan Turun, Nggak Nyangka Ini 5 Manfaat Ajaib Lain dari Beras Merah!

Anindya Milagsita | Jumat, 14 Jan 2022 19:45 WIB
Dikenal Bisa Bikin Berat Badan Turun, Nggak Nyangka Ini 5 Manfaat Ajaib Lain dari Beras Merah!
Berbagai manfaat beras merah yang baik untuk kesehatan tubuh/pixabay/ezbom

Menerapkan gaya hidup yang sehat saat ini semakin banyak diminati. Salah satu memilih makanan yang mengandung manfaat baik bagi tubuh. Mulai dari konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, hingga lebih selektif dalam memilih makanan pokok yaitu nasi.

Bukan hanya nasi putih, kini nasi merah pun menjadi menu makanan favorit banyak orang. Kalau selama ini beras merah dikenal sebagai menu diet, ternyata ada berbagai manfaat dari kandungan beras merah yang baik untuk tubuh saat kamu mengonsumsinya, Beauties.

Penasaran apa sajakah itu? Berikut manfaat beras merah yang tak boleh dilewatkan!

Sumber Serat Alami

Beras merah yang memiliki manfaat kaya akan serat bagi tubuh.
Berbagai manfaat beras merah yang baik untuk kesehatan tubuh/pixabay/aviavlad

Tahukah kamu kalau ternyata beras merah mengandung banyak serat, Beauties? Dibandingkan nasi putih, ternyata saat kamu mengonsumsi nasi merah bisa mendapatkan lebih banyak nutrisi. Salah satunya kaya akan serat yang membantu kamu kenyang lebih lama.

Jenis beras satu ini masuk dalam biji-bijian utuh atau whole grain yang tidak melewati proses penggilingan. Hal ini pun membuat beras merah mengandung nutrisi yang utuh dan kaya akan manfaat. Dikutip dari Live Strong, dengan mengonsumsi banyak serat maka bisa membantu dalam meningkatkan fungsi usus dan mencegah sembelit.

Kaya akan Antioksidan

Beras merah punya manfaat bagi tubuh yang kaya akan antioksidan.
Berbagai manfaat beras merah yang baik untuk kesehatan tubuh/freepik/freepik

Tak hanya kaya akan serat, beras merah juga bermanfaat bagi tubuh karena punya banyak kandungan antioksidan alami. Dilansir dari Healthline, jenis beras ini dikemas dengan antioksidan flavonoid yang tak lain adalah senyawa alami dan bisa ditemukan dalam berbagai jenis buah maupun sayuran.

Senyawa ini bisa membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh, melindungi dari radikal bebas, hingga mengurangi risiko kondisi gangguan kesehatan tertentu. Mengonsumsi nasi merah juga bagus untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, Beauties.

Penuhi Zat Besi Harian

Beras merah yang memiliki manfaat kaya akan zat besi untuk harian.
Berbagai manfaat beras merah yang baik untuk kesehatan tubuh/pixabay/jirreaux

Selanjutnya, manfaat lain bagi tubuh saat mengonsumsi olahan beras merah adalah mendapatkan asupan zat besi harian yang cukup. Zat besi sendiri adalah mineral yang berperan penting dan dibutuhkan untuk membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Kekurangan zat besi harian bisa membuat tubuh kekurangan asupan oksigen dan menyebabkan kelelahan hingga menurunkan kemampuan melawan infeksi, Beauties.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Bantu mengontrol berat badan.
Berbagai manfaat beras merah yang baik untuk kesehatan tubuh/freepik/topntp26

Kalau selama ini makan nasi merah dikenal mampu menurunkan berat badan, ternyata ada manfaat lain yang jarang disadari saat mengonsumsinya. Tingginya kandungan serat di dalam bulir-bulir beras merah bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan di dalam tubuh, Beauties.

Melansir dari CNN Indonesia, jenis beras yang satu ini kaya akan serat yang mampu memberikan efek kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan serat ini juga bermanfaat untuk membasmi endapan lemak yang ada di dalam usus besar sekaligus membantu melancarkan pencernaan.

Bantu Kontrol Gula Darah

Manfaat beras merah yang bisa bantu kontrol gula darah.
Berbagai manfaat beras merah yang baik untuk kesehatan tubuh/freepik/azerbaijan_stockers

Bagi seseorang yang tengah menjalani diet diabetes melitus, beras merah jadi salah satu alternatif bahan makanan yang bisa dikonsumsi. Mengapa demikian? Masih dilansir dari laman yang sama, mengonsumsi nasi merah bisa membantu mengontrol gula darah. Ini karena kandungan indeks glikemik di dalamnya yang cenderung rendah. 

Indeks glikemik sendiri adalah sebuah indikator untuk mengontrol gula darah yang didapat dari asupan makanan maupun minuman yang dikonsumsi seorang pengidap diabetes melitus. Rendahnya indeks glikemik pada beras merah pun membuatnya menjadi alternatif asupan karbohidrat yang aman bagi tubuh.

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id