sign up SIGN UP

Hemat Budget! 5 Bahan Dapur Ini Disebut Paling Ampuh Dijadikan Ramuan Diet, Ini Cara Membuatnya

Ade Irma Suryani | Beautynesia
Kamis, 13 Jan 2022 10:00 WIB
Hemat Budget! 5 Bahan Dapur Ini Disebut Paling Ampuh Dijadikan Ramuan Diet, Ini Cara Membuatnya
caption

Memiliki tubuh dengan berat badan ideal adalah idaman banyak para perempuan. Karena itu, ada banyak cara yang dilakukan oleh para perempuan dalam usaha menurunkan berat badannya.

Di antara berbagai cara tersebut, tentu ada cara alami untuk menurunkan berat badan, yakni dengan memanfaatkan bahan dapur sebagai ramuan diet.

Ya, beberapa bahan dapur yang ada di rumah dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Inilah 5 bahan dapur untuk ramuan diet, Beauties!

1. Kunyit

Kunyit dapat menjadi ramuan diet.
Kunyit/ Foto: freepik.com/jigsawstocker 

Bumbu dapur yang kaya akan antioksidan ini memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya, juga untuk menurunkan berat badan. Karena itu Beauties, kamu bisa memanfaatkan kunyit sebagai ramuan diet.

Caranya, kamu dapat merebus dua gelas air dengan menambahkan dua sendok teh kunyit. Rebus sampai mendidih sekitar 5 menit. Kemudian saring dan tuangkan ke gelas. Campurkan perasan lemon dan madu, lalu silahkan dinikmati. 

2. Kayu Manis

Kayu manis dapat menjadi ramuan diet.
Kayu Manis/ Foto: freepik.com/Racool_studio 

Selain kunyit, kayu manis juga bermanfaat dalam membantu menurunkan berat badan. Rempah satu ini dapat menurunkan nafsu makan dan mengontrol rasa lapar, sehingga cocok untuk kamu jadikan obat diet alami. 

Untuk membuatnya sebagai ramuan diet, rebuslah satu batang kayu manis dengan segelas air. Rebus hingga wanginya keluar. Beri perasan lemon dan tambahkan satu sendok teh madu. 

3. Jahe

Jahe dapat membantu menurunkan berat badan.
Jahe/ Foto: freepik.com/jcomp

Jahe termasuk salah satu bahan dapur yang telah lama dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Di antaranya itu juga bermanfaat dalam menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi jahe, diketahui dapat meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak, mengatur gula darah, mengurangi penyerapan lemak dan juga nafsu makan. 

Sebagai ramuan diet, kamu dapat merebus air jahe lalu memberi perasan lemon. Minumlah dua atau tiga kali sehari dengan gelas berukuran sedang. 

4. Lada Hitam

Lada hitam dapat membantu menurunkan berat badan.
Lada Hitam/ Foto: freepik.com/topntp26 

Tak ketinggalan, bahan dapur yang bercita rasa pedas ini juga dapat membantu menurunkan berat badan. Adanya kandungan piperin di dalamnya dapat membantu meningkatkan metabolisme dan mencegah penumpukan lemak dalam tubuh. 

Untuk menikmatinya sebagai ramuan diet, kamu dapat menambahkan satu sendok teh madu dan setengah sendok teh lada hitam dalam secangkir air matang. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sejumput lada hitam ke dalam teh hijau. Minumlah dua atau tiga kali sehari. 

5. Jintan Hitam

Jintan hitam dapat menurunkan berat badan.
Jintan Hitam/ Foto: freepik.com/jcomp 

Jintan hitam atau yang lebih dikenal dengan habbatussauda diketahui juga dapat menurunkan berat badan. Jadi, kamu juga dapat menjadikannya sebagai salah satu cara diet alami. 

Caranya, masukkan satu sendok teh biji jintan ke dalam wadah. Panaskan selama 5-6 detik di atas api rendah. Lalu masukkan satu setengah gelas air ke dalamnya dan didihkan. Tutup dan biarkan 3-5 menit. Kemudian saring ramuan tersebut dan tuangkan ke dalam cangkir. Setelah itu, tambahkan madu sebagai pemanis alami. 

Itulah Beauties, beberapa bahan dapur yang bisa kamu jadikan ramuan diet untuk menurunkan berat badan. Namun jangan lupa disamping itu kamu juga perlu mengimbanginya dengan pola hidup sehat. Seperti dengan mengonsumsi makanan bernutrisi dan juga kaya serat, banyak minum air putih dan juga lebih aktif bergerak.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id