sign up SIGN UP

Ingin Perut Langsing Namun Hobi Ngemil? Ini 5 Camilan Sehat untuk Bantu Ratakan Perut Buncit

Nadya Quamila | Beautynesia
Senin, 14 Mar 2022 11:45 WIB
Ingin Perut Langsing Namun Hobi Ngemil? Ini 5 Camilan Sehat untuk Bantu Ratakan Perut Buncit
caption
Jakarta -

Beauties, apakah kamu hobi mengonsumsi camilan alias ngemil? Yup, saat sedang bersantai atau beraktivitas, camilan sering kali menjadi teman setia.

Namun, jika kamu sedang dalam upaya untuk meratakan perut buncit, mungkin kamu cenderung akan menghindari camilan. Sebenarnya, mengonsumsi camilan saat diet tidak dilarang. Bahkan, jika kamu yang terbiasa ngemil lantas menghilangkan kebiasaan tersebut, kamu akan merasa lebih lapar hingga waktu makan berikutnya. Ini hanya akan membuatmu makan berlebih.

Berikut 5 camilan sehat untuk bantu ratakan perut buncit yang bisa kamu konsumsi, dihimpun dari berbagai sumber. Yuk, simak!

Greek Yogurt

greek yogurtIlustrasi greek Yogurt/Foto: Freepik.com/jcomp

Salah satu penyebab perut buncit adalah makan makanan yang mengandung tingkat kalori tinggi berlebihan. Oleh karena itu, untuk membuat perut menjadi kenyang lebih lama, pilihlah camilan yang mengandung protein tinggi.

Salah satu jenis camilan yang mengandung protein tinggi adalah greek yogurt. Selain lezat dan praktis, greek yogurt juga kaya akan protein yang baik dalam membantu meratakan perut buncit. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi greek yogurt secara teratur cenderung memiliki berat badan yang lebih rendah

Kacang-kacangan

Kacang Almond / foto : pexels.com/KarolinaGrabowskaIlustrasi kacang/Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska

Saat sedang ingin meratakan perut buncit, pilihlah camilan atau makanan ringan yang mengandung protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks, contohnya kacang-kacangan. Mungkin terdengar sedikit aneh dan mengejutkan, sebab kacang-kacangan memiliki kandungan lemak yang relatif tinggi.

Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan kacang secara teratur sebenarnya cenderung memiliki berat badan yang sehat, sebagaimana dikutip dari Body & Soul. Selain membantu meratakan perut buncit, rutin mengonsumsi kacang-kacangan juga dapat mencegah penyakit seperti jantung dan diabetes.

Apel

Buah ApelIlustrasi apel/Foto: Pexels.com/Matheus Cenali

Buah satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi khasiatnya untuk kesehatan, termasuk diet dan meratakan perut buncit. Apel kaya serat dan rendah kalori. Rasanya yang asam, manis, dan segar sangat cocok untuk disantap sebagai camilan.

Apel juga merupakan sumber serat yang sehat karenanya kamu akan merasa kenyang lebih lama. Dalam sebuah studi dinyatakan bahwa makan sebutir apel sebelum makan akan mencegah dari makan berlebih, sebagaimana dikutip dari detikFood.

Cokelat Hitam

Cokelat untuk turunkan berat badanIlustrasi cokelat hitam/Foto: Pixabay.com/Kerdkanno

Camilan identik dengan makanan yang manis-manis. Nah, jika kamu ingin ngemil makanan manis saat sedang diet, cokelat hitam bisa menjadi pilihan. Cokelat hitam dapat mengurangi keinginan untuk ngemil makanan manis atau asin lainnya yang cenderung tidak sehat.

Melansir dari Healthline, cokelat hitam juga dapat membantu mengatasi stres, yang menjadi salah satu penyebab timbulnya lemak di perut. Namun yang harus diperhatikan, cokelat hitam tinggi kalori dan lemak. Jadi, konsumsi secukupnya dan jangan berlebihan, ya!

Selai Kacang

Selai kacangIlustrasi selai kacang/Foto: Freepik

Selai kacang menjadi camilan yang bisa kamu coba untuk membantu meratakan perut buncit. Selai kacang kaya akan lemak, vitamin, dan mineral yang dapat menyehatkan jantung. Jika dikonsumsi dengan benar, selai kacang bisa menjadi makanan bergizi.

Selai kacang mengandung lemak tak jenuh tunggal yang tidak hanya membantu menurunkan kolesterol, namun juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membuat perut jadi langsing. Namun, disarankan hanya mengonsumsi 1-2 sendok teh selai kacang saja ya, Beauties! Kamu bisa mengonsumsi selai kacang bersama buah atau sayuran.

Itulah 5 jenis camilan sehat yang bisa membantu meratakan perut buncit. Tapi ingat, harus dibarengi dengan olahraga dan pola hidup yang sehat agar hasilnya maksimal, ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id