sign up SIGN UP

Pecinta Kopi Merapat! Jenis Kopi Satu Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Simak Penjelasan Ahli di Sini!

Nadya Quamila | Jumat, 14 Jan 2022 09:00 WIB
Pecinta Kopi Merapat! Jenis Kopi Satu Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Simak Penjelasan Ahli di Sini!
Kopi hitam untuk menurunkan berat badan/Foto: beautynesia
Jakarta -

Bisa dibilang, kopi adalah minuman paling populer di dunia. Faktanya, lebih dari 160 juga kantong kopi dikonsumsi dalam setahun. Tidak hanya lezat, kopi juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Mulai dari meningkatkan energi dan fungsi otak, menurunkan risiko kanker dan diabetes tipe 2, hingga membantu menurunkan berat badan.

Yup, buat kamu pecinta kopi yang sedang menjalani program diet, nyatanya kopi bisa membantu menurunkan berat badan, lho! Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu tubuh dalam membakar kalori.

Tapi yang harus diperhatikan, tidak semua jenis kopi bisa membantu menurunkan berat badan, nih, Beauties. Contohnya kopi yang ditambahkan pemanis dan bermacam-macam topping, seperti whipped cream, sirup karamel, dan masih banyak lagi. Ternyata, jenis kopi terbaik yang bisa membantu menurunkan berat badan adalah kopi hitam.

Pencinta Kopi Hitam, Kamu Wajib Tahu Fakta Mencengangkan Soal Kopi Ini!Ilustrasi kopi hitam/ Foto: beautynesia

Melansir dari Eat This! Not That, menurut Donald Mankie, seorang ahli diet, kopi hitam adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Hal serupa juga diungkapkan oleh Ashley Shaw, seorang ahli gizi.

"Kopi, bila dikonsumsi dalam jumlah sedang dan tanpa terlalu banyak pemanis tambahan, dapat membantu menurunkan berat badan dan bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan," papar Shaw. kepada Insider.

Kopi mengandung nutrisi seperti niasin, potasium, magnesium, dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, mendukung fungsi otot, dan mengarah pada kesehatan jantung yang lebih baik. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kopi juga mengandung kafein yang meningkatkan metabolisme, meningkatkan energi, dan dapat membantu penurunan berat badan.

Melansir dari Insider, berikut adalah beberapa manfaat kopi hitam untuk menurunkan berat badan. Yuk, simak!

Kopi Hitam adalah Minuman Rendah Kalori

Pencinta Kopi Hitam, Kamu Wajib Tahu Fakta Mencengangkan Soal Kopi Ini!Ilustrasi kopi hitam/ Foto: beautynesia

Kopi hitam adalah minuman rendah kalori. Penurunan berat badan dikaitkan dengan defisit kalori, yaitu ketika kamu mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dibakar tubuh. Cara populer untuk membantu mencapai defisit kalori adalah dengan mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada asupan kalori biasa.

Kopi hitam adalah minuman yang ideal untuk diminum ketika hendak menurunkan berat badan. Sebab, kopi mengandung kurang dari 5 kalori per porsi. Namun, lagi-lagi, kopi hitam hanya akan menjadi rendah kalori jika tidak ditambahkan bahan lainnya.

"Meskipun kopi hitam rendah kalori, kopi hitam dapat dengan cepat menjadi tinggi kalori, gula, dan lemak ketika susu dan gula yang berbeda ditambahkan ke dalamnya," kata Shaw.

Kafein Meningkatkan Metabolisme

5 Tips Ampuh Menaikkan Berat Badan/Foto: Freepik.com/KamranAydinovIlustrasi berat badan/Foto: Freepik.com/KamranAydinov

Metabolisme adalah proses di mana tubuh memecah nutrisi dan menggunakan kalori makanan sepanjang hari. Kafein, stimulan yang ditemukan dalam kopi, adalah salah satu dari sedikit zat yang dapat meningkatkan tingkat metabolisme basal (BMR), juga dikenal sebagai tingkat di mana tubuh membakar kalori saat beristirahat.

Sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa peserta yang minum berbagai takaran kopi selama dua bulan memiliki metabolit, produk metabolisme, yang lebih besar. Metabolisme yang lebih tinggi atau lebih cepat akan memungkinkan kamu untuk membakar lebih banyak kalori saat istirahat atau selama aktivitas fisik, yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Dapat Mengurangi Rasa Lapar

Bebas gula, kopi Americano jadi varian favorit bagi orang yang sedang diet/Foto: pexels.com/John DiezIlustrasi kopi hitam/Foto: Pexels.com/John Diez

Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu mengurangi rasa lapar saat diet. Seperti yang diketahui, nafsu makan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk jenis makanan yang dikonsumsi, tingkat aktivitas fisik, dan hormon.

Meskipun belum ada penelitian yang cukup untuk menentukan hubungan sebab-akibat antara kafein yang mengurangi nafsu makan, penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dapat mengurangi kadar ghrelin, yakni hormon yang membuat kamu merasa lapar.

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa peserta merasa lebih kenyang dan mampu mengurangi asupan makanan mereka hanya dalam waktu empat minggu setelah minum kopi setiap hari berdasarkan tingkat ghrelin mereka.

Itulah beberapa manfaat kopi hitam untuk menurunkan berat badan. Namun, perhatikan cara mengonsumsi kopi hitam agar mendapat manfaatnya, ya! Untuk menerima manfaat kesehatan dari kopi untuk mencapai penurunan berat badan, Shaw merekomendasikan minum tidak lebih dari empat cangkir kopi 8 ons sehari, yang setara dengan 400 mg kafein.

"Empat cangkir kopi sehari memungkinkan untuk meraih manfaat kopi, yakni merasa lebih berenergi dan metabolisme lemak yang lebih baik dan tidak terlalu banyak mempengaruhi tidur dan rasa lapar," kata Shaw.

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id