sign up SIGN UP

Wah, Jenis Minuman Satu Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Lebih Cepat, Cari Tahu di Sini!

Nadya Quamila | Rabu, 12 Jan 2022 19:45 WIB
Wah, Jenis Minuman Satu Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Lebih Cepat, Cari Tahu di Sini!
caption
Jakarta -

Selain mengatur pola makan, menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik saat sedang menurunkan berat badan menjadi hal yang sangat penting. Sudah bukan rahasia lagi bahwa air putih merupakan jenis minuman terbaik untuk kesehatan, tak terkecuali saat ingin menurunkan berat badan.

Air putih dapat memuaskan nafsu makan, sehingga kamu akan terhindar dari makan berlebih. Selain itu, air putih juga dapat meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh.

Namun selain air putih, ternyata ada jenis minuman lain yang bisa bantu turunkan berat badan lebih cepat, yakni air jintan. Penasaran bagaimana manfaat dari air jintan untuk mensukseskan program diet? Yuk, simak penjelasannya!

Air Jintan Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Lebih Cepat

JintanJintan/ Foto: Freepik/stockimagefactorycom

Seorang ahli diet, Trista Best mengungkapkan bahwa selain air putih, air jintan bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat dengan meningkatkan laju metabolisme. Metabolisme yang lebih cepat artinya tubuh membakar kalori pada tingkat yang lebih tinggi.

"Jintan telah diteliti manfaatnya untuk menghilangkan lemak dan telah terbukti meningkatkan laju metabolisme pada mereka yang telah mengalami penurunan berat badan," kata Best kepada Eat This! Not That.

Manfaat jintan untuk mempercepat penurunan berat badan diketahui dalam sebuah percobaan klinis yang melibatkan 88 perempuan dengan berat badan berlebih. Peserta dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh rooibos dapat membantu mengurangi berat badan.Ilustrasi menimbang berat badan/Foto: Unsplash

Kelompok eksperimen diminta untuk mengonsumsi yogurt yang dicampur dengan jintan dua kali sehari selama tiga bulan. Sedangkan kelompok kontrol mengonsumsi yogurt dalam jumlah yang sama namun tanpa tambahan bubuk jintan.

Hasilnya, peserta yang mengonsumsi jintan mengalami penurunan berat badan, indeks masa tubuh, lingkar pinggang, dan massa lemak secara signifikan. Selain itu, kelompok eksperimen juga dilaporkan memiliki kadar kolesterol total yang lebih rendah, dengan tingkat LDL dan trigliserida yang juga menurun.

Best juga memaparkan bahwa air jintan dapat mengatur kadar gula darah dengan membantu sel untuk merespons glukosa dan insulin dengan lebih baik. Ketika gula darah tinggi, lebih banyak glukosa yang disimpan dalam sel daripada yang dikeluarkan untuk energi. Ini kemudian dapat diubah menjadi lemak.

Cara Membuat Air Jintan

tehCara membuat air jintan/Foto: Freepik

Selain membantu menurunkan berat badan lebih cepat, jintan kaya akan antioksidan dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta kesehatan usus, mengurangi peradangan, hingga mengurangi risiko kanker.

Jika kamu tertarik mencoba membuat air jintan di rumah, caranya terbilang sangat mudah, Beauties. Air jintan dapat dikonsumsi panas atau dingin. Berikut cara membuatnya:

  1. Rendam 1 sendok makan biji jinten dalam 1-2 cangkir air semalaman. Kamu juga bisa menghancurkan bijinya terlebih dahulu untuk mengeluarkan minyak alaminya
  2. Setelah direndam semalaman, pagi harinya rebus campuran ini sekitar 5 menit.
  3. Setelah dingin, saring air rebusan jintan. Kamu bisa sajikan dengan es atau panaskan kembali sesuai selera.

Best menambahkan, air jintan memiliki rasa mirip mineral atau kayu. Oleh karena itu, ia merekomendasikan menambahkan sedikit pemanis alami atau kayu manis ke dalam air jintan agar rasanya lebih nikmat. Selamat mencoba, Beauties!

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id