sign up SIGN UP

Duh, 5 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Penyebab Besar Perut Buncit! Cek, Ada yang Sering Dilakukan?

aqillah diaz | Beautynesia
Minggu, 20 Mar 2022 14:00 WIB
Duh, 5 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Penyebab Besar Perut Buncit! Cek, Ada yang Sering Dilakukan?
caption

Penumpukan lemak pada perut atau perut buncit dapat mengganggu penampilan sekaligus dapat membahayakan kesehatan. Perut buncit merupakan hasil penumpukan lemak berlebih pada tubuh, yang mana hal ini dapat memicu munculnya penyakit.

Memiliki berat badan ideal tidak menjamin seseorang tidak memiliki perut buncit. Nyatanya, tidak hanya orang yang memiliki berat badan berlebih yang, namun perut buncit juga ditemukan pada orang yang memiliki berat ideal.

Untuk menghilangkan perut buncit diperlukan usaha untuk mencapainya, seperti berolahraga dan menjaga pola makan sehat. Melansir dari detikHealth, berikut beberapa kebiasaan yang harus kamu hindari agar perut tidak buncit. Simak yuk!

1. Mengonsumsi Makanan Tinggi Kalori

Mengonsumsi Makanan Tinggi Kalori / foto : pexels.com/RobuinStickel
Mengonsumsi Makanan Tinggi Kalori / foto : pexels.com/RobuinStickel

Kamu memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan manis, junk food, atau makanan berlemak lainnya? Kamu harus tahu bahwa makanan tersebut mengandung banyak lemak trans, yang mana lemak trans dapat menyebabkan inflamasi.

Sebaiknya hindari kebiasaan pola makan buruk ini karena dapat menyebabkan penumpukan lemak pada perut, serta dapat menyebabkan obesitas. Tak hanya itu, makanan tersebut juga dapat memicu seseorang terkena risiko diabetes, penyakit jantung, dan penyakit lainnya.

2. Jarang Berolahraga

Jarang Berolahraga / foto : pexels.com/JonathanBorba
Jarang Berolahraga / foto : pexels.com/JonathanBorba

Nah, siapa nih diantara kamu yang mager banget buat olahraga? Kebiasaan mager atau malas bergerak dapat menyebabkan perut buncit, lho!

Apalagi jika kamu terlalu banyak rebahan, duduk, dan tidak rutin berolahraga maka dampaknya bisa lebih buruk. Oleh karena itu, untuk menyeimbanginya kamu harus rajin berolahraga agar lemak di perut dan di bagian tubuh lainnya dapat terbakar. 

Yuk, ubah pola hidup sehat, Beauties!

3. Kurang Tidur

Kurang Tidur / foto : pexels.com/cottonbro
Kurang Tidur / foto : pexels.com/cottonbro

Tidur selama 7 hingga 8 jam adalah waktu normal untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Ketika kamu kurang tidur, maka hormon stres akan meningkat dan akan mendorongmu untuk mengonsumsi makanan tinggi gula.

Hal ini pula yang menyebabkan perut buncit. Cobalah untuk menghindari begadang dan tidur sebelum pukul 10 malam. Tidur yang cukup dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

4. Mengonsumsi Alkohol secara Berlebihan

Mengonsumsi Alkohol secara Berlebihan / foto : pexels.com/EdwardEyer
Mengonsumsi Alkohol secara Berlebihan / foto : pexels.com/EdwardEyer

Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, bukan? Oleh karena itu seseorang yang mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan, yakni penyakit liver dan inflamasi. Bahkan mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan perut buncit.

Dilansir dari Healthline, semua jenis alkohol memiliki kandungan sekitar 7 kalori per gram, yang mana alkohol ini juga terdapat tambahan gula. Jumlah kalori tersebut dapat menyebabkan bertambahnya berat badan, memicu iritasi pada saluran pencernaan yang mengakibatkan perut buncit.

5. Stres yang Berlebihan

Stres yang Berlebihan / foto : pexels.com/DavidGarrison
Stres yang Berlebihan / foto : pexels.com/DavidGarrison

Stres yang berlebihan juga menyebabkan perut buncit dan hal ini dikarenakan kelenjar adrenal mengeluarkan hormon kortisol yang dapat menyebabkan penumpukan lemak pada perut. Seseorang yang stres cenderung akan mengonsumsi makanan yang berlebihan untuk meredakan stresnya, sehingga memicu kelebihan kalori. Kondisi ini juga menyebabkan metabolisme tidak baik dan perut buncit.

Itulah 5 kebiasaan buruk yang menyebabkan perut buncit. Apakah kamu masih mau melakukan kebiasaan buruk tersebut atau justru menghindarinya?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id