sign up SIGN UP

5 Kebiasaan Makan Sederhana yang Bikin Perut Rata di Usia 40-an, Tetap Langsing dan Sehat!

Nadya Quamila | Beautynesia
Rabu, 23 Feb 2022 09:00 WIB
5 Kebiasaan Makan Sederhana yang Bikin Perut Rata di Usia 40-an, Tetap Langsing dan Sehat!
caption
Jakarta -

Meratakan perut buncit ketika menginjak usia 40-an tentu tidak semudah ketika berusia 20-an. Hal ini karena seiring bertambahnya usia, tubuh kehilangan massa otot yang memperlambat metabolisme sehingga hanya membakar sedikit kalori. Hal inilah yang menyebabkan lemak di bagian perut sulit untuk dihilangkan.

Selain itu, salah satu kesalahan yang sering terjadi ketika ingin meratakan perut buncit ataupun diet adalah mencoba membuat perubahan gaya hidup yang drastis di saat bersamaan. Ini bisa membuat seseorang menjadi kewalahan dan justru mengalami kegagalan.

Alih-alih membuat perubahan drastis, para ahli gizi menyarankan untuk melakukan perubahan kecil melalui kebiasaan-kebiasaan sederhana yang bisa membantu meratakan perut buncit. Berikut adalah beberapa kebiasaan makan yang bisa diterapkan di usia 40-an untuk meratakan perut buncit secara sehat. Yuk, simak!

Makan Lebih Sering dalam Porsi Kecil

tips menjaga tubuh tetap ramping di usia 40 tahunIlustrasi makan/Foto: Pexels.com/cottonbro

Banyak ahli yang merekomendasikan untuk makan lima hingga enam porsi kecil dan ngemil setiap hari. Tujuannya adalah untuk menghilangkan rasa lapar dan menghindari makan berlebih.

"Saya sarankan memulai dari yang kecil, menambahkan camilan dan kemudian secara bertahap makan lagi," kata kata ahli gizi terdaftar Sandy Younan Brikho, kepada Eat This! Not That.

"Sukses datang lebih mudah karena Anda membuat perubahan kecil dari waktu ke waktu. Makan lebih sering sepanjang hari akan meningkatkan metabolisme Anda, yang akan membantu Anda menurunkan berat badan dan akhirnya mendapatkan perut yang rata," tambahnya.

Konsumsi Makanan Rendah Kalori

Sayur dan buah dalam menu sehari - hari.Ilustrasi sayur/Foto: Pexels.com/ellehughes/

Dalam diet dan meratakan perut buncit, salah satu hal penting adalah memperhatikan apa yang dikonsumsi. Ahli gizi Janet Coleman merekomendasikan untuk menambahkan tiga makanan rendah kalori ini ke dalam diet, yaitu mentimun, buah beri, dan sayuran berdaun hijau.

Mentimun kaya akan kandungan air dan rendah kalori. Menurut Coleman, mentimun dapat dikonsumsi sebagai pengganti roti atau nasi. Sedangkan buah beri mengandung antioksidan tinggi yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas sekaligus meningkatkan kesehatan sel.

"Buah beri mengandung vitamin B6, C, dan E, yang memberikan manfaat anti-penuaan, mencegah penyakit jantung dan meningkatkan fungsi kognitif," katanya.

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan selada mengandung banyak serat yang membantu membuang kelebihan air dari tubuh sehingga mengurangi efek kembung pada tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi buah-buahan seperti beri dan sayuran, termasuk yang berdaun hijau, dapat menurunkan berat badan jangka panjang.

Ikuti Aturan Makan 50 Persen

resep saladIlustrasi salad/Foto: Pixabay/Einladung Zum Essen

Bukan rahasia lagi bahwa sayuran adalah makanan yang menyehatkan. Setiap kali makan, coba isi setengah piring dengan sayuran. Kebiasaan makan sederhana ini akan membantu meningkatkan rasa kenyang, mencegah makan berlebih, mengontrol porsi makan, hingga membantu tubuh untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

"Dengan melakukan itu, Anda tidak akan tergoda untuk makan makanan berkalori tinggi secara berlebihan dan Anda dapat menurunkan berat badan," ungkap Brikho.

Makan Lebih Banyak Makanan Nabati

Seiring bertambahnya usia, lemak tubuh, terutama di daerah perut, cenderung meningkat seiring dengan penurunan massa otot dan kepadatan mineral tulang. Oleh karena itu, salah satu kebiasaan makan terbaik yang bisa diterapkan di usia 40-an adalah makan lebih banyak nabati karena merupakan sumber mikronutrien, protein, dan lemak sehat yang baik. Selain itu, cobalah untuk mengonsumsi lemak dari sumber nabati dan laut dan batasi sumber hewani.

Perbanyak Konsumsi Serat

Banyak mengonsumsi serat adalah kebiasaan makan yang kerap dianjurkan oleh setiap ahli gizi. Mengonsumsi makanan berserat tinggi dapat membantu mendapatkan perut rata di usia 40-an dan seterusnya karena membuat merasa kenyang lebih lama, sehingga terhindar dari makan berlebihan.

"Serat juga mendukung kesehatan usus untuk mengurangi kembung dan melancarkan saluran pencernaan," ungkap ahli diet dan kesehatan usus terdaftar Kara Landau.

***

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id