STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Ganggu Kualitas Tidur, Ini 4 Penyebab Mengapa Kamu Bisa Mimpi Buruk

Martatillah Nikita Karin | Beautynesia
Jumat, 03 Jun 2022 23:30 WIB
Ganggu Kualitas Tidur, Ini 4 Penyebab Mengapa Kamu Bisa Mimpi Buruk

Istirahat merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi setiap orang, salah satunya yaitu dengan tidur. Namun, kamu pasti pernah mengalami mimpi buruk yang dapat mengganggu kualitas tidurmu.

Mimpi buruk memang bisa membuat perasaan kamu jadi tidak nyaman begitu bangun tidur, atau bahkan sepanjang hari. Ternyata, ada beberapa penyebab mengapa kamu bisa mimpi buruk lho, Beauties. Melansir dari Healthline, inilah beberapa penyebab mengapa kamu bisa bermimpi buruk! Yuk, cari tahu!

Penjelasan Tentang Mimpi

Apa itu mimpi dan bagaimana mimpi bisa terjadi?
Tidur/foto: pexels.com/andrea-piacquadio

Manusia bisa bermimpi antara empat hingga enam kali. Namun, 95 persen kemungkinan setiap orang akan melupakan mimpinya saat terbangun. Mimpi dapat dipengaruhi oleh apa yang dipikirkan sebelum tidur, atau apa yang terjadi di sepanjang hari saat terjaga. Mimpi juga dapat menjadi manifestasi kekhawatiran atau hal-hal yang berkaitan dengan kecemasan yang sedang dirasakan.

Apabila kamu sedang merasa banyak pikiran di tempat kerja, maka sebagian besar mimpi akan berkaitan dengan hal itu. Semakin bahagia suasana hati maka mimpi akan semakin menyenangkan. Terkadang mimpi juga terasa begitu aneh dan tidak wajar, namun hal tersebut sangat lumrah terjadi. Begitu pula dengan mimpi buruk.

Penyebab Mimpi Buruk

Sebuah mimpi dapat dikategorikan sebagai mimpi buruk apabila mimpi tersebut berlangsung dalam kondisi yang menakutkan, mengganggu dan tidak menyenangkan. Ada berbagai macam penyebab mengapa seseorang bisa mengalami mimpi buruk. Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab pemicu datangnya mimpi buruk yaitu:

Menonton atau Membaca Sesuatu yang Menakutkan

Mimpi buruk bisa datang karena menonton atau membaca kisah horror
Tidur/foto: pexels.com/ketut-subiyanto

Kamu mungkin menyukai menonton atau membaca film horror. Hal tersebut bisa menjadi penyebab kamu bisa mengalami mimpi buruk, Beauties. Adanya perekaman memori serta ingatan tentang kejadian menyeramkan dari film atau buku yang telah kamu nikmati dapat tersimpan dalam alam bawah sadar dan muncul kembali dalam bentuk mimpi.

Adanya Gangguan Psikologis

Ilustrasi depresi/ Foto: Freepik.comIlustrasi depresi/ Foto: Freepik.com

Kondisi gangguan tidur serta gangguan psikologis seperti gangguan kecemasan, gangguan stres pasca trauma, memiliki kemungkinan mengalami mimpi buruk. Hal tersebut terjadi karena alam bawah sadar merekam peristiwa yang dapat menyebabkan kecemasan dan dimanifestasikan ke dalam mimpi.

Demam

Kondisi demam dapat memicu terjadinya mimpi buruk
Demam/foto: pexels.com/polina-tankilevitch

Bagi sebagian orang, demam dapat menyebabkan kondisi seperti meracau, bergumam tidak jelas, dan bahkan mimpi buruk. Melansir dari Knows Why, mimpi buruk yang terjadi saat demam disebabkan karena peningkatan suhu tubuh saat demam yang dapat memberikan begitu banyak tekanan pada tubuh dan pikiran hingga mengakibatkan stres yang dapat menjadi mimpi buruk.

Makan Sebelum Tidur

Makan sebelum tidur dapat menyebabkan mimpi buruk
Makan sebelum tidur/foto: pexels.com/ron-lach-

Makan sebelum tidur dapat menyebabkan mimpi buruk. Bagaimana bisa? Melansir dari Quality Health, setiap kali kamu makan maka metabolisme tubuh akan meningkat dan aktivitas otak akan bekerja lebih aktif. Hal tersebut sangat baik jika terjadi pada siang hari.

Namun berbeda halnya jika kondisi tersebut terjadi saat tidur. Kondisi otak yang aktif saat tidur akan memberikan visualisasi yang berlebih sehingga bisa menjadi mimpi buruk.

Beauties, dari empat penyebab di atas, manakah yang sering kamu lakukan? Mimpi buruk merupakan hal yang wajar terjadi dan bisa ditinjau dari beberapa sisi mengenai penyebabnya. Jika kamu merasa mimpi tersebut sudah sangat mengganggu, mungkin sudah saatnya bagi kamu untuk mendatangi profesional ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE