STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Harga Minyak Goreng Melonjak: Ini 5 Makanan Tanpa Minyak yang Bisa Kamu Coba, Dijamin Lezat!

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Kamis, 13 Jan 2022 07:15 WIB
Harga Minyak Goreng Melonjak: Ini 5 Makanan Tanpa Minyak yang Bisa Kamu Coba, Dijamin Lezat!

Memasuki tahun 2022, harga minyak goreng terus melambung signifikan. Diketahui harga minyak goreng kini mencapai Rp40 ribu. Mengutip dari CNBC Indonesia, naiknya harga minyak goreng saat ini disebabkan oleh melonjaknya harga minyak nabati dunia, tingginya permintaan biodisel untuk program B30, dan pandemi COVID-19 yang menyebabkan produksi crude palm oil (CPO) ikut turun.

Mahalnya harga minyak goreng membuat kita cukup memutar otak saat memasak. Sebab umumnya banyak sajian makanan yang menggunakan minyak goreng. Namun tidak perlu khawatir, Beauties! Kamu tetap bisa menyantap makan enak tanpa harus masak menggunakan minyak goreng. Berikut lima rekomendasi makanan tanpa minyak goreng yang pastinya lezat. Yuk, simak!

Pepes Ikan

Pepes ikan bisa jadi opsi sajian menu keluarga yang dimasak tanpa minyak
Pepes Ikan/Foto: instagram.com/resep_endull/

Pepes adalah makanan yang diolah dengan bumbu rempah dan ditambahkan dengan tomat dan daun kemangi. Kemudian, dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus atau dibakar. Tak hanya ikan, pepes juga dapat menggunakan tahu sebagai bahan utamanya. 

Asam Pedas Ikan 

Asam pedas ikan dikenal sebagai salah satu makanan khas melayu yang menyegarkan
Asam Pedas/Foto: instagram.com/urk2706/

Memiliki rasa asam, pedas, dan gurih, makanan yang satu ini cocok sebagai lauk untuk makan siang hingga malam hari. Makanan yang dikenal sebagai makanan khas Melayu ini adalah salah satu makanan yang prosesnya bisa dibuat tanpa menggunakan minyak goreng.  Meskipun pada umumnya asam pedas banyak menggunakan ikan, nyatanya asam pedas juga dapat dimasak menggunakan daging sebagai bahan utama dan pastinya tak kalah lezat!

Ayam Bakar

Ayam bakar jadi salah satu menu favorit keluarga
Ayam Bakar/Foto: instagram.com/linagui.kitchen/

Kamu pasti sudah nggak asing lagi dong dengan makanan satu ini, Beauties? Ayam bakar sudah menjadi salah satu menu favorit banyak orang. Ayam bakar bisa menjadi opsi menu sajian tanpa minyak yang juga bisa kamu buat di rumah. Jangan takut ayam bakar jadi terasa kering, kamu bisa menambahkan sedikit kemiri atau santan pada bumbu ayam bakar agar tetap terasa ada minyak dan tentunya menambah rasa gurih.

Sup Ayam

Sup ayam jadi salah satu menu favorit keluarga
Sup Ayam/Foto: instagram.com/dianayupuspitasari/

Sup ayam merupakan salah satu sajian menu favorit keluarga di Indonesia, apalagi saat musim hujan atau saat salah satu anggota keluarga ada yang sedang sakit. Meskipun pada umumnya resep sup ayam banyak dimasak menggunakan minyak goreng, namun sup ayam juga bisa dimasak tanpa minyak kok. Jika kamu tetap ingin kuah sup yang berminyak, kamu dapat menambahkan sedikit kemiri dalam bumbu sup yang kamu buat.

Telur Dadar Daun Pisang

Telur dadar jadi salah menu favorit banyak orang saat akhir bulan
Telur Dadar Daun Pisang/Foto: Youtube.com/menyancikuya

Telur dadar adalah menu penyelamat saat akhir bulan atau sedang bingung harus makan apa. Memasak telur dadar memang membutuhkan minyak goreng, namun di saat harga minyak sedang melonjak seperti saat ini kamu biasa mengakalinya dengan trik yang satu ini. Kamu bisa membuat telur dadar tanpa minyak dengan menggunakan daun pisang yang dimasak di atas kuali atau pan anti lengket.

Itulah beberapa menu makanan yang bisa kamu buat tanpa menggunakan minyak goreng. Selamat mencoba!

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE