STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Hubungan Antara Rajin Olahraga dengan Kecantikan Kulit, Benar Bikin Kulit Auto Glowing? Intip Jawabannya di Sini yuk!

Deviena Nur Fadillah | Beautynesia
Rabu, 09 Nov 2022 12:30 WIB
Hubungan Antara Rajin Olahraga dengan Kecantikan Kulit, Benar Bikin Kulit Auto Glowing? Intip Jawabannya di Sini yuk!
Foto: Getty Images/iStockphoto/

Tahukah kamu kalau olahraga ada hubungannya dengan kesehatan dan kecantikan kulitmu?

Biasanya alasan kenapa dokter dan ahli gizi tak pernah lelah mengingatkan untuk kita melakukannya, karena baik untuk kesehatan jantung, otot, bahkan kesehatan mental.

Namun selain itu, olahraga ternyata punya dampak baik yang menguntungkan buat kulit lho, Beauties. Mengutip Tatler Asia, itu karena olahraga bisa membantu meningkatkan aliran darah. Hal ini yang mendukung aliran oksigen dan nutrisi pada tubuh, termasuk pada kulit, yang menjaga kulit tetap sehat, juga berperan dalam produksi kolagen dan regenerasi sel kulit.

Racun pun juga dibuang saat kita berkeringat. Inilah yang membuat beberapa orang merasa 'post-gym glow' alias kulit jadi glowing setelah olahraga. Beauties pernah mengalaminya sendiri juga?

Olahraga Menurunkan Hormon Stres, Salah Satu Pemicu Kulit Kusam

Ilustrasi wanita olahraga atau angkat barbelIlustrasi perempuan olahraga atau angkat barbel/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Auttapol Tatiyarat

Olahraga bisa memperbaiki kulit juga, karena menurunkan kadar hormon kortisol atau stres. Cara kerja kortisol ialah dengan meningkatkan gula darah, yang kemudian mengikat protein lalu merusaknya. Hal tersebut yang tampak ketika seseorang sedang stres, membuat kulit menua dan kerapkali membuatnya terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya.

Selain itu, dengan olahraga yang rutin bisa membuatmu mendapat kualitas tidur yang lebih baik, yang mana hal itu juga berpengaruh pada manajemen stres yang baik serta anti-kusamnya kulitmu.

Tips Tambahan Saat Berolahraga

Pakai sunscreen/Freepik/Jcomp
Pakai sunscreen/Freepik/Jcomp

Nah, perlu kamu tahu, ada hal-hal yang perlu dicermati saat berolahraga supaya tidak berpotensi merusak kulit juga. Di antaranya menggunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih yang waterproof saat kamu memilih olahraga di luar ruangan, Beauties. Pilih juga tabir surya yang bebas minyak sehingga tidak akan menyumbat pori-pori.

Hindari juga penggunaan makeup saat berolahraga ketika kamu hendak pergi ke gym, dan ingat segera mandi setelah berolahraga. Karena keringat bisa 'menarik' bakteri yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE