sign up SIGN UP

Ingin Menurunkan Berat Badan, Tanpa Harus Keluar Rumah? Olahraga Ini Bisa Jadi Pilihan!

Devita Tri Hapsari | Beautynesia
Rabu, 03 Aug 2022 07:00 WIB
Ingin Menurunkan Berat Badan, Tanpa Harus Keluar Rumah? Olahraga Ini Bisa Jadi Pilihan!
Olahraga di rumah/ foto: unsplash/ Jonathan borba

Berat badan ideal dan langsing merupakan mimpi dari semua perempuan. Untuk mencapai mimpi tersebut sebagian orang berusaha melakukan diet demi menurunkan berat badannya. Selain itu juga ada yang pergi ke gym atau lari setiap pagi untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat idealnya.

Apakah untuk menurunkan berat badan harus berolahraga di luar rumah? Tentu saja tidak. Tenang saja bagi yang enggan pergi ke luar rumah atau memang aktivitas sehari-hari lebih banyak di rumah saja tapi ingin berat badannya turun. Inilah cara menurunkan berat badan tanpa harus keluar rumah.

1. HIIT

Wanita sedang plank
Perempuan sedang plank/ foto: freepik/ racool studio

Olahraga kardio HIIT (High Intensity Interval Training) merupakan salah satu yang bisa menjadi pilihan bagi yang ingin menurunkan berat badan di rumah saja. Mengutip dari Decathlon Blog, olahraga ini bisa meningkatkan metabolisme dan memperkuat tubuh.

Interval waktu yang dibutuhkan untuk melakukan olahraga ini hanya sekitar 5-30 menit. Contohnya push up, burpess, lunge, jump squats, planks, mountain climbing, dan sebagainya.

Untuk mempermudah kamu, saat melakukan olahraga jenis ini bisa dibantu sambil menonton instruktur di YouTube atau memasang aplikasi olahraga. Jika Beauties jarang olahraga dan ingin melakukan HIIT, sebaiknya tidak terlalu memaksakan tubuh hingga kelelahan. Istirahatlah ketika merasa lelah dan baru perlahan mulai lagi.

2. Menari

Orang sedang olahraga aerobic
Aerobic dance/ foto: unsplash/ danielle cerullo

Bagi Beauties yang tidak suka berolahraga tapi suka menari atau dance, maka bisa lakukan ini secara rutin di rumah untuk menurunkan berat badan. Dikutip dari ETimes, bahwa menari diiringi dengan musik kesukaan bisa membakar sekitar 300-800 kalori per jamnya.

Cobalah untuk melakukan zumba atau aerobic selama 15-30 menit sebagai permulaan. Tingkatkan intensitas waktunya ketika badan sudah terbiasa agar tidak mencederai otot.

3. Lompat Tali

Wanita sedang lompat tali
Lompat tali/ foto: unsplash/ element5 digital

Selanjutnya yang bisa dicoba sebagai olahraga di rumah, yaitu lompat tali atau skipping. Mengutip dari Pharmeasy, bahwa skipping bisa membakar kalori dalam waktu singkat, meningkatkan metabolisme, dan meningkatkan kekuatan otot.

Lompat tali yang efektif bisa dibagi menjadi beberapa kali latihan yang diselingi dengan istirahat. Misalnya lompat selama 3 menit, lalu istirahat 1 menit dan lanjutkan sesuai porsi latihan kamu, Beauties.

Itulah 3 olahraga yang bisa dilakukan di rumah dan membakar lemak dengan sangat efektif, sehingga berat badan bisa turun sesuai dengan apa yang diharapkan jika Beauties rutin melakukannya. Selamat mencoba!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id