sign up SIGN UP

Ini Daftar Makanan yang Perlu Dihindari untuk Dikonsumsi Berbarengan, Cuma Bikin Perut Kembung!

Zeyra Haya | Beautynesia
Kamis, 14 Apr 2022 10:00 WIB
Ini Daftar Makanan yang Perlu Dihindari untuk Dikonsumsi Berbarengan, Cuma Bikin Perut Kembung!
caption

Berbuka puasa tentunya menjadi waktu yang paling ditunggu selama bulan puasa. Beragam menu hidangan yang lezat siap menanti untuk disantap bersama keluarga.

Menikmati berbagai varian menu takjil saat berbuka tentu sah-sah saja. Namun pernahkah kamu merasa kembung usai berbuka padahal hanya makan sedikit? Bisa saja hal ini terjadi karena kamu memilih menu buka puasa yang salah.

Hindari Kembung Usai Berbuka Puasa, Jauhi 5 Kombinasi Makanan Ini Deh!

Beauties, perut kembung atau masalah pencernaan lainnya kerap muncul saat kita berpuasa. Hal ini terjadi karena kita lalai mengatur pola makan.

Untuk menghindari kembung, berikut adalah kombinasi makanan yang sebaiknya tidak kamu makan saat berbuka puasa. Simak yuk!

1. Makanan Asin dan Tinggi Garam

Awas bikin kembung, hindari mengkonsumsi makanan terlalu asin saat berbuka puasa/Foto: pexels.com/ROMAN ODINTSOV
(Awas bikin kembung, hindari mengkonsumsi makanan terlalu asin saat berbuka puasa/Foto: pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Berbuka puasa dengan menyantap gorengan ditemani saos sambal atau dengan bumbu cabai bubuk memang terasa nikmat. Namun perlu kamu ketahui, mengonsumsi kombinasi makanan terlalu asin saat berbuka justru dapat memicu perut kembung.

Sebaiknya, hindari mengonsumsi makanan asin yang dipadukan dengan makanan tinggi garam lainnya saat berbuka puasa. Selain dapat membuat perut kembung, makanan terlalu asin juga bisa membuat kita cepat haus dan sakit kepala lho!

2. Kurma dan Susu

Berbuka puasa dengan kurma memang banyak manfaatnya, tapi jangan dibarengi dengan konsumsi susu. Ini bahayanya/Foto: food.detik.com
(Berbuka puasa dengan kurma memang banyak manfaatnya, tapi jangan dibarengi dengan konsumsi susu. Ini bahayanya/Foto: food.detik.com)

Sebagai salah satu sunah Rasulullah SAW, mengonsumsi kurma untuk berbuka puasa memang terbukti mendatangkan banyak manfaat. Namun agar tidak kembung, perlu kamu perhatikan kombinasi makanan lainnya usai kamu menyantap kurma.

Mengonsumsi kurma dibarengi dengan susu justru ternyata dapat membuat perut kembung. Bahkan, jika dilakukan dengan sembarangan, dua kombinasi ini bisa beracun dan membahayakan tubuh. Hindari ya!

3. Buah Setelah Makan Berat

Hindari makan buah untuk pencuci mulut atau setelah makan berat. Bisa memicu perut kembung setelah berbuka puasa/Foto: pexels.com/Mike Jones
(Hindari makan buah untuk pencuci mulut atau setelah makan berat. Bisa memicu perut kembung setelah berbuka puasa/Foto: pexels.com/Mike Jones)

Siapa sangka, buah bisa jadi salah satu makanan bikin kembung saat disantap pada waktu berbuka puasa. Perlu diperhatikan, jangan makan buah langsung setelah kamu makan makanan berat.

Apabila menyantap buah usai mengonsumsi makanan berat, kandungan gula dalam buah-buahan akan bercampur dengan protein serta lemak dari menu hidangan berat yang kamu santap. Akibatnya, tubuh perlu waktu lebih lama untuk mencerna makanan sehingga timbul rasa kembung.

4. Protein dan Tepung

Jangan kombinasikan makanan berprotein tinggi dengan tepung saat berbuka puasa. Bahaya picu perut kembung dan masalah pencernaan/Foto: pexels.com/Pixabay
(Jangan kombinasikan makanan berprotein tinggi dengan tepung saat berbuka puasa. Bahaya picu perut kembung dan masalah pencernaan/Foto: pexels.com/Pixabay)

Mengonsumsi hidangan kaya protein sebagai menu buka puasa memang baik. Namun, jangan kombinasikan protein dengan makanan bertepung.

Kombinasi protein dan tepung di waktu berdekatan bisa menyebabkan perut kembung karena kedua makanan ini membutuhkan tingkat keasaman berbeda untuk dicerna oleh tubuh. Jadi, hindari kedua kombinasi makanan ini ya Beauties.

5. Susu dan Jus Jeruk

Menyegarkan tapi bisa bikin kembung, jangan minum jus jeruk bareng susu saat buka puasa/Foto: pexels.com/Pixabay
(Menyegarkan tapi bisa bikin kembung, jangan minum jus jeruk bareng susu saat buka puasa/Foto: pexels.com/Pixabay)

Buka puasa sambil menikmati segelas jus jeruk tentu dijamin segarnya. Boleh-boleh saja minum jus jeruk, tetapi jangan dipadukan dengan susu ya, Beauties.

Rasa asam jeruk yang bercampur dengan susu bisa mengakibatkan perut terasa mual dan kembung. Bahkan jika dilakukan terus menerus akan memicu peradangan kronis. Mengonsumsi jus jeruk bersama dengan susu juga dapat menyebabkan bau mulut akibat pencernaan yang tidak sehat.

Melansir dari detikHealth, itulah beberapa kombinasi makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa karena dapat menyebabkan kembung. Beauties, selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan 2022 dengan sehat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id