sign up SIGN UP

Jadi Favorit Banyak Orang, Ini Asal Mula Makanan Pecel Lele, 'Pecel' yang Bukan Pecel!

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Jumat, 13 May 2022 08:00 WIB
Jadi Favorit Banyak Orang, Ini Asal Mula Makanan Pecel Lele, 'Pecel' yang Bukan Pecel!
Ilustrasi pecel lele/Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Beauties, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan pecel lele, bukan? Salah satu menu hidangan yang banyak ditemukan di pinggir jalan ini memang sungguh lezat dan menjadi favorit di hati masyarakat. Pasalnya, selain rasanya yang lezat, pecel lele juga tergolong ke dalam menu hidangan mengenyangkan dengan harga terjangkau.

Di balik kelezatan rasanya dan harganya yang murah itu, ternyata terdapat fakta menarik dari pecel lele. Yup, ternyata pecel lele bukanlah pecel pada umumnya yang disajikan dengan sambal kacang melainkan disajikan dengan sambal tomat, atau sambal merah terasi, atau juga ada yang disajikan dengan sambal bawang seperti penyetan.

Nah, kira-kira bagaimana asal mula pecel lele hingga bisa berbeda dengan pecel pada umumnya? Penasarankan, Beauties? Berikut asal mula pecel lele, "pecel" yang bukan pecel. Yuk, simak!

Asal Mula Pecel Lele

Butuh Rekomendasi Pecel Lele Paling Enak di Jakarta? Ini Listnya yang Bisa Kamu KunjungiIlustrasi pecel lele/ Foto: beautynesia

Sebagaimana yang dilansir dari detikFood, melalui sebuah cuitan Twitter @txtdrkuliner, asal mula pecel lele berawal dari hidangan bernama 'pecek lele' yang hanya dijual di daerah Lamongan, Jawa Timur dan sekitarnya pada tahun 1970-1980.

Kata 'pecek' dalam bahasa Jawa Timur berasal dari 'penyetan atau makanan (lauk) yang dipenyet dan diberi sambal'. Biasanya, makanan yang termasuk ke dalam pecek adalah tempe, tahu, ayam, terong, dan lain-lain.

Nah, seiring berjalannya waktu, para penjual pecel lele mulai bermigrasi dari Jawa Timur ke Jawa Tengah dan Jawa Barat, Beauties. Berkat adanya migrasi inilah, pecel lele ikut dikenal di berbagai daerah yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Ilustrasi pecak
Ilustrasi pecak/Foto: dok. detikFood

Namun, sayangnya di Jawa Barat sudah ada makanan yang memiliki nama hampir mirip dengan 'pecek lele', yaitu 'pecak' yang berarti ikan tawar yang digoreng atau dibakar, dan disiram kuah santan dengan bumbu campuran cabai dan kemiri. Sehingga, nama 'pecek lele' di Jawa Barat diganti dengan nama 'pecel'. Tujuannya adalah agar saat penyebutan nama tidak salah jenis makanan yang dimaksud.

Mengapa Pecel Lele Harus Ikan Lele?

20 Pecel Lele Lamongan Ada di SiniIlustrasi pecel lele/Foto: Dok. Instagram

Beauties, pernahkah kamu berpikir kenapa pecel lele harus menggunakan ikan lele? Kenapa tidak menggunakan ikan gurame, kakap, atau ikan lainnya? Nah, ternyata ada alasannya lho!

Pecel lele tidak bisa menggunakan sembarang ikan dan hanya bisa menggunakan ikan lele karena ikan lele punya ketahanan hidup yang lama sehingga masih segar sebelum dimasak. Lele sendiri ternyata juga memiliki keistimewaan, yaitu memiliki labirin di tubuhnya. Dengan adanya labirin inilah, ikan lele bisa tahan pada kondisi yang kekurangan oksigen.

Itulah alasan kenapa pecel lele harus menggunakan ikan lele, Beauties. Untuk sekarang ini, hidangan pecel lele menjadi sangat terkenal karena banyak dijual di berbagai daerah dan menjadi salah satu hidangan favorit di hati masyarakat.

Nah, gimana, Beauties? Menarik sekali ya asal mulanya? Kira-kira kamu termasuk orang yang menjadikan pecel lele sebagai hidangan favorit atau tidak?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id