STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Jaga Tubuh Tetap Sehat, Ini 7 Tips Diet Aman Saat Kasus COVID-19 Varian Omicron Melonjak

Tim Redaksi HaiBunda | Beautynesia
Kamis, 17 Feb 2022 16:30 WIB
Jaga Tubuh Tetap Sehat, Ini 7 Tips Diet Aman Saat Kasus COVID-19 Varian Omicron Melonjak

Beauties, kasus COVID-19 varian Omicron di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap harinya. Meski memiliki gejala yang lebih ringan dibanding varian lainnya, namun varian Omicron lebih cepat menular. Tidak bisa dianggap enteng, jika kamu tidak memiliki kepentingan yang mendesak, sebaiknya tetap beraktivitas di rumah saja.

Namun di sisi lain, berdiam diri di rumah ternyata bisa membawa risiko obesitas karena berbagai faktor, seperti makan berlebih atau kurang bergerak. Obesitas bisa menjadi faktor risiko tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke, dan kanker. Ini juga merupakan faktor risiko kematian akibat COVID-19. 

Untuk mencegah obesitas atau berat badan meningkat, kamu bisa melakukan diet sehat. Berikut 7 aturan diet sehat saat kasus varian Omicron melonjak tinggi, yuk simak!

Pertimbangkan Diet Intermittent Fasting (IF)

5 Tips Sukses Menjalani Diet Vegetarian Bagi Pemula/Foto:Freepik.com/SenivpetroIlustrasi diet/Foto: Freepik.com/Senivpetro

Ada banyak diet yang bisa kamu coba, namun salah satu diet aman dan sehat yang disarankan untuk dijalankan saat kasus varian Omicron melonjak tinggi adalah diet intermittent fasting (IF). Diet intermittent fasting tidak perlu memikirkan kalori atau nutrisi, kamu hanya perlu mengatur jadwal makan dan menargetkan pada makanan serta camilan sehat.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk mengurangi porsi makan. Hal ini bisa membantu untuk menjaga berat badan tidak bertambah.

"Bahkan diet Mediterania atau diet rendah karbohidrat membutuhkan perencanaan dan sebagian besar pasien saya tidak dapat memahaminya sekarang. Dengan intermittent fasting, Anda hanya makan beberapa jam sehari," jelas Kristin Kirkpatrick, pakar diet dari Cleveland Clinic, seperti dilansir dari WebMD.

Makan Tepat Waktu

Diet, lifestyleIlustrasi diet/Foto: Unsplash.com/Louis Hansel

Makan tepat waktu adalah salah satu kunci diet yang sukses. Sebab, makan tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditetapkan bisa mencegah untuk makan berlebih.

Meskipun kamu di rumah saja, terkadang mungkin kamu cenderung abai dengan jadwal makan karena sibuk bekerja. Atau sebaliknya, kamu malah makan berlebih karena bebas mengonsumsi makanan saat di rumah. Hal ini harus dihindari ya, Beauties!

Buatlah jadwal makan, kapan harus makan berat, camilan, atau bahkan minum kopi. Jika tidak mengikuti diet intermittent fasting, maka kamu bisa membuat jadwal makan sendiri.

Kurangi Konsumsi Garam

Air garam dipercaya bisa meredakan sakit gigiIlustrasi garam/Foto: Freepik/ Racool_studio

Dilansir dari situs WHO, kamu disarankan untuk membatasi asupan garam hingga 5 gram (1 sendok teh) sehari. Saat memasak, gunakan garam secukupnya saja dan kurangi penggunaan saos serta bumbu asin, seperti kecap asin, kaldu, atau kecap ikan.

Selain itu, penting pula untuk menghindari makanan cepat saji selama menjalankan program diet. Jika kamu ingin memasak makanan kaleng atau makanan cepat saji, pilihlah jenis yang tanpa tambahan gula buatan dan garam. Solusinya, kamu bisa menggunakan bumbu rempah-rempah dan pilih kandungan makanan yang memiliki natrium rendah.

Masih ada beberapa tips diet sehat dan aman lainnya yang bisa kamu jalankan selama kasus varian Omicron melonjak tinggi. Simak selengkapnya DI SINI ya, Beauties!

***

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE