sign up SIGN UP

Jangan Khawatir Gendut! Buat Sendiri Cemilan Sehat Ini Untuk Temani Waktu Luang

Astari Dewi Larasati | Kamis, 06 Aug 2020 22:00 WIB
Jangan Khawatir Gendut! Buat Sendiri Cemilan Sehat Ini Untuk Temani Waktu Luang
caption
Jakarta -

Memakan cemilan memang lezat dan menyenangkan apalagi jika disantap seorang diri. Namun perlu diingat bahwa kalori di dalam satu kemasan cemilan akan bikin  berat badan naik lho. Apalagi jika mengonsumsinya setiap hari dan makan di saat lapar. Cemilan yang dikonsumsi akan lebih banyak dari perkiraan.

Untuk mempertimbangkan kalori cemilan yang masuk ke tubuh, bisa dengan membuat cemilan sehat. Lebih bergizi, kalori yang terkandung lebih sedikit, dan tidak perlu khawatir gendut. Yuk buat cemilan sehat berikut ini untuk temani waktu luang.

Muffin cokelat sehat

Dibuat dengan manisan alami seperti pisang hingga gula kelapa.
Muffin cokelat sehat/pinterest.com/alexaldeborgh

Walaupun kelihatannya seperti muffin cokelat biasa namun bahan-bahan yang digunakan dapat menyehatkan tubuh lho. Muffin cokelat ini dimaniskan secara alami, dibuat dengan tepung terigu putih, dan punya tekstur yang lembut. Bahan manis alami disini adalah pisang, sirup maple, dan gula kelapa.

Sweet potato

Mempunyai rasa manis, asin, renyah, dan pedas kentang panggang ini mengenyangkan.
Sweet potato fries/pinterest.com/therecipecritic

Pilihlah kentang manis yang berwarna sedikit oranye sebagai bahan dasar, memiliki rasa manis, asin, renyah hingga pedas. Daripada mengolahnya dengan menggoreng, lebih baik untuk memanggang kentang. Untuk membumbui kentang ini sebaiknya dilakukan saat sudah dipanggang. Hal ini menghindari bumbu akan terbakar dan kehilangan rasa.

Smoothie pisang

Bahan dasar hanya satu yaitu pisang, tapi mengandung gizi yang banyak.
Smoothie pisang/freepik.com

Smoothie ini sangat cocok diminum untuk jadi cemilan atau sarapan. Pembuatannya juga mudah dan sederhana serta mengandung protein, serat hingga potasium. Namun jika ingin membuatnya lebih sehat bisa menambahkan buah dan sayuran. Jangan lupa untuk membekukan pisang sebelum diblender sehingga tidak perlu memakai es batu.

Bola kue lemon

Disebut sebagai bola energi karena mengandung protein yang tinggi.
Kue lemon/pinterest.com/leefunke

Ide cemilan sehat dan rasa lezat yang tidak perlu diragukan lagi. Terdiri dari kacang, buah kering, selai kacang, dan bubuk protein yang dibentuk menjadi bola. Adapula yang menyebutnya sebagai bola energi karena kandungan protein yang tinggi bisa didapatkan setelah mengonsumsi cemilan ini. Untuk cara menyimpannya bisa dimasukkan ke dalam freezer agar tahan lama bahkan sampai tiga bulan.

Apple almond butter bars

Hanya perlu lima bahan saja sudah dapat cemilan lezat dan sehat.
Apple almond butter bars/pinterest.com/foodfanatic

Cemilan ini tidak perlu bake, mudah dibuat, hanya perlu lima bahan saja, dan punya rasa asin-manis. Untuk membuat cemilan ini siapkan almond, cinnamon, apel kering lalu larutkan ke dalam air. Masukkan ke dalam oven yang sudah panas selama 10 menit. Jika sudah maka potong-potong menjadi lebih kecil sehingga mudah saat dikonsumsi.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id