STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Jangan Malas! Ini Sederet Manfaat Berjalan Kaki Selama 15 Menit untuk Kesehatan

Salsabila Pratiwi | Beautynesia
Rabu, 20 Jul 2022 09:15 WIB
Jangan Malas! Ini Sederet Manfaat Berjalan Kaki Selama 15 Menit untuk Kesehatan

Beauties, jika kamu punya waktu 15 menit, apa yang akan kamu lakukan? Well, ada cukup banyak hal yang bisa dilakukan dalam waktu 15 menit. Kamu bisa mempersiapkan sarapan, menghabiskan episode terakhir dari series yang ditonton hingga kembali tidur sebelum memulai banyak aktivitas.

Tapi untuk mendapatkan tubuh yang sehat, sebenarnya kamu bisa, lho, memanfaatkan 15 menit untuk berjalan kaki. Apa saja manfaat yang didapatkan dari berjalan kaki selama 15 menit? Dirangkum dari Eat This, Not That!, yuk, cari tahu!

Memperbaiki Mood

Jangan Malas! Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan dari Berjalan Kaki Selama 15 Menit
Memperbaiki Mood/Foto: pexels.com/Radu Florin

Sebuah studi dari Journal of Behavioral Medicine menemukan bahwa berjalan selama 10 sampai 15 menit membantu orang menjadi lebih tenang dan lebih santai. Hal ini didukung studi terbaru tahun 2016 dari jurnal Emotion yang menemukan bahwa berjalan kaki selama 10 hingga 12 menit membantu meningkatkan suasana hati seseorang.

Meningkatkan Kreativitas

Jangan Malas! Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan dari Berjalan Kaki Selama 15 Menit
Meningktakna Kreativitas/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Sebuah studi tahun 2014 dari Stanford University yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Psychology bereksperimen dengan membuat orang berjalan atau duduk dalam kondisi yang berbeda (seperti berjalan di luar, di atas treadmill atau duduk di dalam menghadap dinding kosong) selama 5 hingga 16 menit setiap kali.

Setelah sesi ini, peserta akan dinilai berdasarkan hasil kreativitas mereka melalui berbagai jenis tes. Para peneliti menemukan bahwa berjalan (di dalam atau di luar ruangan) meningkatkan ide kreatif lebih baik daripada duduk.

Berumur Panjang

Rahasia Panjang Umur Orang Tertua di DuniaIlustrasi/ Foto: Freepik/Freepik

Berjalan kaki selama 15 menit mungkin tidak terlihat seperti hal yang besar. Tetapi menit-menit yang diremehkan itu bermanfaat untuk kesehatan dan dapat membantu seseorang untuk berumur panjang, lho!

Sebuah studi tahun 2017 dari American Journal of Preventive Medicine menemukan bahwa orang yang berjalan hanya dua jam per minggu (kurang dari 15 menit per hari) memiliki risiko kematian yang lebih rendah daripada orang yang tidak melakukan gerakan sama sekali. 

Yuk, Perbanyak Lagi Langkahmu!

Jangan Malas! Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan dari Berjalan Kaki Selama 15 Menit
Memperbanyak Langkah/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Jika kamu berjalan dengan rata-rata 100 langkah per menit (kecepatan yang ideal untuk kesehatan, menurut New York Times), berjalan kaki 15 menit akan menambahkan hingga 1.500 langkah. Untuk pejalan kaki yang lebih bersemangat, target akan mencapai 1.950 langkah.

Berjalan kaki telah dikaitkan dengan semua jenis manfaat kesehatan, seperti kesehatan jantung yang lebih baik, peningkatan fungsi otak dan suasana hati, dan banyak lagi. Berjalan kaki juga bentuk kebugaran kardio yang baik untuk persendian. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk mulai sisihkan waktu 15 menit setiap hari untuk hidup yang lebih sehat!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE