STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Kamu Sudah Tahu? Ternyata Ini Daftar Makanan dan Minuman yang Tak Boleh Dimakan Bersamaan!

Melinda Anita Rachim | Beautynesia
Kamis, 18 Aug 2022 10:30 WIB
Kamu Sudah Tahu? Ternyata Ini Daftar Makanan dan Minuman yang Tak Boleh Dimakan Bersamaan!

Yummy, yummy, yummy siapa sih yang nggak doyan makan? Eits, terlepas dari doyan atau nggak doyan, makan merupakan suatu kebutuhan yang diperlukan tubuh kita, Beauties.

Agar tidak bosan dalam mengonsumsi makanan atau minuman sehari-hari, biasanya kita kerap menggonta-ganti menu makan dan minum atau bahkan mengkombinasikan berbagai makanan dan minuman agar mendapatkan rasa yang berbeda setiap harinya. Tapi kamu tahu nggak sih Beauties, ada beberapa makanan dan minuman yang ada baiknya kita hindari untuk dikombinasikan. Kenapa dan apa saja? Simak pembahasan berikut ini yuk!

Sayuran dan Susu 

Ilustrasi sayuran dan susu yang dibutuhkan tubuh
Ilustrasi Sayur dan susu/Foto: Pinterest.com/Zrnsevchenko & almond.milk

Hayo, siapa disini yang suka minum susu selepas makan sayur? Ternyata kombinasi kedua bahan ini ada baiknya dihindari atau bahkan diganti, Beauties.

Hal ini disebabkan karena zat kimia yang terkandung di dalam sayuran dapat menghambat aktivitas dan memberikan efek negatif terhadap penyerapan kalsium yang ada pada susu. Sayang banget kan, Beauties. Maksud hati ingin mendapatkan 2 manfaat sekaligus, tetapi malah nggak bisa.

Pisang dan Susu

Ilustasi buah pisang dan susu yang tidak boleh dikombinasikan
Ilustrasi Buah Pisang/Foto: Pinterest.com/delishably & hellovegie

Pisang dan susu merupakan salah satu menu alternatif favorit bagi mereka yang memiliki kesibukan padat merayap yang biasanya disajikan untuk sarapan. Sudah menjadi hal yang umum jika ada perpaduan 2 bahan ini untuk sarapan.

Tapi ternyata, kedua bahan ini sangat tidak disarankan untuk dikombinasikan lho, Beauties. Hal ini karena pisang dan susu akan menjadi menu yang berat dicerna oleh tubuh kita. Alhasil, karena sulit dicerna, hal ini akan memberikan efek rasa kembung dan begah pada perut kita.

Pun jika kita mengonsumsi keduanya dengan cara membuat smoothies, meski sudah dihaluskan, sangat disarankan untuk bisa menambahkan rempah atau bahan lainnya yang bisa membantu pencernaan.

Teh dan Susu

Ilustrasi teh dan susu hewani atau nabati yang tidak boleh dikombinasikan
Ilustrasi Teh & Susu/Foto: Pinterest.com/myteashack.com & almond milk

Saat ini, milk tea atau teh yang dipadu padankan dengan susu sedang amat populer. Kombinasi kedua jenis minuman ini memang memiliki rasa yang enak dan creamy. Tapi sayangnya, perpaduan antara kedua bahan tersebut kurang baik bagi tubuh kita lho, Beauties.

Seperti yang kita tahu, teh memang kaya akan antioksidan. Nah, sedangkan susu mengandung protein yang bisa mengikat antioksidan. Menambahkan susu hewani maupun nabati ke dalam teh akan membuat antioksidan yang baik bagi tubuh terikat oleh protein. Selain itu, susu akan kehilangan nutrisi kalsium karena kafein yang terkandung pada teh mencegah penyerapan kalsium.

Telur dan Susu Kedelai

Ilustrasi Susu kedelai dan telur yang baiknya tidak disarankan untuk dikombinasikan
Ilustrasi Susu kedelai dan telur/Foto: Pinterest.com/the burning kitchen & Etsy

Selain pisang dan susu, telur dan susu kedelai juga merupakan pasangan makanan favorit yang biasanya disantap pada saat jam sarapan. Keduanya memang sama-sama mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh, yaitu protein.

Eits, meski begitu kombinasi kedua bahan ini bisa membuat protein yang ada pada telur tidak terserap dengan baik. Hal ini disebabkan karena susu kedelai dapat mengurangi aktivitas enzim protease, yaitu enzim yang membantu tubuh menyerap nutrisi protein, sehingga penyerapan protein menjadi tidak maksimal karena terhambat.  

Itu tadi bahan makanan dan minuman yang tidak boleh saling dikombinasikan, seperti yang dilansir dari berbagai sumber. Nah sekarang udah tahu kan, Beauties. Semoga informasi tadi bermanfaat dan jangan lupa jaga pola makanmu untuk kesehatanmu, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE