STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Ingin Makan di Luar Sambil Tetap Turunkan Berat Badan? Ini 3 Rahasia yang Mudah Dicoba Menurut Ahli!

Nadya Quamila | Beautynesia
Selasa, 16 Aug 2022 09:30 WIB
Ingin Makan di Luar Sambil Tetap Turunkan Berat Badan? Ini 3 Rahasia yang Mudah Dicoba Menurut Ahli!

Ketika kamu bosan dengan masakan sendiri atau mungkin ingin mencari suasana baru, makan di luar memang menjadi pilihan menarik. Tidak perlu repot masak, kamu hanya perlu duduk manis sembari menunggu makanan favorit tiba. Namun ketika kamu sedang diet, makan di luar bisa menjadi tantangan tersendiri. Sebab, bisa jadi kamu 'kalap' dan terbawa emosi sehingga memesan makanan yang tidak sehat ataupun makan berlebih.

Eits, bukan berarti lantas kamu langsung mengurungkan niat untuk makan di luar ya, Beauties! Kamu tetap bisa menikmati makanan di restoran favoritmu bersama teman-teman, namun memang ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar tidak menyebabkan kenaikan berat badan.

Melansir dari Eat This, Not That!, seorang ahli gizi membagikan rahasia menikmati makan di luar namun tetap bisa sambil menurunkan berat badan. Yuk, simak!

Perhatikan Porsi Makan

Jangan Salah Sangka! Mengurangi Kalori Tidak Berarti Kamu akan Berhasil Menurunkan Berat BadanIlustrasi makan/Foto: Pexels.com/Adrienn

Salah satu tantangan makan di luar adalah kamu mungkin tergoda untuk memesan berbagai macam makanan atau menghabiskan satu porsi dalam sekali makan. Solusinya, menurut ahli gizi Lisa Young, PhD, RDN, cobalah untuk tidak menghabiskan makanan yang dipesan dalam sekali makan. Sebagai gantinya, cobalah untuk dibagi dan disantap dengan menu lain yang lebih sehat.

"Porsi yang disajikan restoran umumnya sangat besar, jadi jangan dihabiskan sekaligus. Pesanlah salad ekstra dan sayuran juga," ungkapnya.

Keuntungan lainnya, makanan yang kamu sisakan tersebut bisa dibawa pulang dan di makan di lain waktu.

Konsumsi Camilan Sehat Sebelum Makan di Luar

Close up of of smiling woman hands having a healthy breakfast at home with fruit and yogurt. Cheerful girl tasting yoghurt with blueberries and raspberries. Joyful woman enjoy fresh yogurt for lunch, wellbeing and diet concept.Ilustrasi makan yogurt/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Ridofranz

Beauties, pernahkah kamu merencanakan untuk tidak makan dahulu di rumah karena tahu akan makan di luar? Kebiasaan ini bisa berdampak buruk pada berat badan, lho! Karena menunda makan, kamu pun akhirnya jadi merasa sangat lapar. Akibatnya, kamu jadi terdorong untuk makan berlebih saat tiba di restoran.

"Kita sering kelaparan saat tiba di restoran [karena menunda makan]," kata Young.

Oleh karena itu, Young menyarankan untuk makan camilan sehat sekitar satu atau dua jam sebelum kamu makan di luar. Contoh camilan sehat yang bisa kamu konsumsi jika sedang diet adalah yogurt dengan topping buah berry, pisang dan selai kacang, apel, oatmeal, hingga telur rebus.

Intinya, jangan sampat melewatkan atau menunda makan hingga membuat kamu kelaparan hanya demi makan di luar ya, Beauties. Menurut penelitian yang diunggah di jurnal Nutrients, melewatkan makan dapat dikaitkan dengan penambahan berat badan.

Dahulukan Sup dan Salad

Salad sayuran dan buah/Foto: Pexels.com/Polina TankilevitchIlustrasi salad/Foto: Pexels.com/Polina Tankilevitch

Saat menunggu makanan utama, beberapa restoran biasanya menyajikan roti. Meskipun menggoda, ada pilihan lain yang bisa kamu konsumsi sembari menunggu makanan utama agar bisa menurunkan berat badan.

"Daripada makan roti, yang sering kita lakukan saat duduk di restoran dan menunggu hidangan utama tiba, pesanlah makanan pembuka yang sehat," kata Young.

Young menyarankan untuk menikmati salad dengan campuran sayuran atau sup berbahan dasar sayuran. Sayuran dapat membantu kamu kenyang lebih lama, sehingga mencegah untuk makan berlebih dan membantu menurunkan berat badan.

Beauties, itulah beberapa rahasia menikmati makan di luar namun tetap bisa menjaga berat badan. Selamat mencoba!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE