sign up SIGN UP

Kebiasaan Bersyukur Bisa Tingkatkan Kesehatan Jiwa dan Raga! Ini Penjelasannya

Shinta Nikmah | Jumat, 14 Jan 2022 12:00 WIB
Kebiasaan Bersyukur Bisa Tingkatkan Kesehatan Jiwa dan Raga! Ini Penjelasannya
Kebiasaan bersyukur bikin kamu sehat jiwa dan raga! / Foto: Freepik/ Lookstudio

Menurutmu mana yang tepat antara 'bersyukur karena diberi kesehatan' atau 'sehat karena sering bersyukur'?

Keduanya sebenarnya tepat lho, Beauties. Kamu memang perlu mensyukuri nikmat sehat yang kamu dapatkan dan dengan sering bersyukur, maka kesehatanmu akan bertambah.

Jika kamu ragu dengan fakta tersebut kamu bisa menyimak pernyataan dari Greater Good Magazine, bahwa orang-orang dari segala usia dan berbagai kebangsaan yang memiliki sifat lebih bersyukur dilaporkan lebih sedikit mengalami keluhan kesehatan daripada rekan-rekan mereka yang kurang bersyukur.

Bagaimana Bisa Rasa Syukur Tingkatkan Kesehatan Seseorang?

Bersyukur meningkatkan kesehatan
Bersyukur meningkatkan kesehatan/ Foto: freepik.com/jcomp

Sederhananya, bersyukur bisa meningkatkan kebahagiaan, dan kebahagiaan bisa meningkatkan kesehatan. Melansir dari laman Michigan News, peneliti dari Universitas Michigan dan Universitas California, telah membuktikan bahwa orang yang lebih bersyukur memiliki tekanan darah dan detak jantung yang lebih rendah, serta bisa lebih menghargai orang lain.

Lebih lanjut, dalam satu penelitian yang disebutkan oleh Greater Good, responden yang lebih bersyukur dilaporkan lebih sedikit mengalami masalah kesehatan (seperti sakit kepala, masalah pencernaan, infeksi pernapasan, dan gangguan tidur); di tempat lain, mereka dilaporkan juga lebih sedikit mengalami keluhan fisik (termasuk sakit kepala, pusing, sakit perut, dan hidung meler). 

Cara Membangun Kebiasaan Bersyukur

Membangun kebiasaan bersyukur
Membangun kebiasaan bersyukur/ Foto: freepik.com/wirestock

Bersyukur adalah hal yang tidak sulit dilakukan, namun sering luput dari rutinitas keseharian. Ketika kamu terhindar dari kesusahan, terkadang kamu baru teringat untuk bersyukur.

Dilansir dari Cleveland Clinic, ada 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun kebiasaan bersyukur di antaranya membuat jurnal rasa syukur, biasakan mengucap terima kasih, membantu orang lain, makan dengan pelan dan penuh rasa syukur, serta ambil napas sebanyak 5 kali setiap kali menghadapi stres.

Nah, sudah tahu manfaat bersyukur terhadap kesehatan bukan? Tunggu apa lagi, jangan lupa membuat jurnal untuk mensyukuri segala hal yang terjadi, semenjak kamu membuka mata di pagi hari, hingga kamu pergi tidur kembali. 

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id