sign up SIGN UP

Kenali 5 Jenis Perut Buncit dan Cara Mengatasinya! Sekalian Cek, Kamu Tipe yang Mana?

Zeyra Haya | Beautynesia
Kamis, 21 Oct 2021 07:30 WIB
Kenali 5 Jenis Perut Buncit dan Cara Mengatasinya! Sekalian Cek, Kamu Tipe yang Mana?
caption

Setiap orang pasti mengidamkan bentuk tubuh yang ideal. Tak jarang seseorang akan kehilangan kepercayaan dirinya akibat memiliki bentuk badan yang tidak proporsional. Salah satunya karena perut buncit.

Perut buncit identik dengan kegemukan dan berat badan berlebih. Berbagai cara atasi perut buncit seperti berolahraga, diet hingga prosedur sedot lemak kerap dilakukan banyak perempuan demi mendapat bentuk tubuh sempurna.

Namun tahukah kamu bahwa ternyata perut buncit memiliki banyak jenis? Cara mengatasinya pun berbeda-beda. Tipe perut buncit dibedakan atas penyebab munculnya kebuncitan.

Kenali 5 Jenis Perut Buncit dan Cara Mengatasinya

Banyak perempuan mengeluh karena usaha menghilangkan kebuncitan pada perutnya tak kunjung membuahkan hasil. Ternyata, hal ini disebabkan karena banyak dari kita yang belum mengetahui jenis-jenis dari perut buncit sehingga metode yang dilakukan tidak sesuai.

Beauties, kenali 5 jenis perut buncit beserta penyebab dan cara mengatasinya. Yuk simak informasinya!

1. Perut Buncit Stres

Tips Mengecilkan Perut Buncit/ Foto: pexels.com/Andres AyrtonStres berlebih bisa jadi pemicu perut buncit/ Foto: pexels.com/Andres Ayrton

Perut buncit stres berbentuk mencuat ke depan dan membentuk seperti top muffin menggantung dari bagian bawah payudara hingga di atas pinggang. Jenis perut buncit ini disebabkan oleh kondisi stres yang terus-menerus tanpa diikuti kegiatan fisik.

Cara mengatasinya adalah dengan mengurangi stres. Saat seseorang mengalami stres, cadangan lemak akan berkumpul pada perut bagian bawah dekat dengan liver. Untuk mengatasinya, pastikan waktu tidur cukup dan lakukan meditasi atau olahraga yang dapat menghilangkan stres seperti yoga.

2. Perut Buncit Kembung

Perut buncit kembung, salah satu jenis perut buncit akibat angin/Foto: pexels.com/Andres Ayrton
(Perut buncit kembung, salah satu jenis perut buncit akibat angin/Foto: pexels.com/Andres Ayrton)

Jenis perut buncit yang satu ini penyebab utamanya adalah angin. Tipe perut buncit ini mulanya datar di pagi hari dan akan mengembang seiring waktu, terutama setelah makan. Perut akan terlihat menonjol dan menggembung seolah terdapat balon di dalamnya.

Perut buncit kembung muncul akibat sembelit dan terlalu makan banyak. Hindari kebiasaan pemicu perut buncit ini seperti minum dari sedotan atau mengonsumsi makanan yang sulit dicerna tubuh.

3. Perut Buncit Pir

Disebabkan gangguan hormon, hindari perut buncit pir dengan konsumsi sayuran/Foto: freepik.com/katemangostar
(Disebabkan gangguan hormon, hindari perut buncit pir dengan konsumsi sayuran/Foto: freepik.com/katemangostar)

Ada kondisi dimana seseorang memiliki pinggang yang ramping namun mempunyai banyak lemak di bagian bawah perut sehingga perut terlihat seperti buah pir. Perut pir terjadi pada sebagian perempuan karena dominasi hormon estrogen.

Perut buncit jenis ini dapat diatasi dengan cara menghindari makanan tinggi lemak jenuh yang dapat memicu hormon estrogen. Konsumsi lebih sering biji-bijian dan sayuran berdaun hijau seperti bayam

4. Perut Buncit Ibu

Perut buncit setelah melahirkan? Jangan khawatir, atasi dengan olahraga teratur/Foto: pexels.com/Leah Kelley
(Perut buncit setelah melahirkan? Jangan khawatir, atasi dengan olahraga teratur/Foto: pexels.com/Leah Kelley)

Beauties, buat kamu yang baru saja melahirkan, jangan khawatir jika perutmu membuncit. Penyebabnya adalah selama kehamilan dan kelahiran, otot-otot perut terbagi sehingga rahim dan perut melebar mengikuti perkembangan bayi.

Normalnya, sebagian perut ibu akan kembali normal setelah 5 sampai 7 bulan pasca melahirkan. Cara mengatasi perut buncit pasca melahirkan adalah melakukan latihan dasar panggul dan olahraga yoga untuk memperkuat otot-otot dari dalam juga dapat membantu menghilangkan tonjolan dalam perut.

5. Perut Buncit Alkohol

Efek alkohol, perut buncit disebabkan akibat tumpukan lemak/Foto: freepik.com/jcomp
(Efek alkohol, perut buncit disebabkan akibat tumpukan lemak/Foto: freepik.com/jcomp)

Jenis perut buncit yang terakhir adalah perut buncit alkohol. Sudah sangat jelas, penyebab munculnya bentuk perut gendut dan menonjol pada bagian depan hingga pinggang ini adalah minuman keras dan pola makan tidak sehat.

Pembakaran lemak dalam tubuh akan tertunda setelah seseorang mengkonsumsi alkohol. Hal ini dikarenakan organ hati harus segera menghancurkan racun yang terdapat pada minuman keras. Cara atasi perut buncit jenis ini adalah dengan menghentikan konsumsi alkohol dan mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat olahan.

Beauties, itulah beberapa jenis perut buncit serta cara mengatasinya. Untuk menjaga bentuk tubuh tetap ideal, jagalah pola makan dan lakukan olahraga rutin ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id