STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Kiat Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Vagina, Mengonsumsi Yogurt Termasuk Lho!

Meuthia Khairani | Beautynesia
Kamis, 29 Sep 2022 06:30 WIB
Kiat Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Vagina, Mengonsumsi Yogurt Termasuk Lho!

Vagina adalah salah satu organ tubuh yang vital dan harus selalu terjaga kebersihannya. Kamu pasti sudah tahu bahwa vagina mempunyai banyak fungsi reproduksi, yakni mengeluarkan darah menstruasi dan menjadi jalan masuknya sperma ke dalam rahim.

Karena fungsinya yang begitu penting untuk tubuh kita, tentunya kita harus menjaga kebersihannya dari rasa gatal dan bengkak akibat infeksi jamur, bakteri, penyakit kulit dan kelamin, dan kanker serviks. Bagaimana caranya?

Simak tips menjaga kebersihan vagina di bawah ini ya, Beauties!

Pastikan Vagina Selalu Kering

Kiat menjaga kebersihan dan kesehatan vagina/Freepik/Drazen Zigic
Kiat menjaga kebersihan dan kesehatan vagina/Freepik/Drazen Zigic

Setelah buang air kecil, biasakanlah selalu membersihkan vagina dengan arah usapan dari depan ke belakang. Setelah itu, jangan lupa mengeringkan dengan handuk atau tisu yang lembut. Demikian seperti yang dilansir dari Everyday Health.

Jika kamu baru saja selesai berolahraga sampai berkeringat, atau setelah berenang, segeralah mengeringkan badan dan ganti celana dalammu dengan yang kering ya, Beauties!

Cerdas Memilih Bahan Pakaian

Ilustrasi vagina/Freepik/aghavni001
Kiat menjaga kebersihan dan kesehatan vagina/Freepik/aghavni001

Kelembapan merupakan penyebab utama timbulnya jamur, bakteri, dan penyakit pada vagina. Selain tips di atas, kamu juga sebaiknya memakai pakaian dalam dan celana yang longgar agar vagina masih bisa mendapatkan udara. Selain itu, kita juga perlu memakai pakaian dalam yang bisa mengatasi panas seperti katun dan kapas.

Hindari Bahan Pengharum

Ilustrasi vagina/Freepik/pvproductions
Kiat menjaga kebersihan dan kesehatan vagina/Freepik/pvproductions

Sebaiknya kamu tidak menggunakan pembalut, bedak, dan cairan pembersih kewanitaan yang mengandung bahan pengharum karena dinilai dapat mengganggu keseimbangan bakteri di vagina, Beauties. Apalagi bila jenis kulitmu sensitif.

Dilansir dari Web MD, produk pembersih kewanitaan juga bisa mengganggu keseimbangan bakteri di vagina, hingga menghilangkan bakteri baik yang seharusnya tetap ada di dalam tubuh untuk melawan infeksi.

Kalau organ intim tiba-tiba terasa gatal atau perih, lebih baik bila kamu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan obat yang cocok dan tidak membuat vaginamu semakin iritasi.

Konsumsi Yoghurt

Kiat menjaga kebersihan dan kesehatan vagina/Pexels/RODNAE Productions
Kiat menjaga kebersihan dan kesehatan vagina/Pexels/RODNAE Productions

Masih dari Web MD, mengonsumsi yoghurt dapat menambah bakteri baik yang efeknya adalah mencegah infeksi jamur pada vaginamu. Cara membersihkan vagina yang satu ini tentunya mudah dilakukan karena produk yoghurt berbagai rasa dan tekstur mudah ditemukan di mana saja.

---

 Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE