STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Bentuk Semangat Baru, 5 Self Improvement Ini Perlu Dilakukan Saat Kamu Dilanda Stres dan Rasa Ingin Menyerah!

Cynthia Claudia | Beautynesia
Sabtu, 15 Jan 2022 21:00 WIB
Bentuk Semangat Baru, 5 Self Improvement Ini Perlu Dilakukan Saat Kamu Dilanda Stres dan Rasa Ingin Menyerah!

Self improvement adalah sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas diri sendiri sebagai seorang individu agar menjadi lebih baik. Peningkatan kualitas diri bisa bermacam-macam, mulai dari meningkatkan kesehatan, pengembangan bakat, pengembangan diri untuk mencapai tujuan, meningkatkan kesadaran diri, dan-lain lain. 

Memasuki tahun yang baru, pastinya setiap dari kita berharap untuk meningkatkan kualitas diri agar mampu mencapai tujuan atau resolusi tahun baru. Berikut Beautynesia bagikan langkah-langkah self improvement yang bisa diikuti. Simak yuk!

1. Mulai Merencanakan Hal-hal yang Baru

self improvement
self improvement/ Foto: Pexels.com

Kegagalan merupakan hal wajar yang dialami oleh siapa pun. Namun, kegagalan yang dialami bukan merupakan alasan untuk menyerah. Setiap dari kita masih bisa bangkit dari kegagalan dengan menyiapkan rencana-rencana baru sebagai bentuk self improvement. 

Contohnya, jika Beauties mengalami permasalahan yang berat atau tugas berat yang harus dikerjakan, coba bagi penyelesaian masalah dan tugas tersebut ke langkah-langkah kecil yang bisa dilakukan setiap hari. Bagi ke langkah-langkah yang dapat terukur, agar memudahkan kita dalam meninjau seberapa jauh kita telah menyelesaikannya.

2. Evaluasi Kembali Tujuan Hidup Kita 

self improvement
self improvement/ Foto: Pexels.com/icon0com

Langkah self improvement yang selanjutnya adalah mengevaluasi tujuan hidup kita. Jika kita sebagai manusia tidak memiliki tujuan hidup, maka kemungkinan untuk menyerah  akan lebih besar karena kita cenderung merasa bahwa apa pun yang kita perjuangkan hanyalah sia-sia.

Mencari tujuan hidup kita bisa dimulai dengan mencari seorang mentor yang terpercaya. Mentor ini merupakan seorang ahli yang bisa membantu mengarahkan hidup kita agar lebih baik dan fokus pada tujuan. 

3. Memahami Kekuatan dan Kekurangan Diri Kita

self improvement
self improvement/ Foto: Pexels.com/ Garon Piceli

Ada saatnya ketika kita mengalami kegagalan, kita merasa bahwa diri sendiri tidak berguna. Pemikiran seperti ini juga membuat kita cenderung membanding-bandingkan pencapaian diri sendiri dengan orang lain. 

Namun, yang perlu diingat adalah setiap dari kita memiliki kekuatan dan kekurangannya masing-masing, Beauties. Maka, langkah self-improvement yang selanjutnya adalah memahami kekuatan dan kekurangan kita masing-masing. Fokuslah meningkatkan apa yang menjadi kekuatan kita, dan belajar meminimalisir dan menerima kekurangan kita.

4. Mengelilingi Diri Sendiri dengan Lingkungan yang Positif

self improvement
self improvement/ Foto: Pexels.com/ Tiger Lily

Berada di lingkungan yang positif tentunya akan membuat kita bersemangat dan termotivasi dalam hidup. Aura positif akan terpancarkan dalam lingkungan yang positif pula.

Namun, tidak semua individu dalam lingkaran kita merupakan sosok yang positif, Beauties. Maka, untuk memastikan bahwa kita bisa menumbuhkan self improvement yang baik dan benar, kita perlu menghindari individu toxic yang berpengaruh buruk.  

5. Bentuk Mindset yang Fokus pada Hasil, Bukan Proses

self improvement
self improvement/ Foto: Pexels.com

Mungkin kita sering diajarkan untuk mementingkan proses dibandingkan hasil. Namun, pemikiran ini ternyata kurang tepat lho, Beauties. Pemikiran ini justru membuka peluang untuk menyerah karena jika kita dihadapkan dengan proses yang sulit, kita cenderung berpikir kita tidak bisa melakukannya. 

Jika kita fokus pada hasil yang dicapai, sesulit apapun prosesnya, kita cenderung akan bersemangat untuk meraih hasil yang diinginkan. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE