sign up SIGN UP

Lawan Stigma Menstruasi Lewat #RevolusiMenstruasi, Nona Luncurkan Pembalut Organik yang Aman Digunakan Perempuan

Nadya Quamila | Beautynesia
Senin, 08 Aug 2022 13:00 WIB
Lawan Stigma Menstruasi Lewat #RevolusiMenstruasi, Nona Luncurkan Pembalut Organik yang Aman Digunakan Perempuan
caption
Jakarta -

Menstruasi adalah hal yang sangat natural bagi perempuan. Namun sayangnya, stigma mengenai menstruasi masih melekat di tengah masyarakat Indonesia. Tidak jarang pandangan "kotor" selama menstruasi menjadi momok tersendiri bagi perempuan Indonesia. Akibatnya, perempuan merasa malu hingga kurang edukasi soal menstruasi itu sendiri. 

Sebagai contoh, akibat rasa malu, banyak perempuan yang menggunakan kata 'halangan', 'dapat' atau 'datang bulan' untuk menggambarkan menstruasi. Menurut laporan UNICEF Indonesia, sebanyak 78 persen remaja perempuan dan juga ibu mencuci pembalut mereka sebelum dibuang karena ketakutan akan stigma "kotor" tersebut.

Selain itu, penelitian UNICEF Indonesia menemukan hanya sebagian perempuan mengganti pembalut mereka setelah 8 jam penggunaan. Bahkan, hampir semua remaja perempuan yang terlibat dalam penelitian tidak mengganti pembalut mereka selama di sekolah karena merasa malu.

Stigma yang masih mengakar di masyarakat ini tidak hanya berbahaya bagi mental perempuan, namun juga pada kesehatan akibat kurangnya edukasi. Melihat fenomena tersebut, mendorong platform kesehatan perempuan, Nona, untuk menciptakan gerakan untuk menghancurkan stigma serta tabu tersebut di tengah masyarakat, sekaligus menghadirkan pembalut yang aman bagi perempuan Indonesia.

Nona Angkat Kampanye #RevolusiMenstruasi, Apa itu?

Nona Angkat Kampanye #RevolusiMenstruasiNona Angkat Kampanye #RevolusiMenstruasi/ Foto: Dok. Nona

Fenomena stigma negatif soal menstruasi yang pada akhirnya merugikan kaum perempuan, membuat Nona berinisiatif meluncurkan sebuah kampanye bertajuk #RevolusiMenstruasi untuk menghadirkan pengalaman menstruasi yang lebih sehat serta mendobrak stigma yang ada di masyarakat.

Menurut Co-Founder Nona Nicole Jizhar, dampak dari stigma negatif dan tabu soal menstruasi sudah memengaruhi kualitas hidup perempuan Indonesia. Hal ini pada akhirnya dapat mengarah pada ketidaksetaraan gender di tengah masyarakat. Kini sudah saatnya untuk berani bersuara dan tidak berdiam diri untuk menghapus stigma soal menstruasi.

"Nona ingin mengajak seluruh perempuan Indonesia untuk memulai revolusi menstruasi. Kami berharap dengan lebih lantang berbicara mengenai menstruasi, kami bisa mengedukasi lebih banyak perempuan dan bahkan pria di tanah air. Dengan begitu, kita sama-sama dapat menghilangkan stigma negatif dan menciptakan pandangan baru bahwa menstruasi adalah proses yang normal dan patut dirayakan," ungkap Nicole Jizhar, Co-Founder Nona di acara 'Virtual Press Conference #RevolusiMenstruasi The Launch of Nona Woman Organic Pads' pada Jumat (5/8).

[Gambas:Instagram]

Nona juga menggandeng beberapa publik figur dalam kampanye #RevolusiMenstruasi, salah satunya Hannah Al Rashid. Alasan Hannah bergabung dalam kampanye tersebut adalah untuk menghapus tabu soal menstruasi yang masih ada di masyarakat.

"Memang benar, menstruasi adalah sesuatu yang dialami banyak perempuan, dan the fact ada pembahasan dan edukasi dari sebuah brand soal isu ini sangat penting. Sangat penting untuk kita mulai membongkar tabu yang ada supaya pengetahuan soal kesehatan reproduksi bisa lebih luas lagi dan bisa dipahami lebih banyak orang supaya tidak ada tabu lagi," tuturnya.

Kampanye #RevolusiMenstruasi untuk Lawan Period Poverty

Virtual Press Conference #RevolusiMenstruasi The Launch of Nona Woman Organic PadsVirtual Press Conference #RevolusiMenstruasi The Launch of Nona Woman Organic Pads/ Foto: Tangkapan Layar

Misi utama dibalik kampanye #RevolusiMenstruasi dan peluncuran Nona Organic Pads adalah untuk melawan period poverty. Sebelumnya, Nona juga sudah melakukan beberapa inisiatif untuk mengurangi period poverty di Indonesia seperti edukasi gratis yang mudah dipahami di saluran digital seperti podcast Nona Chats, aplikasi Nona Woman dan artikel di situs web. Nona juga melakukan Lokakarya Pendidikan (workshop) untuk universitas serta melakukan edukasi dan donasi pembalut yang dapat digunakan kembali untuk masyarakat di daerah pedesaan kurang mampu di Papua.

"Terciptanya Nona adalah untuk mendobrak tabu yang begitu menonjol di Indonesia. Banyak produk perawatan menstruasi sulit dibeli oleh perempuan Indonesia. Bagi kami, period care and education should not be a luxury. Ini adalah hak dasar kemanusiaan bagi semua perempuan. Misi Nona yang terutama adalah untuk mengatasi period poverty di Indonesia. Cara kami adalah dengan menyediakan produk perawatan menstruasi yang organik, aman, dan lebih terjangkau. Selain itu, kami ingin mengedukasi dan meningkatkan pengetahuan perempuan Indonesia mengenai menstruasi. Sehingga, mereka dapat memiliki pengalaman menstruasi yang lebih sehat dan nyaman," ungkap Monica Pranatajaya, Co-Founder Nona.

Nona Luncurkan Pembalut Organik yang Aman untuk Perempuan

Nona Organic PadsNona Organic Pads/ Foto: Dok. Nona

Sebagai bentuk dukungan kepada perempuan Indonesia dalam memerangi stigma negatif terkait menstruasi, Nona resmi meluncurkan Nona Organic Pads. Pembalut organik ini merupakan pembalut yang dirancang dengan khusus dan telah melewati berbagai uji coba. Pembalut dari Nona berbahan dasar natural, organik, dan terlebih vegan dan cruelty-free. Nona Organic Pads dibuat dari kapas organik Amerika, tanpa pewarna, klorin, wewangian buatan, paraben, dan PEG sehingga aman digunakan.

Nona Organic Pads memiliki beberapa lini produk, yaitu:

  1. Nona Pantyliners, harga Rp33 ribu
  2. Regular Pads (24,5 cm), seharga Rp42.700
  3. Long Pads (28,5 cm), seharga Rp45.300
  4. Overnight Pads (33,0 cm) dengan harga Rp44.200.

Hannah Al RashidHannah Al Rashid/ Foto: Dok. Nona

Selain pembalut, Nona juga menghadirkan sabun pembersih area kewanitaan yang anti-bacterial, natural, dan aman digunakan untuk kulit sensitif yaitu Nona Intimate Wash yang dibanderol dengan harga Rp94.400,-. Menariknya, sejalan dengan misi Nona, sebagian keuntungan dari pembelian Nona Organic Pads akan didistribusikan untuk membantu perempuan Indonesia yang belum memiliki akses terhadap perawatan serta edukasi terkait menstruasi melalui mitra komunitas Nona.

Nona Organic Pads dan produk Nona lainnya bisa kamu dapatkan mulai tanggal 8 Agustus 2022 melalui situs resmi Nona, aplikasi resmi Nona Woman, dan kanal e-commerce lain seperti Tokopedia dan Shopee. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa cek di Instagram Nona, yaitu @nonawoman, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id