sign up SIGN UP

Makan Tengah Malam Bisa Bikin Berat Badan Naik Signifikan, Mitos atau Fakta?

Nadya Quamila | Beautynesia
Senin, 09 May 2022 23:30 WIB
Makan Tengah Malam Bisa Bikin Berat Badan Naik Signifikan, Mitos atau Fakta?
caption
Jakarta -

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan berat badan naik. Beberapa di antaranya seperti pola makan yang tidak sehat, jarang berolahraga, penyakit tertentu, dan lain-lain. Selain itu, banyak yang percaya bahwa makan tengah malam dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang signifikan.

Tidak hanya makanan yang disantap, memperhatikan jam makan juga sama pentingnya. Menurut sebuah studi dari The American Journal of Clinical Nutrition, menyantap makanan tengah malam dapat mempengaruhi berat badan.

Lantas, benarkah makan tengah malam bisa bikin berat badan naik? Simak penjelasannya berikut ini.

Makan Tengah Malam Bisa Bikin Berat Badan Naik, Benarkah?

Berat badan naik ketika puasa/foto: freepik.com/jcompIlustrasi berat badan/Foto: Freepik.com/jcomp

Studi dari The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa makan tepat sebelum waktu tidur di malam hari dapat menyebabkan berat badan bertambah. Para peneliti mengikuti pola makan 110 mahasiswa dan menemukan bahwa ada hubungan antara onset melatonin, yaitu waktu tubuh manusia mulai memproduksi melatonin, hormon tidur utama, dan indeks massa tubuh.

Temuan mereka menunjukkan bahwa orang yang makan lebih dekat dengan waktu mereka tidur memiliki indeks massa tubuh dan persentase lemak tubuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang makan lebih awal.

"Kami menemukan bahwa waktu asupan makanan relatif terhadap onset melatonin, penanda malam biologis seseorang, dikaitkan dengan persentase lemak tubuh dan indeks massa tubuh yang lebih tinggi, dan tidak terkait dengan waktu, jumlah, atau komposisi asupan makanan," ungkap penulis dan peneliti di Divisi Gangguan Tidur dan Sirkadian di Brigham and Women's Hospital, Andrew H. McHill, PhD, dikutip Eat This Not That! dari Medical Xpress.

Jangan percaya mitos, makan malam tidak membuat perut jadi buncit/Foto: freepik.com/tirachardzIlustrasi makan tengah malam/Foto: Freepik.com/tirachardz

Sederhananya, McHill menyatakan bahwa jam tidur biologis seseorang memiliki lebih banyak pengaruh pada penambahan berat badan daripada waktu sebenarnya. Makan di sekitar waktu normal pergi tidur, apakah itu jam 8 malam. atau tengah malam, akan menyebabkan seseorang mengalami kenaikan berat badan, menurut temuan penelitian.

Namun, para peneliti mencatat bahwa lebih banyak penelitian perlu dilakukan untuk mengonfirmasi hasil tersebut. Studi ini hanya berfokus pada demografi kecil dan tidak mewakili seluruh populasi dalam hal diet dan ritme jam tubuh.

Aturan Jam Makan yang Bikin Berat Badan Naik

makan porsi kecil/ foto: https://unsplash.com/@wildlittlethingsphotoIlustrasi makan/Foto: /unsplash.com/@wildlittlethingsphoto

Dikutip dari Healthline, menurut siklus sirkadian, waktu di malam hari adalah untuk istirahat, bukan untuk makan. Jika kamu makan di malam hari dan mendekati waktu beristirahat, kamu akan cenderung makan lebih banyak dan mengonsumsi kalori ekstra. Seiring waktu, kelebihan kalori dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Tidak hanya membuat kamu cenderung makan lebih banyak, jenis makanan yang dikonsumsi di larut malam kemungkinan besar tidak sehat dan padat kalori. Misalnya keripik, soda, makanan instan, es krim, dan lainnya.

Ada beberapa alasan mengapa kamu jadi memilih makanan yang tidak sehat untuk dikonsumsi tengah malam. Pertama, mungkin sulit dan tidak praktis jika harus mengonsumsi makanan sehat. Akibatnya, kamu memilih makanan yang mudah didapat atau diolah namun tidak sehat.

Kedua, emotional eating adalah faktor lain yang menyebabkan pilihan makanan menjadi tidak sehat di malam hari. Sangat penting untuk membedakan antara rasa lapar yang sebenarnya dan makan karena stres, kecemasan, kebosanan, atau kesedihan.

Ketiga, amarah telah dikaitkan dengan peningkatan asupan makanan dan keinginan untuk makanan berkalori tinggi. Ini mungkin karena perubahan hormonal yang mempengaruhi nafsu makan selama kurang tidur.

Apa yang Harus Dilakukan?

Jangan abaikan sarapan! Kebiasaan skip sarapan justru bisa merusak otak/Foto: pexels.com/George MiltonIlustrasi sarapan/Foto: Pexels.com/George Milton

Kesimpulannya, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk mengetahui apakah benar makan di tengah malam bisa menambah kenaikan berat badan. Namun, penelitian menunjukkan bahwa kamu yang makan di larut malam biasanya membuat pilihan makanan yang lebih buruk dan makan lebih banyak kalori, yang akhirnya dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Jika kamu merasa lapar setelah makan malam, pilihlah makanan padat nutrisi dan minuman rendah kalori. Kamu mungkin juga bisa mencoba untuk makan sarapan berkalori tinggi atau konsumsi camilan sehat sepanjang hari untuk mengatur nafsu makan dan mencegah makan di larut malam.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id