sign up SIGN UP

Makan Terlalu Banyak Bikin Susah BAB? Coba Cara Ini Biar Pencernaan Lancar!

Anindya Milagsita | Beautynesia
Selasa, 17 May 2022 06:00 WIB
Makan Terlalu Banyak Bikin Susah BAB? Coba Cara Ini Biar Pencernaan Lancar!
caption

Lebaran bagi beberapa rumah selalu identik sama berbagai suguhan camilan maupun kudapan yang berlimpah. Nggak hanya sampai di situ, ada berbagai menu lebaran yang nikmat untuk disantap. Momen ini pun tak jarang bikin sebagian orang cenderung memakan apapun yang disajikan. Adakah di antara kamu yang juga melakukannya, Beauties?

Kebiasaan ini sebenarnya boleh-boleh saja dilakukan asalkan nggak berlebihan. Ini karena makan terlalu banyak melebihi kapasitas dan mencampur adukkan berbagai menu bisa memicu masalah kesehatan. Salah satunya sembelit alias susah buang air besar.

Susah BAB tentu nggak nyaman dan seringkali bikin nafsu makan hilang. Buat kamu yang mungkin mengalaminya, jangan khawatir. Ada cara mengatasi susah BAB secara alami yang bisa dilakukan di rumah. Simak selengkapnya lewat artikel berikut!

Penuhi Asupan Serat

Memenuhi asupan serat dengan mengonsumsi wortel, pepaya, ataupun apel.
Cara mengatasi susah buang air besar secara alami/freepik/jcomp

Mengalami sembelit atau konstipasi salah satunya bisa terjadi karena asupan serat di dalam tubuh yang kurang. Buat mengatasinya bisa mengonsumsi berbagai makanan yang kaya akan serat, Beauties. Seperti saat momen setelah Lebaran kali ini, cobalah menambahkan menu makanan dengan kandungan serat untuk disantap.

Makanan kaya akan serat bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi wortel, apel, sampai pepaya. Melansir dari Women Health Magazine, ahli gastroenterologi bernama Christine Lee, MD mengungkap makanan kaya akan serat punya kandungan lebih banyak air yang bisa ditarik ke dalam usus besar saat proses pencernaan. Kondisi ini pun bisa membantu dalam meringankan dan mencegah sembelit.

Hidrasi Tubuh dengan Baik

Memenuhi asupan cairan dengan mengonsumsi air putih sesuai jumlah yang dianjurkan.
Cara mengatasi susah buang air besar secara alami/freepik/tawatchai07

Selanjutnya, memastikan asupan cairan tubuh terpenuhi dengan baik juga harus diperhatikan saat ingin membantu pencernaan menjadi lebih lancar. Tubuh yang dehidrasi atau kekurangan cairan ternyata bisa menjadi penyebab terjadinya sembelit, Beauties. Pastikan kamu mengonsumsi air putih sesuai anjuran minimal 8 gelas sehari, ya.

Lakukan Olahraga Ringan

Melakukan olahraga ringan untuk membantu agar pencernaan bisa lebih lancar.
Cara mengatasi susah buang air besar secara alami/freepik/benzoix

Aktif bergerak dengan melakukan olahraga ternyata memberikan manfaat baik bagi kesehatan pencernaan, Beauties. Salah satunya membantu mengatasi sembelit. Buat kamu yang tengah mengalaminya, cobalah untuk melakukan olahraga ringan secara rutin tiap harinya.

Olahraga ini bisa berupa jalan-jalan atau jogging di sekitar lingkungan tempat tinggal, bersepeda, ataupun senam di dalam rumah. Masih melansir dari laman yang sama, saat tubuh bergerak metabolisme pun akan meningkat. Kondisi ini mendukung motilitas usus agar bisa bekerja lebih baik.

Tambahkan Menu Lemak Sehat

Menambahkan menu lemak sehat seperti alpukat, minyak zaitun untuk bantu lancarkan pencernaan.
Cara mengatasi susah buang air besar secara alami/freepik/freepik

Mengalami sembelit bukan berarti kamu harus berhenti mengonsumsi apapun. Meskipun tak nafsu makan, pastikan kamu memenuhi asupan nutrisi harian, ya. Buat membantu pencernaan lebih lancar, kamu bisa mencoba menambahkan lemak sehat dalam menu makanan, Beauties.

Seperti dikutip dari Prevention, makanan dengan lemak sehat bisa berupa selai kacang, alpukat, minyak zaitun, juga minyak ikan yang kaya akan asam lemak omega-3. Berbagai pilihan menu sehat ini ternyata dapat membantu proses pencernaan dengan cara lemak melumasi usus yang memungkinkan feses bergerak lebih mudah untuk keluar dari tubuh.

Konsumsi Makanan Probiotik

Mengonsumsi probiotik untuk membantu lancarkan pencernaan.
Cara mengatasi susah buang air besar secara alami/freepik/jcomp

Kalau sebelumnya ada makanan berserat, kali ini kamu bisa membantu pencernaan lebih lancar dengan menyantap makanan dengan kandungan probiotik. Probiotik sendiri dikenal sebagai mikroorganisme yang berperan besar pada tubuh sebagai penyeimbang bakteri mikrobiota usus.

Salah satu makanan sehat dengan probiotik yang bisa dikonsumsi adalah yogurt. Masih dikutip dari laman yang sama, seorang ahli gastroenterologi bernama Rudolph Bedford, M.D mengungkap makanan berfermentasi yang kaya akan probiotik seperti asinan, yogurt, ataupun bila perlu, konsumsi suplemen probiotik --dengan terlebih dulu berkonsultasi dengan ahlinya, juga dapat mendukung kesehatan usus secara keseluruhan.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id