sign up SIGN UP

Makin Mudah Terdeteksi, Ini Ciri-ciri Kolesterol Tinggi yang Bisa Ditunjukkan Lewat Mata!

Tim Redaksi CNBC | Beautynesia
Rabu, 20 Apr 2022 23:15 WIB
Makin Mudah Terdeteksi, Ini Ciri-ciri Kolesterol Tinggi yang Bisa Ditunjukkan Lewat Mata!
caption
Jakarta -

Kolesterol tinggi merupakan sumber berbagai penyakit berbahaya di dalam tubuh. Jantung, stroke, dan darah tinggi adalah beberapa penyakit yang kerap dikaitkan dengan tingginya kadar kolesterol dalam darah.

Kolesterol tinggi adalah kondisi di mana kolesterol dalam darah sudah melebihi kadar normal. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui kadar kolesterol di dalam tubuhmu.

Memicu kolesterol tinggi hingga obesitas, ini bahaya grilled food jika terlalu sering dikonsumsi/Foto: pexels.com/SkitterphotoIlustrasi kolesterol. (Foto: pexels.com/Skitterphoto)

Cara umum yang biasa dilakukan ialah pemeriksaan darah. Pengambilan sampel darah yang diperiksa di laboratorium bisa menunjukkan kadar kolesterol pada tubuh seseorang.

Namun, rupanya ada cara lain yang lebih alami dan mudah untuk mengetahui kadar kolesterol yang tinggi dalam darah, yaitu melalui mata kita sendiri. Yaps! Dihimpun dari SehatQ yang dikutip oleh CNBC Indonesia, kolesterol tinggi ditandai dengan munculnya plak atau endapan kekuningan di mata.

Penyebab mata berair/Foto: freepik.com/javi_indyMata petunjuk kolesterol. (Foto: freepik.com/javi_indy)

Kondisi ini yang disebut sebagai xanthelasma ini menunjukkan plak kekuningan sebagai pertanda bahwa kadar lipid dalam darah cukup tinggi.

Ciri-ciri xanthelasma di mata adalah sebagai berikut:

  • Konsistensinya kental
  • Menumpuk di balik kelopak mata bagian atas dan bawah
  • Mengandung kolesterol
  • Simetris antara mata dan hidung
  • Terakumulasi dari waktu ke waktu
Penyebab mata berair/Foto: instagram.com/drtangeyecareIlustrasi mata. (Foto: instagram.com/drtangeyecare) 

Kendati tidak mengganggu fungsi penglihatan dan tidak berbahaya, jika dibiarkan, kondisi ini bisa memburuk dan menyebabkan rasa nyeri serta tidak nyaman di mata.

Biasanya, dokter yang mengalami hal ini akan memeriksa riwayat medis dan pemeriksaan visual untuk dilakukan penanganan pada xanthelasma. Berikut ini adalah beberapa cara penanganan pada mata kuning akibat kolesterol tinggi.

1. Bedah eksisi

Sesuai dengan namanya, penanganan ini merupakan prosedur yang dilakukan dengan membuang saluran yang menimbulkan plak kekuningan melalui proses bedah. Proses penyembuhan berlangsung sekitar empat minggu.

2. Kauter

Penasaran dengan penanganan yang satu ini? Simak ulasannya DI SINI, yuk!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id