sign up SIGN UP

Maksimalkan Waktu Istirahatmu dengan Secangkir Teh di Malam Hari

Nubira Maisty | Beautynesia
Sabtu, 19 Jun 2021 21:00 WIB
Maksimalkan Waktu Istirahatmu dengan Secangkir Teh di Malam Hari
caption

Teh dikenal mengandung senyawa Theophylline dan L-Theanine yang sama-sama memiliki fungsi untuk menenangkan. Kedua senyawa tersebut dapat ditemukan di semua jenis teh mulai dari teh hijau, teh hitam hingga teh merah. Salah satu teh merah yang paling terkenal dapat memberi efek tenang sesaat setelah dikonsumsi adalah teh rooibos.

Teh hijau, teh hitam dan teh merah memiliki manfaat untuk menenangkan.
Berbagai Jenis Teh/Sumber: Freepik.com

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Stellenbosch menunjukkan bahwa teh rooibos dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Teh rooibos juga efektif dalam membantu memperbaiki pola tidur dan kualitas istirahat. Kortisol atau biasa dikenal sebagai hormon stres mampu ditekan dengan berbagai cara salah satunya dengan antiokisdan.

Penyebab mengapa teh rooibos ini efektif dalam menangani stres dan cemas yaitu karena teh rooibos mengandung senyawa aspalathin dan nothofagin yang keduanya merupakan antioksidan kuat. Semakin rendah kadar kortisol dalam tubuh, semakin rendah juga kadar stres dan cemas pada tubuh kita. Jika kondisi tubuh dalam keadaan tenang, maka otomatis pola tidur dan kualitas istirahat pun membaik.

Kandungan antioksidan dalam teh rooibos dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.
Teh Rooibos mampu membantu tidur lebih nyenyak/Sumber: Pexels.com

Selain aspalathin dan nothofagin, ternyata teh rooibos juga mengandung magnesium dan kalsium . Berdasarkan penelitian, mineral magnesium dah kalsium sangat berperan dalam tidur malam yang nyenyak. Otak akan menggunakan kalsium untuk memproduksi hormon tidur. Hormon tidur dikenal sebagai melatonin, semakin banyak melatonin pada tubuh maka kualitas tidur semakin meningkat, atau singkatnya tidurmu akan semakin nyenyak.

Di sisi lain, ternyata penyebab insomnia atau kesulitan tidur yang dialami oleh banyak orang khususnya anak muda yaitu karena kekurangan magnesium. Kekurangan magnesium umumnya disebabkan karena pola makan yang kurang sehat seperti kekurangan asupan sayuran hijau, kacang-kacangan dan buah-buahan. Tentu hal ini sangat berhubungan dengan kehidupan di masa sekarang dimana lebih banyak tempat makan yang menawarkan makanan siap saji ketimbang makanan sehat yang kaya akan gizi seperti magnesium tersebut.

Magnesium juga berfungsi sebagai penenang karena dapat membantu memperlancar darah dan sistem saraf sehingga tubuh akan terasa lebih rileks. Dari pemaparan di atas, apakah kamu tertarik untuk mencoba secangkir teh rooibos sebelum tidur nanti? Beri komentar di bawah ini ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id