BILLBOARD
970x250

Memiliki Serat yang Tinggi, 6 Makanan Ini Ampuh Atasi Sembelit

Ratih Dewi | Beautynesia
Sabtu, 16 Apr 2022 20:30 WIB
Memiliki Serat yang Tinggi, 6 Makanan Ini Ampuh Atasi Sembelit

Sembelit merupakan keluhan umum yang sering dirasakan banyak orang. Buang air besar kurang dari tiga kali per minggu, kotoran mengeras, tidak mampu buang air besar, adalah gejala-gejala umum pada sembelit. 

Sering kali sembelit disebabkan karena pola makan yang buruk, dehidrasi, atau konsumsi obat-obatan tertentu. Untungnya, sembelit dapat diatasi dengan mudah, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan kaya akan serat, seperti yang dilansir dari laman Verywell Health.

Melansir dari beberapa sumber, berikut makanan yang dapat mengatasi sembelit dengan mudah: 

1. Popcorn 

Popcorn
Popcorn/Foto : pexels.com/Patrícia Paixao

Tidak hanya sebagai camilan ketika menonton film, nyatanya kandungan serat pada popcorn dapat mengatasi sembelit. Hal ini dikarenakan popcorn rendah kalori dan memiliki banyak serat di dalamya dan menjadi obat sembelit yang efektif, seperti yang dilansir dari laman WebMD

Namun perlu diperhatikan juga mentega atau garam yang sering kali menjadi topping popcorn. Terlalu banyak mentega atau garam dapat mengurangi manfaat dari popcorn tersebut. 

2. Ubi Jalar

Ubi Jalar
Ubi Jalar/Foto : pexels.com/Ela Haney

Mengutip dari laman Medicinenet, satu ubi jalar dengan kulitnya yang berukuran sedang mengandung sekitar 3,8 gram serat yang dapat membantu memperlancar proses dari sistem pencernaan. 

Kandungan serat yang tinggi pada ubi jalar dapat mencegah dan membantu meredakan sembelit. Kulit dari ubi jalar mengandung sebagian besar dari serat, oleh karena itu ketika dipanggang atau diolah, jangan membuang kulit dari ubi jalar ya, Beauties. 

3. Buah Plum

Buah Plum
Buah Plum/Foto : pexels.com/Polina Kovaleva

Buah plum mengandung sekitar 3 gram serat per 1/4 porsi dan banyak digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi sembelit. Serat pada buah plum yaitu selulosa dapat meningkatkan kadar air pada tinja dan memperlancar proses pembuangan. 

Selain itu, senyawa fenolik yang terkandung pada buah plum dapat menyehatkan usus dan mengobati sembelit. Buah plum dapat dimakan langsung atau diolah dalam bentuk salad, sereal, ataupun smoothie. Demikian yang dilansir dari laman Healthline

4. Roti Gandum

Roti Gandum
Roti Gandum/Foto : pexels.com/Marta Dzedyshko

Hindari mengkonsumsi tepung putih atau nasi putih untuk mengatasi sembelit. Sebagai gantinya, coba konsumsi roti gandum yang kaya akan serat dan rendah lemak. Roti gandum yang kaya akan serat dapat menjaga kesehatan usus dan jantung. Demikian yang dilansir dari laman Everyday Health.

Selain roti gandum, beras merah, gandum hitam, oatmealquinoa menjadi alternatif makanan yang dapat mengatasi sembelit dan cocok untuk diet. 

5. Kacang-kacangan

Kacang-Kacangan
Kacang-Kacangan/Foto : pexels.com/George Becker

Dilansir dari laman Women's Health, kacang-kacangan memberikan kombinasi serat larut dan serat tidak larut, yang dapat mengencerkan kotoran dan mempermudah proses pembuangan. Selain itu, serat pada kacang-kacangan juga memberi makanan bakteri baik pada usus dan menjaga sistem pencernaan tetap sehat. 

6. Brokoli dan Bayam

Brokoli dan Bayam
Brokoli dan Bayam/Foto : pexels.com/Polina Tankilevitch

Brokoli mengandung sulforaphane yang merupakan zat untuk memperlancar proses pencernaan dan melindungi usus. Zat tersebut juga dapat membantu mencegah tumbuhnya beberapa mikroorganisme usus yang dapat mengganggu sistem pencernaan, demikian seperti yang dilansir dari laman Medical News Today.

Selain itu sayuran hijau seperti bayam dapat membantu menambah massa pada kotoran dan membuatnya lebih mudah melewati usus lho, Beauties.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE