STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Mengenal Diet Okinawa ala Jepang: Rahasia untuk Hidup Sehat dan Panjang Umur Sampai 100 Tahun

Galih Konain Tata | Beautynesia
Selasa, 25 Oct 2022 06:45 WIB
Mengenal Diet Okinawa ala Jepang: Rahasia untuk Hidup Sehat dan Panjang Umur Sampai 100 Tahun

Kita semua pasti tahu bahwa diet membawa banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Selain untuk membentuk gaya hidup yang lebih sehat, menjaga berat badan tetap proporsional, juga untuk membuat kita panjang umur. Sama seperti budaya diet Okinawa yang dilakukan oleh penduduk di sebuah wilayah di Jepang. 

Wilayah Okinawa, yakni kumpulan beberapa pulau di selatan Jepang, menjadi salah satu wilayah yang warganya hidup lebih dari 100 tahun. Rentang usia yang panjang ini adalah hasil dari kebiasaan diet sehat mereka dan memilih makanan-makanan apa saja yang layak untuk mereka konsumsi.

Kali ini Beautynesia akan membahas tentang apa itu diet Okinawa dan apa saja yang mereka konsumsi untuk mendapatkan manfaat baiknya. Simak ulasannya di bawah ini! 

Apa Itu Diet Okinawa? 

Diet Okinawa/ Foto: Pexels/ Anna Tarazevich
Diet Okinawa/ Foto: Pexels/ Anna Tarazevich

Diet Okinawa mengacu pada pola makan tradisional orang-orang yang tinggal di pulau Okinawa, Jepang.  Pola makan dan gaya hidup unik inilah yang membuat mereka mempunyai umur yang lebih panjang, bahkan sampai usia 100 tahun lho.

Sejak 1975, para ilmuwan telah meneliti penduduk Okinawa untuk memahami alasan di balik rentang hidup mereka yang panjang.  Banyak yang mengamati bahwa makanan tradisional Okinawa memainkan peran penting dalam kesehatan dan umur panjang mereka.

Makanan yang mereka konsumsi sebagian besar terdiri dari sayuran dan kacang-kacangan, terutama kedelai, karena rendah kalori dan lemak, tinggi serat, dan termasuk karbohidrat kompleks.

Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Menu makanan diet/ Foto: Pexels/ Roman Odintsov
Menu makanan diet/ Foto: Pexels/ Roman Odintsov

Nggak seperti orang Jepang pada umumnya, penduduk Okinawa lebih sedikit mengonsumsi nasi putih. Sumber kalori utama mereka berasal dari ubi jalar, biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran.

Selain itu, mereka juga kerap mengonsumsi kedelai, pare (goya), jamur shiitake, burdock, teh melati, rumput laut, dan berbagai bumbu dan rempah-rempah seperti kelor dan kunyit.

Sebagian besar karbohidrat dalam diet Okinawa berasal dari sayuran, dengan jumlah yang lebih kecil dari buah-buahan dan biji-bijian.  Mereka juga mengonsumsi buah acerola dengan kandungan tinggi vitamin C dan antioksidan.

Nggak lupa, mereka rutin konsumsi jeruk nipis Okinawa atau shikwasa yang kaya akan polifenol dan antioksidan.

Diet Okinawa tidak mengandung tambahan gula atau pemanis buatan, kecuali tebu Okinawa, yang direbus untuk membuat gula merah dan juga digunakan untuk mendorong pencernaan yang sehat.

Diet/ Foto: Pexels/ Mikhail Nilov
Diet/ Foto: Pexels/ Mikhail Nilov

Warga Okinawa juga cukup jarang mengonsumsi daging babi dan susu. Ikan dikonsumsi dalam jumlah sedang, serta mereka menghindari untuk meminum minuman beralkohol. 

Nggak hanya dari pola makan, kebiasaan lain yang membuat penduduk Okinawa tetap sehat sampai usia tua adalah tetap aktif bergerak dan terbiasa duduk di lantai.

Mereka seringkali duduk di lantai untuk melakukan banyak aktivitas sehari-hari, mulai dari makan, beristirahat, membaca, dan berkumpul bersama orang terkasih.

Wah, nggak ada salahnya kebiasaan ini mulai kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari ya, Beauties. Mengingat banyaknya manfaat yang kita dapatkan, diet dan gaya hidup sehat Okinawa bisa jadi pilihan untuk kita yang ingin punya umur panjang dan tetap sehat di usia tua.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!  

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE