STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Dear Beauties, Ternyata Ini Beragam Efek Samping Minum Kopi Saat Lagi Menstruasi

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Senin, 24 Oct 2022 05:00 WIB
Dear Beauties, Ternyata Ini Beragam Efek Samping Minum Kopi Saat Lagi Menstruasi

Kopi memang menjadi minuman favorit bagi banyak orang, termasuk kaum perempuan. Namun, asupan kopi harus diperhatikan saat perempuan sedang on period atau menstruasi.

Sebab, terdapat banyak efek samping minum kopi yang dapat timbul saat kamu sedang menstruasi, salah satunya kualitas tidur kamu akan menjadi buruk. Karena ketika menstruasi, tubuh kamu sebagai perempuan akan sangat sensitif.

Dilansir dari detikFood, ini dia efek samping minum kopi saat menstruasi. Yuk simak!

1. Kualitas Tidur yang Buruk

Kualitas Tidur yang Buruk
Kualitas Tidur yang Buruk/Foto: Freepik.com/Tirachardz

Saat menstruasi, tubuh seorang perempuan seringkali lebih cepat merasa nyeri, kaku, dan lelah. Hal ini karena perubahan hormonal yang memiliki efek samping pada seluruh tubuh.

Pada masa ini, tubuh membutuhkan istirahat yang cukup dan berkualitas. Salah satunya yaitu tidur yang nyenyak. Minum kopi lima jam sebelum tidur membuat tubuh sulit beristirahat. Kafein dalam kopi dapat mempengaruhi kualitas tidur yang dibutuhkan saat menstruasi.

2. Mood Tidak Stabil

Bad Mood
Bad Mood/Foto: Freepik.com/Benzoix

Dikutip dari detikHealth, efek samping minum kopi saat menstruasi bisa menyebabkan mood naik turun. Sebab, kopi memengaruhi pusat saraf dan menyebabkan lonjakan adrenalin tidak terkendali.

Beberapa perempuan saat menstruasi mungkin mengalami cemas dan gelisah, stres, hingga depresi. Dalam kondisi seperti itu, para ahli kesehatan menyarankan untuk menghindari kopi untuk mencegah gejala semakin parah.

3. Menghambat Pencernaan

Menghambat Pencernaan
Menghambat Pencernaan/Foto: Freepik.com/Katemangostar

Selama menstruasi, rongga perut menghasilkan hormon prostaglandin yang membuat otot perut berkontraksi. Hormon ini bisa diperparah dengan asupan kafein yang berlebihan saat menstruasi.

Akibatnya, kram perut dan sembelit semakin parah, feses sulit melewati perut, dan perut menjadi penuh. Bahkan jika pencernaan tersumbat, kafein meningkatkan metabolisme tubuh yang membuat semakin banyak limbah menumpuk dan tidak dapat dikeluarkan.

4. Menyebabkan Dehidrasi

Menyebabkan Dehidrasi
Menyebabkan Dehidrasi/Foto: Freepik.com/Jcomp

Dikutip dari detikHealth, kafein menyebabkan dehidrasi sehingga menimbulkan rasa resah dan tidak nyaman saat menjelang menstruasi. Kopi membuat kamu buang air kecil lebih sering.

Kopi bersifat diuretik, sehingga para ahli menyarankan untuk menghindari kopi sebanyak mungkin. Sifat diuretik yang dimaksud yaitu kafein bisa membuat kamu lebih sering buang air kecil, sehingga lebih banyak cairan yang terbuang.

5. Menstruasi Tidak Teratur

Menstruasi Tidak Teratur
Menstruasi Tidak Teratur/Foto: Freepik.com/Freepik

Dikutip dari Eat This Not That!, beberapa orang minum kopi sebagai pengganti makanan sebagai cara yang tidak sehat untuk menurunkan berat badan, dan ini dapat memengaruhi siklus menstruasi.

Abby Vichill, MS, RDN, LD, seorang ahli diet untuk FWDfuel Sports Nutrition mengatakan bahwa tanda kamu terlalu banyak minum kopi yaitu ketidakteraturan menstruasi, khususnya tidak mendapatkan siklus bulanan.

Nah Beauties, itu dia deretan efek samping yang dapat terjadi pada kamu jika kamu mengonsumsi kopi saat sedang periode menstruasi. Sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi kopi saat menstruasi ya. Demi kesehatan tubuh kamu. Semoga bermanfaat!

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE