STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Selain Nasi Putih, 5 Makanan Tinggi Karbohidrat Ini Terbukti Sehat dan Mengenyangkan untuk Perut!

Aqillah Diaz Rahmadyani | Beautynesia
Jumat, 21 Oct 2022 06:45 WIB
Selain Nasi Putih, 5 Makanan Tinggi Karbohidrat Ini Terbukti Sehat dan Mengenyangkan untuk Perut!

Karbohidrat merupakan komponen nutrisi dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi untuk bisa beraktivitas dengan baik. Sebagai salah satu nutrisi yang penting untuk tubuh, karbohidrat memiliki fungsi untuk memproduksi glukosa atau bahan bakar bagi tubuh. Namun, beberapa orang justru menghindari konsumsi karbohidrat karena karbohidrat dapat menaikkan berat badan, serta dapat mempengaruhi kondisi kesehatan lainnya. 

Hal yang perlu diperhatikan ketika makan adalah seberapa besar porsi karbohidrat yang akan dikonsumsi karena kebutuhan setiap orang berbeda-beda tergantung usia. Dilansir dari Healthline, berikut beberapa makanan tinggi karbohidrat yang sehat dan aman bagi tubuh. Simak yuk!

1. Oat

Oat / foto : pexels.com/FoodieFactor
Oat / foto : pexels.com/FoodieFactor

Oat merupakan biji-bijian yang sehat dan merupakan sumber makanan yang memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan. Oat memiliki kandungan 70% karbohidrat, serta sumber protein yang relatif baik dan merupakan sumber makanan yang mengandung lebih banyak protein dari biji-bijian lainnya.

Kandungan serat dalam oat dapat membuatmu kenyang lebih lama, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, serta dapat mengontrol kadar gula darah. Mengonsumsi oat juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan juga dapat membantu menurunkan berat badan. 

2. Buah Pisang

Pisang / foto : pexels.com/DomJ
Pisang / foto : pexels.com/DomJ

Pisang merupakan buah yang memiliki rasa manis dan tentunya pisang memiliki kandungan karbohidrat sehat. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan serat yang baik untuk melancarkan pencernaan, serta kandungan vitamin B6 dan C, serta kandungan senyawa lain yang bermanfaat bagi tubuh.

Kandungan potasium dalam buah pisang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Menurut para ahli, buah pisang memiliki kandungan zat pati yang dapat membantu mengontrol gula darah sekaligus menjaga kesehatan usus. 

3. Buah Apel

Apel / foto : pexels.com/ElizabethTr
Apel / foto : pexels.com/ElizabethTr

Buah apel terkenal dengan campuran rasa manis dan asam. Tidak hanya dapat dikonsumsi dengan di jus, tetapi buah apel dapat dijadikan smoothies atau dapat dimakan secara langsung sebagai sumber karbohidrat.

Kamu bisa menambahkan buah apel di beberapa hidangan, seperti salad. Buah apel ternyata juga memiliki kandungan sumber vitamin C, antioksidan, serta serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah apel dapat dikonsumsi ketika sarapan karena buah ini dapat mengganjal perut yang lapar di pagi hari dan tentunya buah apel dapat menurunkan risiko penyakit kanker. 

4. Blueberry

Blueberry / foto : veeterzy
Blueberry / foto : veeterzy

Blueberry merupakan buah yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sebagian besar dari buah ini terdiri dari air dan mengandung vitamin C serta vitamin K yang dapat memelihara kesehatan kulit, menjaga daya tahan tubuh, mencegah perdarahan, serta dapat menjaga kesehatan tulang. Selain itu, juga mengandung vitamin B6 dan vitamin E yang berperan penting dalam memelihara fungsi kesehatan saraf dan mendukung pembentukan darah. 

Buah blueberry mengandung serat, mineral, dan karbohidrat kompleks yang mana karbohidrat dalam buah blueberry merupakan jenis karbohidrat yang sehat. Oh ya ternyata mengonsumsi buah blueberry juga dapat mencegah penuaan dini, lho!

5. Ubi Jalar

Ilustrasi ubi jalarIlustrasi ubi jalar/ Foto: Freepik.com/jcomp

Ubi jalar adalah makanan tinggi karbohidrat yang cocok disajikan dengan berbagai makanan lainnya. Ubi jalar ukuran sedang mengandung 27 gram karbohidrat.

Selain itu, ubi jalar juga memiliki kandungan kaya vitamin A, vitamin C, dan potasium. Kandungan antioksidan dalam ubi jalar juga dapat membantu menetralkan radikal bebas yang berbahaya di sel untuk melindungi tubuh dari penyakit kronis. Kamu bisa mengonsumsi ubi jalar dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, atau bisa kamu jadikan olahan kue dan nggak perlu tambahan gula lagi ya!

Nah, setelah kamu mengetahui beberapa makanan tinggi karbohidrat yang baik untuk tubuh kini kamu nggak perlu takut untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi karbohidrat meskipun sedang diet, kan? Hanya saja kamu harus lebih memerhatikan dan memilih sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. 

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE