STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Mengenal Sugar Craving, Keinginan Makan Manis Berlebihan yang Bisa Picu Berbagai Penyakit, Bagaimana Cara Menghentikannya?

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Rabu, 05 Oct 2022 07:45 WIB
Mengenal Sugar Craving, Keinginan Makan Manis Berlebihan yang Bisa Picu Berbagai Penyakit, Bagaimana Cara Menghentikannya?

Makanan manis dengan gula tambahan hampir bisa ditemukan di mana saja. Tak hanya makanan, gula tambahan juga bisa dijumpai dengan mudah dalam berbagai minuman kekinian, seperti teh, kopi dan boba yang tengah digemari anak muda. 

Mengonsumsi makanan dan minuman manis memang dapat memberikan sensasi menyenangkan dan membantu meningkatkan mood positif. Namun tanpa disadari, kebiasaan ini juga bisa menyebabkan ketagihan hingga memicu 'sugar craving' yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Apa Itu Sugar Craving?

sugar craving
Kebiasaan makan manis yang menyebabkan sugar craving/Foto: Freepik/Wayhomestudio

Sugar craving adalah kondisi saat seseorang mengalami adiksi atau ketagihan terhadap makanan dan minuman manis. Mengutip dari Healthlinesebuah tinjauan penelitian di tahun 2018 mengungkapkan sugar craving terbentuk dari faktor kebiasaan dan sudah sangat umum dijumpai di masyarakat.

Mengonsumsi makanan manis yang tinggi gula bisa memberikan efek ketagihan karena dapat melepaskan dopamin dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan merasa lebih 'senang' dan 'tenang' sehingga memicu otak untuk semakin menginginkan asupan gula lebih banyak.

Nah, jika kamu terus menerus mengikuti keinginan otak untuk mengonsumsi makanan manis lebih banyak, hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan karena asupan gula yang berlebihan dapat menyebabkan risiko-risiko penyakit, seperti meningkatnya kadar gula darah, menyebabkan obesitas, kanker hingga ancaman penyakit jantung. 

Penyebab Sugar Craving

sugar craving
Mengonsumsi gula berlebih memicu sugar craving/Foto: Freepik/Lookstudio

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penelitian menunjukkan sugar craving disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan manis yang lama-kelamaan menimbulkan rasa 'adiktif' pada otak. Namun selain itu, ada pula beberapa hal lainnya yang bisa menjadi penyebab kondisi ini:

  • Kurang tidur dan stres, saat kamu sedang kurang tidur dan stres, tubuh merespon dengan mengeluarkan hormon kartisol yang dapat meningkatkan keinginan untuk makan manis. Ada pula hormon ghrelin atau hormon pengatur rasa lapar yang dilepaskan tubuh ketika kamu sedang stres. Sementara menurut studi di tahun 2015 menunjukkan kondisi stres dapat meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi makanan enak yang mengandung gula tambahan dan lemak.
  • Pemanis buatan, pemanis buatan memiliki rasa yang jauh lebih manis dibanding gula asli. Oleh karena itu, saat kamu terbiasa dengan mengonsumsi pemanis buatan, keinginan untuk mengonsumsi makanan yang lebih manis menjadi lebih kuat. 

Mengatasi Sugar Craving

menghentikan sugar craving
Mengatasi sugar craving/Foto: Freepik/Freepik

Nah, jangan sampai keterusan ya, Beauties. Berikut ada beberapa kiat yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan sugar craving!

1. Jalani Pola Makan Sehat

Kamu dapat menahan keinginan ngemil makanan manis dengan menjaga tubuh kenyang lebih lama. Caranya, perbanyak asupan makanan utuh dan kaya protein, seperti kacang-kacangan, dada ayam, telur dan ikan.

Selain bisa menahan sugar craving, menjaga pola makan tetap sehat juga bisa membantu menurunkan berat badan. 

2. Lebih Banyak Bergerak

Melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga atau sekadar berjalan kaki dapat melepaskan endorfin yang membuatmu merasa 'bahagia' dan 'merasa lebih baik'. Hal ini bisa membantu mengalihkan pikiran dari keinginan mengonsumsi makanan-makanan manis.

3. Jauhi Pemicu Sugar Craving

Untuk menghindari sifat adiktif gula, mulailah membatasi jumlah asupan makanan manis, terlebih yang mengandung pemanis buatan. Selain itu, kamu juga perlu menghindari faktor penyebab sugar craving dengan mencukupi kebutuhan tidur dan menerapkan manajemen stres. 

4. Memilih Sumber Gula yang Lebih Sehat

Bagaimana pun, gula tetap dibutuhkan tubuh untuk menyediakan energi. Namun kamu perlu memerhatikan bahwa batasan asupan gula yang sehat adalah 50 gram atau 4 sendok makan per hari. Selain itu, kamu juga dapat mengganti sumber asupan gula dengan yang lebih sehat seperti madu, stevia maupun buah-buahan.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE