sign up SIGN UP

Mengenal Ultra-Low Fat Diet, untuk Menurunkan BB Sekaligus Cegah Banyak Penyakit Berbahaya

Debby Diah Ekawati Erawan | Beautynesia
Kamis, 04 Aug 2022 21:30 WIB
Mengenal Ultra-Low Fat Diet, untuk Menurunkan BB Sekaligus Cegah Banyak Penyakit Berbahaya
Yuk, cari tahu tentang ultra low-fat diet/Foto: Freepik

Kalau ditanya soal tujuan diet, kebanyakan memiliki tujuan yang sama, untuk menurunkan berat badan. Tapi, yang perlu diingat adalah tidak semua jenis diet cocok dipraktikkan oleh kita

Sudah menjadi tugas kita untuk mengetahui jenis diet yang mana yang bisa kita aplikasikan. Bicara soal diet, Beauties pernah nggak, sih, mendengar atau membaca tentang ultra-low fat diet? If you didn’t know about it yet, let’s find out!

Apa itu Ultra-Low-Fat Diet?

Apa Itu Ultra Low Fat Diet/Foto: Freepik
Apa Itu Ultra Low Fat Diet/Foto: Freepik/

Dilansir dari Healthline, ultra-low-fat diet atau yang disebut juga dengan very low fat diet memiliki aturan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 10% kalori dari lemak, cenderung rendah protein dan sangat tinggi karbohidrat dengan persentase masing-masing sekitar 10% dan 80% kalori harian. Diet ini biasanya berfokus mengonsumsi plant-based dan membatasi konsumsi produk hewani seperti daging, produk olahan susu, dan telur.

Produk nabati yang memiliki kandungan lemak tinggi seperti alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun, meski dianggap makanan yang menyehatkan tubuh juga menjadi pantangan untuk diet ini. Meski begitu, hasil penelitian menunjukkan bahwa diet ini memiliki dampak yang baik untuk mengatasi beberapa kondisi yang serius.

Manfaat Ultra-Low-Fat Diet

Manfaat ultra-low-fat diet/Foto: Freepik/benzoix
Manfaat ultra-low-fat diet/Foto: Freepik/benzoix

Berdasarkan hasil penelitian, berbagai manfaat yang bisa didapatkan selain menurunkan berat badan adalah bisa berdampak untuk mengatasi diabetes, penyakit jantung, sklerosis ganda, dan obesitas. Bahkan menurut data dari Medindia, diet ini juga efektif untuk mengatasi peradangan jangka panjang pada sendi (rheumatoid arthritis) dan kondisi pembuluh limfe tersumbat (intestinal lymphangiectasia).

Apa Efek Samping dari Diet Ini?

Konsultasikan dengan Ahli Gizi/Foto: Freepik
Konsultasikan dengan Ahli Gizi/Foto: Freepik

Meski memiliki berbagai manfaat kesehatan, tapi tentu saja diet ini juga memiliki efek samping yang ditimbulkan, misalnya kekurangan gizi. Memantau kecukupan gizi dalam diet sangat diperlukan, sebab pembatasan asupan lemak yang parah berpotensi menyebabkan defisiensi asam lemak esensial yang berbahaya bagi kesehatan.

Jika Beauties ingin mencobanya, pastikan sudah mencari tahu lebih lanjut dan dikonsultasikan dengan ahli untuk mengetahui diet mana yang tepat dan menyesuaikan dengan kondisi tubuhmu, supaya kesehatanmu tetap terjaga, ya!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id