sign up SIGN UP

Kebiasaan Makan Sehat dari 5 Negara Ini Bisa Jadi Inspirasi Menu Diet, Tertarik Cobain Salah Satunya?

Lynisa Hidayah | Beautynesia
Sabtu, 23 Jul 2022 13:00 WIB
Kebiasaan Makan Sehat dari 5 Negara Ini Bisa Jadi Inspirasi Menu Diet, Tertarik Cobain Salah Satunya?
caption

Selain olahraga yang teratur, pola makan sehat bisa memengaruhi kesehatan kamu di kemudian hari. Apalagi kalau kamu lagi diet, makan sehat dan olahraga teratur menjadi faktor utama paling berdampak dengan keberhasilan diet kamu.

Dihimpun dari Insight Guides, kebiasaan makan sehat dari beberapa negara ini bisa kamu tiru untuk menambah variasi menu diet. Selain itu, dengan kebiasaan makan mereka ini diharapkan kamu jadi lebih semangat untuk diet. Nah, supaya tidak penasaran, yuk intip di bawah ini!

1. Jepang

Jepang
Ilustrasi salmon/Foto: freepik.com/freepik

Jepang salah satu negara dengan pola hidup paling sehat. Pasalnya, mereka rutin mengonsumsi makanan mentah yang dinilai lebih baik untuk kesehatan.

Negara Matahari terbit ini memiliki beribu pulau dengan ikan yang terbaik bisa mereka olah setiap harinya. Selain ikannya yang segar-segar, Jepang juga punya sayur, buah, dan daging dengan kualitas terbaik. 

Mereka juga selalu menerapkan kebiasaan berhenti makan setelah merasa kenyang atau 80% kebutuhan tubuh sudah tercukupi. Kebiasaan makan orang Jepang inilah yang membuat mereka dikenal memiliki umur panjang. Nah, dari kebiasaan makan mereka bisa kamu jadikan referensi untuk menu diet.

2. Thailand

Thailand
Ilustrasi makanan Thailand/Foto: pexels.com/Jana Ohajdova

Kalau Jepang memiliki kebiasaan sehat dari makanan seafood, Thailand memiliki kebiasaan sehat dari makanan yang mengandung rempah-rempah, seperti kunyit, jahe, serai, hingga ketumbar. Selain itu, mereka juga selalu seimbangi kebutuhan makanan dengan vitamin dan nutrisi dari buah-buahan segar.

Makanan kaya rempah dari Thailand ada beragam jenis yang bisa menjadi menu diet kamu. Sebut saja Tom Yum, yang memiliki varian isi ikan dan udang serta kuah segar dari serai, jeruk, lengkuas, hingga perasan jeruk nipis. Menu dengan citarasa kuah asam segar ini bisa bermanfaat untuk menjaga stamina dan pencernaan tubuh. 

3. Prancis

Perancis
Ilustrasi makanan/Foto: pexels.com/Mikhail Nilov

Prancis juga memiliki kebiasaan makanan sehat yang bisa kamu tiru. Walaupun mereka terkenal dengan pastry dan dessert yang sangat menggoda, orang Prancis memakan semuanya dengan secukupnya.

Mereka juga punya pola hidup untuk tidak terburu-buru saat makan sehingga makanan akan lebih mudah dicerna oleh tubuh. Lalu, mereka pun memiliki kebiasaan makan makanan segar berkualitas tinggi serta menghindari makanan cepat saji. 

4. Swedia

Swedia
Orang Swedia suka makan sayur/Foto: pexels.com/Karolina Grabwska

Swedia merupakan negara yang memiliki harapan hidup tertinggi. Hal ini dipicu karena mereka aktif dalam berbagai kegiatan dan sangat memerhatikan kebutuhan makanan mereka.

Orang Swedia mengonsumsi berbagai makanan setiap harinya. Mulai dari sayuran, daging, buah-buahan, serta roti gandum untuk sarapan. Semua makanan mereka olah secara seimbang sehingga berat badan tetap terjaga dan tidak berlebih mengonsumsi gula maupun garam.

5. Vietnam

Vietnam
Ilustrasi Pho/Foto: pexels.com/RODNAE Productions

Makanan Vietnam kaya dengan rempah dan cabai. Salah satu makanan paling popular mereka adalah Pho.

Php dibuat dari kuah kaldu bening dengan topping mie, daging sapi, sayuran, dan bawang-bawangan yang kaya akan nutrisi dan anti-oksidan. Selain menyegarkan, Pho dibuat dari bahan-bahan menyehatkan yang bisa menjadi salah satu menu untuk diet.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id