STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Menurut Ahli, 6 Makanan Ini Tidak Boleh Dibeli saat Sedang Diskon! Wah, Kenapa?

Retno Anggraini | Beautynesia
Jumat, 04 Nov 2022 20:00 WIB
Menurut Ahli, 6 Makanan Ini Tidak Boleh Dibeli saat Sedang Diskon! Wah, Kenapa?

Tidak sedikit orang yang akan kalap belanja ketika melihat barang-barang yang sedang diskon. Apalagi jika barang-barang tersebut memang barang yang dibutuhkan, seperti makanan. Namun perlu diketahui, makanan yang diberi label diskon sering kali mendekati masa kedaluwarsa, yang bisa saja membuat kamu sakit ketika mengonsumsinya.

Menurut Maria Marlowe, seorang ahli nutrisi dan penulis The Real Food Grocery Guide, membeli bahan makanan karena diskon bisa meningkatkan risiko kesehatan karena kemungkinan akan segera kedaluwarsa. Berikut 6 jenis bahan makanan yang sebaiknya tidak kamu beli saat sedang diskon dilansir dari Eat This Not That!.

Buah dan Sayuran Potong

Makanan yang tidak boleh dibeli saat diskon
Buah potong/Foto: Pexels.com/John Diez

Menurut Marlowe, ketika buah dan sayuran potong diberi label diskon, kemungkinan besar akan mendekati masa kedaluwarsa. Itu sebabnya mengapa buah dan sayuran potong lebih baik segera dikonsumsi hari itu juga setelah membelinya. Namun jika kamu ingin mengonsumsinya nanti, sebaiknya hindari membeli buah dan sayuran potong.

Daging

Makanan yang tidak boleh dibeli saat diskon
Daging/Foto: Pexels.com/Angele J

Dalam produk hewani, kualitas adalah kunci utama. Jangan pernah tertarik membeli banyak daging ketika sedang diskon. Marlowe menyarankan untuk mengeluarkan budget sedikit lebih banyak untuk membeli daging organik karena kualitasnya yang baik.

Namun jika kamu menemukan daging berkualitas tinggi yang diberi label diskon dan masa kedaluwarsanya masih jauh, tidak apa-apa untuk membelinya. "Saya sering membeli daging berkualitas tinggi yang diberi label diskon meski masa kedaluwarsanya masih jauh, " kata Leah McGrath, RD sekaligus Corporate Dietitian Ingles Market.

Makanan Laut yang Dibudidayakan

Makanan yang tidak boleh dibeli saat diskon
Ilustrasi salmon budidaya/Foto: Pexels.com/Valeria Boltneva

"Makanan laut liar adalah pilihan yang lebih sehat karena biasanya lebih sedikit terkontaminasi PCBs atau Polychlorinated Biphenyls dibandingkan makanan laut yang dibudidayakan. Selain itu, mereka lebih rendah kalori dan minyak jenuh dibandingkan makanan laut yang dibudidayakan," kata Marlowe.

Makanan laut liar juga biasanya jauh lebih bergizi. Misalnya salmon liar memiliki kandungan omega-6 dan omega-3 yang lebih ideal, sedangkan salmon yang dibudidayakan mengandung omega-6 yang lebih tinggi di mana kandungan ini tidak ideal.

Telur

Makanan yang tidak boleh dibeli saat diskon
Telur/Foto: Pexels.com/Pixabay

Meskipun telur adalah makanan pokok yang relatif murah untuk disimpan di lemari es, sebaiknya berpikir dua kali jika ingin membeli banyak telur saat sedang diskon. Telur merupakan produk hewani dan disarankan untuk membeli produk hewani organik karena kualitasnya terjamin.

Dengan membeli produk hewani organik, kamu bisa menghindari hormon dan antibiotik yang ditemukan dalam produk hewani konvensional. Juga membatasi paparan bahan kimia tertentu yang ditemukan dalam produk hewani yang dibudidayakan.

Roti

Makanan yang tidak boleh dibeli saat diskon
Roti/Foto: Pexels.com/Marianna OLE

Roti adalah makanan pokok lain yang mungkin akan cepat basi jika kamu membelinya saat sedang diskon. Periksa tanggal kemasan untuk memastikan masa kedaluwarsanya masih lama, karena sebagian produk roti tawar misalnya memiliki masa kedaluwarsa yang relatif lebih cepat. Selain itu, tidak sedikit juga produk roti yang muncul jamur lebih cepat.

Yoghurt

Makanan yang tidak boleh dibeli saat diskon
Yoghurt/Foto: Pexels.com/Cats Coming

Semua jenis yoghurt dapat rusak dengan mudah, jadi berhati-hatilah saat kamu menemukan produk yoghurt yang diberi label diskon. Sebagian yoghurt adalah susu yang dikultur dengan probiotik, sehingga secara alami bisa terasa dan berbau sedikit asam walaupun belum memasuki masa kedaluwarsa. Meski begitu, hindari membeli yoghurt saat diskon, ya.

Leah McGrath mengatakan bila barang sudah mendekati masa kedaluwarsa, pihak supermarket ingin menjual barang tersebut lebih cepat dan mengurangi limbah makanan. Banyak supermarket memiliki cara untuk menggunakan kembali barang sebelum mencapai tanggal kedaluwarsa.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE