STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Menyalakan Humidifier Saat Tidur, Benarkah Bermanfaat untuk Merawat Kulit Kering?

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Minggu, 20 Nov 2022 17:30 WIB
Menyalakan Humidifier Saat Tidur, Benarkah Bermanfaat untuk Merawat Kulit Kering?
Ilustrasi pakai humidifier/Foto: iStock

Cuaca dingin atau berada di ruangan ber-AC seharian bisa membuat kulit menjadi kering dan bersisik. Pasalnya kedua faktor eksternal ini bisa menarik kelembapan dari udara, termasuk dari dalam kulit. 

Untuk membantu mencegahnya, kamu perlu menggunakan pelembap setiap akan memulai aktivitas serta rajin mengaplikasikan krim malam maupun sleeping mask sebelum tidur, untuk membantu merawat dan mengembalikan kelembapan kulit yang hilang. 

Selain itu, memasang humidifier atau alat pelembap udara saat tidur juga disebut-sebut bisa membantu menjaga kelembapan kulit agar tetap sehat, lho. Benarkah demikian?

humidifier untuk membantu melembapkan kulit
Menyalakan humidifier saat tidur/Foto: Freepik/Pvproductions

Tren menggunakan humidifier atau pelembap udara memang mengalami peningkatan dalam beberapa tahun belakangan ini. Alat ini bekerja dengan menyemprotkan uap air ke ruangan untuk membantu menyegarkan dan menjaga kelembapan udara. Dengan fungsinya tersebut, humidifier banyak digunakan untuk membantu meringankan masalah yang disebabkan oleh udara kering, seperti masalah pernapasan, sakit tenggorokan hingga  permasalahan kulit kering. 

Melansir dari InStyle, Dr. Geeta Yadav, dokter kulit bersertifikat dan pendiri FACET Dermatology di Toronto, AS membenarkan hal tersebut. Ia memaparkan bahwa humidifier memang dapat meningkatkan kelembapan udara melalui uap air yang dihasilkan, sehingga baik juga digunakan untuk meringankan masalah pernapasan dan masalah kulit kering.

"Humidifier tidak hanya bisa membantu membersihkan dan menjaga kelembapan saluran pernapasan, yang mana sangat penting bagi mereka yang rentan mengalami alergi dan mimisan, tapi juga bisa membantu menjaga kulit dan rambut tetap terhidrasi," ungkapnya. 

memasang humidifier
Humidifier membantu menyegarkan dan menjaga kelembapan udara/Foto: Freepik/Fabianmontano

Menambahkan kelembapan dalam udara dengan humidifier dinilai sangat baik untuk membantu merawat dan mencegah kulit kering, terutama untuk kamu yang sering terpapar faktor-faktor eksternal seperti cuaca dingin dan terlalu sering berada di ruangan ber-AC.

Selain itu, alat ini juga diketahui bermanfaat membantu mengatasi eksim dan merawat kulit berjerawat, karena obat jerawat biasanya memiliki bahan yang bisa mengeringkan kulit.

Namun perlu diingat, menggunakan humidifier untuk merawat kulit juga perlu dibarengi dengan perawatan skincare di pagi maupun malam hari. Paling penting, jangan lewatkan penggunaan pelembap dan serum karena kedua produk ini tidak hanya mampu menambahkan kelembapan, namun juga mengandung bahan yang bisa memperkuat skin barrier sehingga kelembapan kulit jadi lebih terkunci.

Kamu juga perlu rutin membersihkan humidifier yang kamu gunakan ya, Beauties. Jangan sampai kamu malah menghirup uap air kotor akibat kurang menjaga kebersihannya. Selamat mencoba!

--

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE