sign up SIGN UP

Merapikan Tempat Tidur Berdampak Positif Buat Kesehatan Mental, Kok Bisa Ya?

Nadya Quamila | Beautynesia
Rabu, 27 Oct 2021 19:45 WIB
Merapikan Tempat Tidur Berdampak Positif Buat Kesehatan Mental, Kok Bisa Ya?
caption
Jakarta -

Saat bangun tidur, apakah kamu tipe orang yang langsung merapikan tempat tidur? Atau mungkin kamu termasuk tipe yang membiarkannya berantakan hingga waktu tidur malam tiba? Mungkin terlihat sepele, namun merapikan tempat tidur ternyata memiliki dampak positif bagi kesehatan mental, lho!


Menurut William H. McRaven, seorang pensiunan Angkatan Laut sekaligus penulis buku berjudul Make Your Bed: Little Things That Can Change Your Life... And Maybe the World yang dilansir dari Very Well Mind, dengan merapikan tempat tidur, kita telah memulai hari dengan satu pencapaian. Tindakan sederhana ini akan mendorong kita untuk mencapai banyak hal lainnya sepanjang hari.

Lantas, apa saja, sih, manfaat dari merapikan tempat tidur bagi kesehatan mental? Simak pembahasannya, yuk!


Memberikan Rasa Pencapaian Saat Memulai Hari

Kamar yang bersih dan rapi membuat tidur lebih nyenyak | Foto: unsplash.com/volha-flaxecoMerapikan tempat tidur berdampak positif bagi kesehatan mental/ Foto: unsplash.com/volha-flaxeco


Bagi beberapa orang, merapikan tempat tidur mungkin dianggap sia-sia dan membuang waktu. Untuk apa dirapikan jika akan berantakan lagi? Apakah kamu termasuk salah satunya, Beauties?

Padahal, merapikan tempat tidur tidak hanya sekadar untuk menjaga kebersihan. Kegiatan ini juga bisa memberikan rasa puas akan pencapaian saat hendak memulai hari.

Merapikan tempat tidur juga menunjukkan bahwa kita telah berniat melakukan hal-hal kecil yang membuat hidup lebih teratur. Tak sedikit yang menemukan ketenangan dalam melakukan kegiatan ini. Kita pun juga lebih merasa terorganisir dan siap menjalani hari dengan perasaan positif.


Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Tidur TengkurapMerapikan tempat tidur berdampak positif bagi kesehatan mental/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio


Alasan lain merapikan tempat tidur baik bagi kesehatan mental ialah kita bisa memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Bayangkan ketika kita pulang ke rumah setelah seharian beraktivitas di luar dan mendapati tempat tidur berantakan. Hal ini bisa mempengaruhi mood dan membuat kita semakin lelah.

Menurut laporan dari U.S. Department of Health and Human Services, kualitas tidur yang buruk dapat berdampak negatif pada suasana hati dan kemampuan untuk berpikir serta memecahkan masalah. Bahkan kurang tidur juga bisa berdampak pada kesehatan, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, bahkan kematian.


Menghilangkan stres

Merapikan tempat tidur berdampak positif bagi kesehatan mentalMerapikan tempat tidur berdampak positif bagi kesehatan mental/ Foto: Pexels/Andrea Piacquadio


Dengan merapikan tempat tidur, secara tidak langsung kita juga merapikan ruangan tempat kita tidur. Ruangan yang bersih dan rapi bisa meningkatkan fokus, produktivitas, serta membuat tingkat stres menjadi lebih rendah. Sederhananya, ruangan yang rapi akan membuat pikiran kita menjadi lebih terorganisir.


Memicu untuk Melakukan Kebiasaan Baik Lainnya

Merapikan tempat tidur berdampak positif bagi kesehatan mentalMerapikan tempat tidur berdampak positif bagi kesehatan mental/ Foto: Pexels/Ron Lach


Ketika kita terbiasa merapikan tempat tidur, terselip perasaan puas atau bangga akan pencapaian tersebut. Hal ini bisa membuat kita terpacu untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan baik lainnya. Mulai dari membersihkan kamar, dapur, hingga seisi rumah.

Kebiasaan sederhana ini adalah langkah yang bisa kita coba untuk menjadi pengingat bahwa setidaknya kita bisa menyelesaikan satu hal dalam satu hari. Rayakan satu pencapaian kecil agar diri jadi lebih bersemangat dalam mencapai hal-hal besar lainnya.

Jadi, sudah siap merapikan tempat tidur esok hari, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id