sign up SIGN UP

Minum Air Dingin Bikin Perut Buncit, Mitos atau Fakta?

Nadia Rachmadany | Beautynesia
Sabtu, 13 Aug 2022 17:30 WIB
Minum Air Dingin Bikin Perut Buncit, Mitos atau Fakta?
caption

Air menjadi komponen penting dalam tubuh manusia dan kira-kira 70% komposisi tubuh terdiri dari air atau cairan. Oleh sebab itu kita tidak bisa terlepas dari air dalam keseharian.

Air dingin memang banyak jadi pilihan banyak orang, biasanya makan terasa kurang sedap tanpa diiringi dengan minum air dingin. Ya, memang terasa sangat menyegarkan, apalagi dikonsumsi saat makan siang.

Tapi pernah dengar nggak kalau minum es atau air dingin dianggap dapat membuat perut buncit? Anggapan tersebut fakta atau hanya mitos belaka ya, Beauties? Yuk, kita cari tahu jawabannya di bawah ini!

Air dingin penyebab perut buncit
Fakta air dingin/Foto: Pexels/CottonBro

Fakta tentang Air Dingin

Menurut studi yang dilakukan oleh PubMed Central, dikutip dari laman Healthline minum air dingin selama berolahraga justru dapat membantu menjaga tubuh dari kepanasan dan membuat kamu lebih segar lho, Beauties. Ini karena minum air dingin dapat menurunkan suhu tubuh, terlebih kalau sudah diminum sebelum mulai berolahraga.

Selain itu, minum air dingin juga akan membuat tubuh membakar lebih banyak kalori. Dari sini belum atau tidak ada kaitannya dengan perut buncit ya, Beauties! Ternyata memang demikian adanya.

Air dingin membuat perut mudah buncit
Mitos air dingin/Foto: Pexels/Karolina

Hal ini juga diperkuat dengan pernyataan dari nutrisionis dari Lagizi, Jansen Ongko, MSc, RD yang dikutip dari detikHealth. Menurut Jansen, sama sekali tidak ada hubungan antara penumpukan lemak di perut dengan minum air es atau minuman dingin. Air sejatinya tidak memiliki kalori, namun di kalangan masyarakat, es atau minuman dingin seringnya adalah sesuatu yang enak dan manis.

Bisa terlihat dari menu-menu atau jajanan yang beredar menawarkan minuman dengan campuran es yang menggunakan bahan tambahan lain cukup banyak seperti sirup dan gula. Nah, bahan campuran inilah yang sebetulnya bisa membuat kamu mudah gemuk dan berujung pada penumpukan lemak di perut, Beauties. 

Jansen juga menambahkan bahwa es batu itu hanya dibuat dari air putih yang didinginkan. Sudah bisa dipastikan jika air putih dingin maupun es batu tidak mengandung kalori, sehingga mengonsumsinya pun tidak memicu kegemukan.

Ternyata minum air dingin tidak akan menyebabkan perut buncit ya, Beauties. Karena sejatinya, air putih dalam bentuk dingin atau panas tidak akan menyebabkan peningkatan berat badan. Akan tetapi, bila air tersebut kalian campurkan dengan gula atau sirup, barulah itu dapat menyebabkan perut buncit.

----------------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id