sign up SIGN UP

Kerja Kantoran dan Super Sibuk? 5 Kebiasaan Kecil Ini Bantu Ratakan Perut Buncit, Mudah kok!

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Kamis, 04 Aug 2022 14:57 WIB
Kerja Kantoran dan Super Sibuk? 5 Kebiasaan Kecil Ini Bantu Ratakan Perut Buncit, Mudah kok!
Kebiasaan yang bisa diterapkan untuk meratakan perut buncit meski sibuk/Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Memiliki perut rata merupakan salah satu keinginan banyak orang. Namun, tampil menarik dengan bentuk perut yang ideal perlu dicapai dengan perjuangan ekstra mulai dari diet hingga olahraga. 

Bagi pekerja kantoran yang super sibuk, mengatasi perut buncit mungkin menjadi tantangan tersendiri. Untungnya, ada solusi mudah bagi kamu pekerja kantoran yang terlalu lelah untuk berolahraga sepulang kerja atau sulit menjaga niat dietnya karena godaan junkfood dan camilan saat lembur.

Dilansir dari Harpers Bazaar, inilah beberapa kebiasaan kecil dan mudah dilakukan untuk meratakan perut buncit meskipun super sibuk! Yuk, simak!

Perbaiki Postur Tubuh

Ilustrasi bekerja di kantor/ Foto: Freepik.com/user6697855Ilustrasi duduk tegak/ Foto: Freepik.com/user6697855/ Foto: Budi Rahmah Panjaitan

Kim Lyons, seorang pelatih dari The Biggest Loser, menyatakan bahwa postur tubuh yang bagus akan membuat otot perut menguat. Bahkan ia berkata bahwa kamu bisa mengingatkan dirimu dengan menempelkan Post-it Notes di tempat-tertentu agar tidak pernah lupa menjaga postur tubuh. Cobalah untuk duduk tegak selama bekerja agar dapat membakar lebih banyak kalori.

Banyak Minum Air Putih

Tips tetap kenyang saat diet karbohidrat - Rutin minum air putih/Foto: pexels.com/Andrea PiacquadioIlustrasi minum air putih/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio/ Foto: Zeyra Haya

Masih menurut Lyons, seseorang harus minum 200 ml air putih dan cairan lainnya sebanyak 6 kali atau 1.200 ml setiap harinya. Hal ini karena tubuh yang dehidrasi justru akan mengikat atau menimbun air.

Penimbunan cairan di dalam tubuh ini sendiri dapat membuat seseorang membawa kelebihan lemak yang beratnya bisa mencapai 4 pon atau setara dengan 2 kilogram di area bagian tengah tubuh mereka, termasuk perut.

Makan Perlahan

Menurut Dr. Judith Reichman, M.D., seorang profesor kebidanan dan ginekologi di University of California, LA, tubuh perlu memproses makanan sedikit lebih lama untuk mencerna makanan di dalam perut dan usus karena dapat menyebabkan timbunan gas dan gangguan pencernaan.

Kunyah makanan sebelum ditelan/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio
Kunyah makanan sebelum ditelan/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Jadi, alih-alih menelan makanan dalam satu suapan, ada baiknya jika kamu mengunyah setiap suapan makanan yang masuk ke mulutmu sebanyak setidaknya 10 kali sebelum menelannya. Selain itu, makan dengan terburu-buru membuat udara ikut tertelan sehingga berisiko membuat perut menjadi bergelambir.

Rajin Berjalan

Cobalah membiasakan diri untuk berjalan setidaknya selama 30 menit setiap harinya. Menurut Lyons, hal ini bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh yang dapat membantu membakar lemak di area garis pinggang dengan lebih efisien.

Bersantai

Ketika seseorang kelelahan, tubuh mereka akan mengalami peningkatan produksi steroid dan hormon kortisol atau hormon stres. Hal tersebut membawa pengaruh negatif pada sistem pencernaan dan menyebabkan terjadinya masalah sembelit.

Bersantai minimal 20 menit sehari untuk hindari stres/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio
Bersantai minimal 20 menit sehari untuk hindari stres/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Saat stres, hormon kortisol akan mengirimkan lemak menuju ke area di bagian tengah tubuh untuk meminimalisir tekanan dan melindungi organ-organ vital yang ada di sana. Oleh karena itu, luangkan setidaknya 20 menit dalam sehari untuk melakukan sesuatu yang dapat membuatmu merasa santai.

Nah, Beauties, itulah beberapa kebiasaan kecil yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi perut buncit walaupun memiliki segudang kesibukan. Selamat mencoba!

***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id