STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Mudah Ditemukan, 7 Makanan Pembersih Paru-paru Ini Dapat Legakan Napas Sesak Akibat Polusi

Tim Redaksi detikHealth | Beautynesia
Selasa, 08 Nov 2022 15:30 WIB
Mudah Ditemukan, 7 Makanan Pembersih Paru-paru Ini Dapat Legakan Napas Sesak Akibat Polusi

Paru-paru menjadi salah satu organ vital dalam tubuh. Dalam organ ini, akan terjadi pertukaran oksigen dan karbondioksida. 

Kehadirannya tak boleh dianggap remeh, karena paru-paru akan menopang pernapasan. Inilah yang membuat penting untukmu menjaga kesehatan paru-paru. Seperti menjauhkan diri dari berbagai racun yang dapat membuat paru-paru kotor dan menyebabkan infeksi. 

Mengatasi hal ini, ternyata ada beberapa makanan yang dipercaya dapat menjaga kesehatan dan membersihkan paru-paru. Apa saja, simak!

1. Madu

Racik Madu dengan Bahan Herbal Ini untuk Atasi Batuk PilekMadu/ Foto: Getty Images

Madu menjadi bahan makanan sejuta manfaat. Tak cuma untuk perawatan tubuh, kehadiran madu pun banyak dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan.

Nah, sifat antibakteri dalam mau ternyata dapat mengurangi masalah pernapasan. Selain itu, madu juga dapat membersihkan saluran udara dan menjaga kesehatan paru-paru. 

Kamu dapat rutin mengonsumsi satu sendok madu yang dicampurkan air hangat sebagai bentuk pengobatan. 

2. Tomat

TomatTomat/foto: pexels.com/PhotoMIX Company

Sayuran yang pasti ada di dapur ini juga tak boleh kamu lewatkan untuk mengatasi masalah kebersihan dan kesehatan paru-paru, Beauties. 

Menurut penelitian yang dilakukan pada 2017 lalu, ditemukan fakta bahwa mengonsumsi tomat dapat mengurangi peradangan saluran pernapasan untuk para penderita asma. Selain itu, tomat juga dapat meningkatkan fungsi paru untuk penderita penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK). 

Hal ini terjadi karena tomat memiliki kandungan vitamin C dan kaya akan likopen dan antioksidan karotenoid.

3. Teh Hijau

5 Cara Minum Teh Hijau yang Benar agar Manfaatnya MaksimalTeh Hijau/ Foto: Getty Images

Teh hijau memiliki kandungan Epigallocatechin Gallate (EGCG) yang merupakan senyawa yang bekerja sebagai antioksidan dan antiinflamasi yang bisa menghambat fibrosis paru dan jaringan parut (luka).

Dalam sebuah studi, ditemukan fakta bahwa pengobatan ekstrak EGCG yang dilakukan dalam 2 minggu dapat mengurangi gejala fibrosis yang bisa mengganggu fungsi paru-paru.

4. Bawang Putih

Bawang Putih/Foto: Freepik.com/Racool_StudioBawang Putih/Foto: Freepik.com/Racool_Studio

Ada juga bawang putih yang ternyata memiliki manfaat untuk membersihkan paru-paru. 

Allicin, senyawa kuat dalam bawang putih ini dapat berfungsi sebagai antibiotik untuk membantu menyembuhkan infeksi pernapasan. Bawang putih disebut ampuh meringankan sesak napas dan mengurangi peradangan untuk yang menderita asma.

Beauties, selain deretan makanan di atas, masih ada makanan lainnya yang dapat membersihkan paru-paru. Baca selengkapnya di sini.

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE